MEMBANGUN EKOSISTEM USAHA YANG BERETIKA: SOSIALISASI UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN
Abstract
Abstrak: Pengabdian ini berfokus pada rendahnya pemahaman pelaku usaha di Desa Silanu, Jeneponto, terhadap Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran dan keterampilan pelaku usaha dalam memberikan layanan yang sesuai standar hukum. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi dan penyuluhan, bekerja sama dengan pemerintah desa sebagai mitra Pendukung yaitu warga desa Silanu Kabupate Jeneponto. Evaluasi dilakukan melalui kuesioner sebelum dan sesudah kegiatan, serta observasi langsung untuk melihat perubahan perilaku dan pemahaman. Hasil menunjukkan peningkatan keterampilan layanan konsumen sebesar 30% dan pertumbuhan ekonomi rata-rata 15%, memperkuat posisi pelaku usaha di pasar. Keberlanjutan program dipertahankan lewat pendampingan rutin dan monitoring berkala.
Abstract: This community service was motivated by the limited understanding among business owners in Silanu Village, Jeneponto, regarding the Consumer Protection Law. The main objective is to enhance their awareness and skills in providing legally compliant services. The methods employed include socialisation and counseling, collaborating with the local government is the residents of Silanu Village as the key partner. Evaluation was carried out through pre- and post-activity questionnaires and direct observations to assess changes in behavior and comprehension. Findings indicate a 30% improvement in customer service skills and a 15% economic growth, reinforcing the competitive position of local businesses. Sustainability is ensured through regular mentoring and periodic monitoring.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Alissa, E., Bafadhal, F., & Amir, D. (2023). Perlindungan Konsumen Terhadap Produk Makanan Kemasan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang Tidak Bersertifikasi Halal di Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(3), 2980–2986. https://doi.org/10.33087/JIUBJ.V23I3.4487
Anam, M. K., Alvianti, R., Zainuddin, M., Syakur, A., Khalik, J. A., Anam, C., Sariati, N. P., Kediri, I., Kunci, K., Sosialisasi, :, Halal, S., & Konsumen, K. (2023). Sosialisasi Program Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Kepercayaan Konsumen pada Produk UMKM di Desa Jerukwangi. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 728–732. https://doi.org/10.30762/WELFARE.V1I4.699
Arifin, G., Anandy, W., Patila, M., & S., I. F. (2022). Penyuluhan Hukum tentang Mahasiswa sebagai Motivator Perlindungan Konsumen di Kota Palu. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 257–262. https://doi.org/10.54082/JAMSI.190
Aztamurri, F. I., & Indratno, I. (2021). Identifikasi Ekosistem Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai Pendukung Desa Wisata Rawabogo, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Jurnal Riset Perencanaan Wilayah Dan Kota, 1(2), 175–183. https://doi.org/10.29313/JRPWK.V1I2.482
Chawla, N., & Kumar, B. (2022). E-Commerce and Consumer Protection in India: The Emerging Trend. Journal of Business Ethics, 180(2), 581–604. https://doi.org/10.1007/S10551-021-04884-3/FIGURES/7
Darmawan, Y., Safitri, I. A., Dewi, K., Fathoni, M., & Shobakhul Lama’ah, I. (2022). Sosialisasi Pengunaan WA Business Kepada Pelaku UMKM di Desa LOPANG, Kecamatan Kembangbahu LAMONGAN. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 39–48. https://doi.org/10.56910/SAFARI.V2I2.468
Irawan, E. (2023). Literature Review: Literasi Digital, Literasi Ekonomi, Dan Inovasi Bisnis Mempengaruhi Manajemen Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah. Ebisnis Manajemen, 1(4), 30–41. https://doi.org/10.59603/EBISMAN.V1I4.226
Kurnia, N., & Nugrahani, R. (2022). Pengembangan Perangkat Proyek Keamanan Pangan Berbasis Etnosains Lombok. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 104–110. https://doi.org/10.15294/JIPK.V16I2.32870
Lasmadi, S., Sudarti, E., & Wahyudhi, D. (2022). Peningkatan Pemahaman Tentang Pemalsuan Label dan Iklan Makanan Guna Perlindungan Konsumen Kepada Masyarakat Desa Danau Kedap Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 6(2), 191–199. https://doi.org/10.22437/JKAM.V6I2.20237
MADE, T. D. N. (2024). Konsekuensi Ekosistem Digital Terhadap Regulasi Persaingan Bisnis Di Indonesia Dan Peran Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Dalam Era Ekonomi Digital. VYAVAHARA DUTA, 19(1), 51–60. https://doi.org/10.25078/VYAVAHARADUTA.V19I1.3636
Mahadewi, K. J., & Wulandari, N. G. A. A. M. T. (2024). Sosialisasi Perlindungan Konsumen dalam Pembelanjaan melalui e-commerce untuk Masyarakat Banjar Mandala Desa Yang Batu. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5(3), 522–529. https://doi.org/10.26874/JAKW.V5I3.442
Marpaung, R., Damanik, M. J., & Siagian, E. (2022). Sosialisasi Undang-Undang Perlindungan Konsumen Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 233–238. https://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM/article/view/3129
Pelu, S. A. S., Pelu, M. I. S., & Ohorella, S. (2023). Sosialisasi Konsumen Cerdas Pada Ibu-Ibu Pkk Kelurahan Krembangan Selatan Untuk Meningkatkan Kesadaran Perlindungan Konsumen. Prosiding Sembadha, 4, 86–86. https://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/sembadha/article/view/2549
Prayuti, Y., & Mistunah, M. (2023). Perlindungan Konsumen Terhadap Makanan Produksi Umkm Tanpa Sertifikat Dan Label Halal. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 13801–13813. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1989
Rachmawati, R., Roki, A., & Yaniza, T. (2024). Pemberdayaan Umkm Kerupuk Singkong Melalui Pembinaan Kewirausahaan Dan Peningkatan Kesadaran Hukum Perlindungan Konsumen. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(1), 124–131. https://doi.org/10.46306/JABB.V5I1.840
Rahman, K. G., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengembangan Aplikasi Pencatatan Keuangan Bumdes Pada Bumdes Semarak Bantaeng Di Desa Bonto Lojong Kecamatan Ulu Ere, Kabupaten Bantaeng, Makassar, Sulawesi Selatan | Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. Panrita Abdi - Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 6(3). https://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/15270
Rahman, K. G., Rachma, N., & Marlinah, A. (2023). Analisis Swot Dan Keuangan UMKM Dalam Rangka Pengembangan Ekonomi Masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 221–230. https://doi.org/10.31764/JMM.V7I1.11991
Salsabila, A., Juliaanti, A., Nurbayiti, A., Nur, D. F., Amelia, D., Salsabila, D. C., Fadilah, H., Aqila, M. N., Haq, M. A. D., Selawah, W. A., Anugrah, D., & Nugraha, E. Y. (2024). Edukasi Perlindungan Konsumen: Konsumen menjadi Pembeli yang Cerdas dan Bertanggung Jawab. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(03), 392–402. https://doi.org/10.25134/EMPOWERMENT.V7I03.11261
Sinulingga, G., Setiawati, S., Lubis, A., Sista Siregar, J., Nazriah, A., Sharon, G., Manajemen Bisnis Indonesia, S., & Krisnadwipayana, U. (2024). Optimalisasi Pemberdayaan Pelaku UMKM Desa Cikolelet Melalui Edukasi Perlindungan Konsumen. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 718–724. https://doi.org/10.31004/CDJ.V5I1.24752
Yani, F., Budi Kartika, F., Ihsan, M., Darmayanti, E., Tarigan, E. K., & Sitio, C. (2024). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pada Transaksi E-Commerce Melalui Pembiayaan E-Banking Mobile Di Keluruhan Martubung. JUDIMAS, 5(1). https://www.ojs.stmikpontianak.ac.id/index.php/judimas/article/view/483
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29691
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sri Lestari Poernomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: