IMPORTANCE OF AUTISM DETECTION DEVELOPMENT PROBLEMS OF TODDLER-AGE CHILDREN IN DENSELY POPULATED SETTLEMENTS

Permaida Permaida, Mey Lona Verawaty Zendrato, Komang Noviantari, Malianti Silalahi

Abstract


Abstrak: Masalah perkembangan anak terutama autis sering kali diabaikan di wilayah pemukiman padat penduduk dikarenakan tingginya tuntutan pekerjaan dan hipitan ekonomi orang tua sehingga anak berisiko tinggi mengalami keterlambatan penanganan. Autisme merupakan kesulitan dalam interaksi sosial, perilaku dan komunikasi terutama non verbal. Tanda dan gejala muncul pada anak berusia sebelum 36 bulan. Kegiatan PKM ini bertujuan mengidentifikasi masalah perkembangan anak autism dipemukiman padat penduduk menggunakan modified checklist for autism in toddlers (M - CHAT). Metode PKM ini adalah praktik pemeriksaan perkembangan anak menggunakan alat deteksi modified checklist for autism in toddlers (M - CHAT) kepada 13 anak toodler yang dilaksanakan di tempat mitra kami Yayasan Rahmat Empati di Pondok Empati, Jakarta Barat. Hasil pemeriksaan alat deteksi modified checklist for autism in toddlers (M - CHAT) pada anak toodler sebesar 100% tidak ditemukan masalah autisme. Penggunaan Modified checklist for autism in toddlers (M - CHAT) menjadi alat skrining pencegahan autisme yang mudah digunakan dan dilakukan secara rutin oleh mitra karena telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pemeriksaan perkembangan sejak dini pada anak toodler sangat penting untuk mendukung kesejahteraan mereka.

Abstract: Child development issues, especially autism, are often ignored in densely populated residential areas due to high work demands and the economic pressures of parents, so children are at high risk of experiencing delays in treatment. Autism is a difficulty in social interaction, behavior, and communication, especially non-verbal. Signs and symptoms appear in children under 36 months of age. This PKM activity aims to identify developmental problems of autism children in densely populated residential areas using the modified checklist for autism in toddlers (M - CHAT). This PKM method examines child development using the modified checklist for autism in toddlers (M - CHAT) detection tool for 13 toddlers, which was carried out at our partner Yayasan Rahmat Empati in Pondok Empati, West Jakarta. The results of the examination of the modified checklist for autism in toddlers (M - CHAT) detection tool in toddlers were 100% found to have no autism problems. A modified checklist for autism in toddlers (M - CHAT) is an easy-to-use autism prevention screening tool. It is carried out routinely by partners because it has been determined by the Ministry of Health of the Republic of Indonesia. Early developmental examinations in toddlers are very important to support their well-being.


Keywords


Social Interaction; Toddler; Autism Detection; Dense Population Areas.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Adimayanti, E., & Siyamti, D. (2019). Program bimbingan pada anak tunagrahita dan autis melalui terapi bermain untuk mengembangkan perilaku adaptif di Slb Negeri Ungaran. Dunia Keperawatan, 7(2), 153. https://doi.org/10.20527/dk.v7i2.6926

Apriliyani, Y., Rahmadika, D., Wifda, S., & Hijriati, H. (2024). Peran guru dalam meningkatkan perkembangan sosial anak autis usia dini di SLB TNCC Banda Aceh. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 125–132. https://doi.org/10.47861/khirani.v21i2.998

Cavalcante, S. A., Oliveira, E. F. De, Mota, D., Pinto, R., & Camargo, C. L. De. (2015). Children with neuropsychomotor development delay: music therapy promoting quality of life. Revista Brasileira de Enfermagem, 68(5), 515–520. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1590/0034-7167.2015680505i

Herna. (2022). Pemanfaatan komunitas virtual dalam komunikasi pembangunan. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 4333–4344. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v3i1.1640

Hilpriska Danal, P., Reginaldis Krowa, Y. R., & Roida Eka, A. (2024). Edukasi stimulasi tumbuh kembang balita pada biarawati pendamping pendidikan anak usia dini. Jurnal Masyarakat Mandiri, 8(4), 3860–3868. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i4.24369

Hockenberry, Wilson, & Rodgers. (2017). WONG’S Essentials of Pediatric Nursing.

Humaira, N. A., & Mawardah, M. (2024). Efektivitas media maze untuk meningkatkan ketahanan duduk anak autisme kelas VI di Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda. Communnity Development Journal, 5(1), 488–495. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24067

Iskandar, S., Sari, M., & Puspita Sari, N. (2024). Stimulasi perkembangan motorik anak autis melalui terapi bermain : snakers and ladders di Sekolah Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus Mutiara Bunda Kota Bengkulu. Jurnal Besemah, 3(1), 15–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58222/jurnalbesemah.v3i1.373

Kemenkes RI. (2019). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.

Kusdiyati, S. (2018). Deteksi dini gangguan perkembangan autism oleh orang tua.

Lazaros Kostanasios. (2024). Parenting styles and their impacts on children: A comparative study. International Journal of Science and Research Archive, 11(1), 765–767. https://doi.org/10.30574/ijsra.2024.11.1.0128

Mutiara Putri, A., Pramesti, W., & Dwi Hapsari, R. (2019). Stres pada orang tua yang memiliki anak dengan gangguan spektrum autisme. Jurnal Psikologi Malahayati, 1(1), 7–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33024/jpm.v1i1.1408

Padila, P., Andari, F. N., & Andri, J. (2019). Hasil skrining perkembangan anak usia toddler antara DDST dengan SDIDTK. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 244–256. https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.809

Rahmahtrisilvia, Marlina, & Sopandi, A. A. (2022). Pelatihan penggunaan instrumen identifikasi M-CHAT dan CARS bagi guru sekolah luar biasa. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(3), 601. https://doi.org/10.24036/sb.02900

Regina Lestari, P., Saqila, S., Ulya, R., & Ar-Raniry Banda Aceh, U. (2024). Analisis perkembangan kognitif pada anak autis di Flexi School Banda Aceh. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 84–91. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.970

Sa’diyah, H., Syarafina, A. L., Firdaus, D. A., & Murti, M. D. (2024). Stunting prevention: balanced nutrition education, fill my plate, and complementary food variations for breast milk. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 9(2), 271–282. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpkm

Safitri, D. I., Rahman, I., & Susilahati. (2023). Analisis intervensi anak berkebutuhan khusus (ABK) penyandang autis: di daerah Jakarta Selatan. Jurnal Perspektif, 3(1), 32–37. https://doi.org/10.53947/perspekt.v3i1.639

Salim, H., Soetjiningsih, Windiani, I. G. A. T., & Widiana, I. G. R. (2020a). Validation of the indonesian version of modified checklist for autism in toddlers: A diagnostic study. Paediatrica Indonesiana(Paediatrica Indonesiana), 60(3), 160–166. https://doi.org/10.14238/pi60.3.2020.160-6

Salim, H., Soetjiningsih, Windiani, I. G. A. T., & Widiana, I. G. R. (2020b). Validation of the indonesian version of modified checklist for autism in toddlers: A diagnostic study. Paediatrica Indonesiana(Paediatrica Indonesiana), 60(3), 160–166. https://doi.org/10.14238/pi60.3.2020.160-6

Saputra, R., Sanjaya, R. A., Maina, A. D., Ulyah, R. T., Fikriah, I., Khotimah, S., Bakhtiar, R., Sudarso, S., & Sawitri, E. (2023). Intervensi pencegahan stunting pada anak di Kutai Kartanegara dan Samarinda. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 254–262. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i2.42526

Scher, M. S. (2022). The first 1000 days influence life-course brain health: interdisciplinary fetal/neonatal neurology training. Neurology, 95(1), 947–949. https://doi.org/10.1038/s41390-022-01936-w

Setianingsih, Ardani, A. W., & Khayati, F. N. (2018). Dampak penggunaan gadget pada anak usia prasekolah dapat meningkatan resiko gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. GASTER, 16(2), 191–205. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297

Sutiha, Sriwahyuni, S. R., & Ashari, N. (2017). Analisis permasalahan anak autis di kelompok B TK Ashabul Kahfi Kota Parepare. Anakta Journal, 2(2), 11–19. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/anakta.v1i1.3301

World Health Organization. (2022). World health statistics 2022: Monitoring health for the SDGs. http://apps.who.int/bookorders.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Permaida, Mey Lona Verawaty Zendrato, Komang Noviantari, Malianti Silalahi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: