A LITTLE FARMER’S: PROGRAM PENGENALAN PROFESI PETANI PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE STORY TELLING INTERAKTIF

Dwi Laila Maulida, Endang Yektiningsih, Mirza Ramadhani, Yennyka Leilasari, Putri Nurmalitasari, Akbar Hari Putra

Abstract


Abstrak: A Little Farmer’s adalah program yang dibuat sebagai upaya untuk pengenalan dan edukasi tentang profesi petani pada anak yang disesuaikan dengan kemampuan, kebutuhan, dan metode yang menarik sehingga menciptakan ketertarikan pada anak terhadap profesi petani. Seperti yang kita ketahui bahwa regenerasi petani masih menjadi isu klasik dalam sektor pertanian yang ditandai dengan rendahnya minat generasi muda terhadap pertanian. Salah satu penyebab utama rendahnya minat generasi muda yaitu kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang profesi petani sejak dini. Kegiatan pengabdian tentang pengenalan profesi petani bertujuan utuk meningkatkan kreativitas, melatih sensori dan motorik anak serta memberikan edukasi tentang alat alat pertanian yang digunakan petani sehingga terbentuk ketertarikan anak terhadap profesi petani. Metode Story Telling interaktif dikemas dalam bentuk sosialisasi dan pendampingan untuk Anak TK. Jumlah peserta yang mengikuti sosialisasi sebanyak 50 orang. Kegiatan evaluasi dilakukan melalui observasi langsung untuk melihat seberapa jauh pemahaman siswa tentang profesi petani. Hasil menunjukkan bahwa 78 % siswa mampu untuk menceritakan kembali bagaimana pengalaman yang sudah didapat di depan kelas.

Abstract: A Little Farmer’s is an educational program designed to introduce children to the farming profession through approaches tailored to their age, needs, and interests. This program aims to foster children's enthusiasm for farming through interactive and engaging methods. The regeneration of farmers remains a longstanding challenge in the agricultural sector, marked by the low interest of younger generations in pursuing farming careers. One of the main causes of this low interest is the lack of knowledge and understanding about the farming profession from an early age. Through the A Little Farmer’s program, children are encouraged to explore the farming profession while enhancing their creativity, developing sensory and motor skills, and learning about the tools commonly used by farmers. This is achieved through interactive storytelling sessions presented in the form of socialization and hands-on guidance, specifically designed for kindergarten students. The program was attended by 50 children, and its success was evaluated through direct observation to assess how well they understood the farming profession. The results showed that 78% of the participants were able to confidently share their experiences in front of the class.

 


Keywords


Little Farmer’s; Farmer Regeneration; Story Telling; Early Childhood.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Doludea, A., & Nuraeni, L. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas Di Tk Makedonia. 1(1), 2614–4107.

Dwi Nugroho, A., & Rahayu Waluyati, L. (2018). Upaya Memikat Generasi Muda Bekerja Pada Sektor Pertanian Di Daerah Istimewa Yogyakarta. In Jppuma: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik Uma (Vol. 6, Issue 1, 20-27 Http://Ojs.Uma.Ac.Id/Index.Php/Jppuma

Eka Pratiwi, N., Rahma, N., Azis, M., Ummul Mu, A., Petta Lolo, Minah K., & Halima, A. (2021). Penerapan Metode Bermain Untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Sosial Siswa Kelas 1-3 Sd Pertiwi Makassar. Seminar Nasional Hasil Pengabdian. Universitas Negeri Makassar

Eriqa Pratiwi. (2019). Efektifitas Metode Bercerita Dengan Media Berbasis Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Industri 4.0. Seminar Nasional Inovasi Dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora-Inobali (Pp. 629-637).

Gulo, W., H. N., B. A. H., (2018). Perspektif Generasi Muda Terhadap Usaha Bidang Pertanian Pangan Di Kecematan Moro’o Kabupaten Nias Barat. Agrica Ekstensia. Vol. 12 No. 1 Juni 2018: 60-71

Indriyanti, M., & Ahwan, M. A. (2021). Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Layanan Informasi Terseleksi Perpustakaan Desa Dengan Participatory Rural Appraisal (Pra). Daluang: Journal of Library and Information Science, 1(2), 90–98. Https://Doi.Org/10.21580/Daluang.V1i2.2021.8008

Irwansyah, Akmal, A., Hakim, S., Fridayati, D., Nursayuti, Nuzul Qhinanti Lubis, U., Amar, A., & Munawar. (2024). Edukasi Teknologi Pertanian Berwawasan Sustainable Agriculture Pada Siswa Sekolah Dasar Sukma Bangsa Lhokseumawe. Journal Of Community Empowerment, 3(1): 45-51 Https://Journal.Ummat.Ac.Id/Index.Php/Jce

Nawawi, F. A., Zela, ;, Alfira2, N., Anti, ;, & Anneja, S. (2022). Faktor Penyebab Ketidaktertarikan Generasi Muda Pada Sektor Pertanian Serta Penanganannya. In Universitas Negeri Surabaya 2022 | (Vol. 585). Www.Bps.Go.Id

Nurelah, E., & Nuraeni, L. (2024). Digital Storytelling: Penerapan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia 5-6 Tahun Nama Jurnal? (Vol. 7, Issue 2).

Nurhidayah, S., & Utami, F. (2023). Stimulasi Karakter Komunikatif Dan Rasa Ingin Tahu Anak Usia (1-3) Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 527–535. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i1.3499

Pratiwi, P. N., Amri, N. A., & Latief, F. (2024). Pengaruh Digital Storytelling Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Anak Pada Kelompok B Di Tk Aisyiyah Cambaya Kabupaten Gowa. In Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner (Vol. 8, Issue 11 : 77-88).

Prayoga, M. R., Rozaki, Z., Wulandari, R., & Azzahra, I. (2024). Minat Generasi Muda Terhadap Pertanian Modern Di Indonesia. Https://Akcdn.Detik.Net.Id/Visual/2018/03/01/Cc26b6

Rahma, A., Dwi Aprilia, P., Alfi Nuari, P., Rahmadian, R., Fadilah Fatmawati, R., & Ayu Lestari, S. (2022). Aspek Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. In Jurnal Paud Emas (Vol. 1, Issue 2: 56-66).

Rahma Dita, Sapri Sapri, & Lailatun Nur Kamalia Siregar. (2024a). Pengaruh Model Storytelling Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Bergambar Pada Siswa Kelas V Mis Insan Ikhlas Islamic School Medan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 88–100. Https://Doi.Org/10.55606/Jubpi.V2i2.2919

Salamah, U., Saputra, R. E., & Saputro, W. A. (2021). Kontribusi Generasi Muda Dalam Pertanian Indonesia. In Journal Science Innovation and Technology (Vol. 1, Issue 2 : 68-78). Http://Epublikasi.Pertanian.Go.Id/

Sarjiyani. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Gambar Pada Anak Kelompok B Di Tk Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 70–78.

Shelton, C. C., Archambault, L. M., & Hale, A. E. (2017). Bringing Digital Storytelling to The Elementary Classroom: Video Production ior Preservice Teachers. Journal Of Digital Learning in Teacher Education, 33(2), 58–68. Https://Doi.Org/10.1080/21532974.2016.1276871

Sukma, F. D., Sari, D. P., Nirvana, A. S., Alauzai, A. F., Musthofa, N. F., & Hilmy, M. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Sdn 1 Sepanjang Melalui Program Agroschooling. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Banyuwangi, 1(2): 37-42 Https://Doi.Org/10.57203/Abdiwangi.V1i2.2024.77-85

Syaleha, S. F. P. M., Putri, A. C., Alifah, L. N., & Febrian, E. S. (2023). Pengenalan Pertanian Sejak Dini Melalui Nature Play Education. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 1. Https://Doi.Org/10.61142/Psnpm.V1.78

Wardiah, D. (2017). Peran Storytelling Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis, Minat Membaca Dan Kecerdasan Emosional Siswa (Vol. 15, Issue 2).12-20




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dwi Laila Maulida; Endang Yektiningsih; Mirza Ramadhani; Yennyka Leilasariyanti; Putri Nurmalita Sari; Akbar Hariputra.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: