TRANSFORMASI DIGITAL PEMUDA MELALUI EDUKASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DASAR REKAYASA PERANGKAT
Abstract
Abstrak: Program edukasi transformasi digital ini sangat penting dilaksanakan untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan era digital yang terus berkembang dan program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam rekayasa perangkat lunak, sekaligus mengembangkan soft skill dan hard skill pada siswa SMKN 1 Cikarang Selatan yang berjumlah 35 siswa. . Metode yang digunakan dalam program ini mencakup ceramah interaktif, pelatihan langsung, dan simulasi pembuatan aplikasi serta situs web sederhana, yang tidak hanya mengajarkan teori tetapi juga penerapan praktis melalui simulasi proyek. Hasil evaluasi dengan observasi dengan pengaplikasian materi yang diberikan ke dalam diskusi dan koloborasi praktik menunjukkan peningkatan yang signifikan di berbagai indikator. Pemahaman dasar rekayasa perangkat lunak meningkat dari 70% menjadi 90%, sementara pemahaman dasar pemrograman meningkat dari 75% menjadi 85%. Penguasaan alat pengembangan perangkat lunak juga mengalami peningkatan dari 70% menjadi 80%. Selain itu, pemahaman algoritma dan struktur data meningkat dari 70% menjadi 85%, serta pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari meningkat dari 75% menjadi 82%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa edukasi berbasis transformasi digital berperan penting dalam membekali generasi muda dengan keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0.
Abstract: This digital transformation education program is crucial to prepare the younger generation to face the challenges of the ever-evolving digital era. The program aims to enhance students' understanding and skills in software engineering, while also developing both soft and hard skills in the 35 students of SMKN 1 Cikarang Selatan. The methods used in this program include interactive lectures, hands-on training, and simulations for creating simple applications and websites, which not only teach theory but also provide practical application through project simulations. The results of the evaluation through observation, including the application of the materials into discussions and collaborative practice, show significant improvements across various indicators. Basic software engineering knowledge increased from 70% to 90%, while basic programming knowledge improved from 75% to 85%. Mastery of software development tools also rose from 70% to 80%. Additionally, understanding of algorithms and data structures increased from 70% to 85%, and the use of technology in daily life grew from 75% to 82%. This study indicates that digital transformation-based education plays an essential role in equipping the younger generation with the relevant skills needed to face the challenges of the Fourth Industrial Revolution.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Alimuddin, A., Niaga Siman Juntak, J., Ayu Erni Jusnita, R., Murniawaty, I., & Yunita Wono, H. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo, Kota SBY, 05(04), 36–38.
Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Bachtiar, P. P., Diningrat, R. A., Kusuma, A. Z. D., Izzati, R. Al, & Diandra, A. (2020). Who Is Digital Economy for? Toward an Inclusive Digital Economy in Indonesia | The SMERU Research Institute. In Smeru Research Institute. https://smeru.or.id/en/content/who-digital-economy-toward-inclusive-digital-economy-indonesia
Gumelar, R. G., Ahmad, I., & Mukhroman, I. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Guru Pada PKBM An-Nadhif, Cikeusal, Kabupaten Serang. 1(6), 512–524.
Harsono, H. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sistem Informasi Berbasis Komputer: Sistem Operasi, Server, Dan Programmer (Literature Review Executive Support Sistem for Business). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 583–593. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1121
Jannah, M., Ginting, Z., & Hasibuan, A. (2024). Pendampingan Pembuatan Proposal dan Robot untuk Madrasah Robot Competetion ( MRC ) pada MAN Kota Lhokseumawe. 152–162.
Jumaida, J., Supriadi, S., Antoni Musri, H., & Okra, R. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan APP Inventor pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Kelas X SMKN 4 Payakumbuh. Intellect : Indonesian Journal of Learning and Technological Innovation, 1(2), 187–204. https://doi.org/10.57255/intellect.v1i2.170
Kamalia, A. Z., Herlianto, H. R., Rozikin, Z., & Suwarno, A. (2024). Pelatihan Cyber Security untuk Perlindungan Data dan Privasi Pada Karyawan PT CKD Manufacturing Indonesia. Madaniya, 5(3), 1181–1186.
Kamalia, A. Z., Herlianto, H. R., & Wiyarno, W. (2024). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dan Santripreneur Menghadapi. 8(6), 4–12.
Kurniasih, N. (2024). Kurikulum Kolaborasi Komunitas sebagai Jawaban Terhadap Kebutuhan Skill Tenaga Kerja di SMK Al Muallim Kesugihan. 2(1), 3–6.
Kusuma, J. W., Supardi, Akbar, M. R., Hamidah, Ratnah, Fitrah, M., & Sepriano. (2023). Dimensi Media.
Leman, D., Lubis, C. P., & Ikorasaki, F. (2023). Pengembangan Pelatihan Link And Match Konsentrasi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak Pada Smk Tritech Informatika Medan. J-PEMAS STMIK Amik Riau.
Maria, V., Rizky, S. D., & Akram, A. M. (2024). Mengamati Perkembangan Teknologi dan Bisnis Digital dalam Transisi Menuju Era Industri 5 . 0. Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahan, 2(3), 175–187.
Marwati, A., Wahyudin, A., Utomo, A. S., Iza, N., & Halwa, E. N. (2021). Mendukung Transformasi Digital melalui Penyusunan Program Studi Software Engineering. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 373. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.39242
Maso, K., Sesay, A., Lee, S., Hargreaves, E., Belecanech, R., Nguyen, C., Dellinger, R., & Schorr, C. (2015). Peran Artificial Intelligence (AI) Untuk Mendukung Pembelajaran. Critical Care Medicine, 43(1), 267. https://doi.org/10.1097/01.ccm.0000474893.34162.5c
Natalia, D., Maulana, S., Gani, E. U., Fawwaz, E. N., & ... (2024). Tinjauan Penggunaan Keamanan Perangkat Lunak di Kalangan Mahasiswa UNNES. Jurnal …, 1(1), 48–68. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/angka/article/view/727%0Ahttp://jurnalilmiah.org/journal/index.php/angka/article/download/727/536
Oktareza, D., Noor, A., Saputra, E., & ... (2024). Transformasi Digital 4.0: Inovasi yang Menggerakkan Perubahan Global. … : Jurnal Hukum, Sosial …, 2(3), 661–672.
Rahmawati, S. (2020). Penerapan Literasi Digital Sebagai Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Karakter Religius pada Peserta Didik Kelas X di SMKN 1 Ponorogo. Tesis, 103.
Rudiprayitno, A., Afifa, D. N., Susanti, A. A., Mahardika, I. K., Ipa, P., & Jember, U. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Sains untuk Peningkatan Literasi Teknologi. 18(2), 207–213.
Soleman, S., Retnoningsih, D., Vandika, A. Y., & Fuadi, A. (2024). Inovasi Terbaru Dalam Rekayasa Perangkat Lunak Ilmu Komputer Penulis Editor :
Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Jurnal Sagacious, 9(1), 24–35. https://rumahjurnal.net/sagacious/article/view/1139
Yahya, M., Otomotif, P. T., & Elektro, W. T. (2023). Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional, Pros. Semin. Nas., 190–199. https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/index
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29637
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Amali, Antika Zahrotul Kamalia, Ismamudi, Alifia Putri Imawan, Riski Septianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: