EDUKASI DAN BRAIN GYM EXERCIES DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR REMAJA

Aprida Manurung, Lilik Pranata, Novita E Daeli, Sanny Frisca

Abstract


Abstrak: Remaja merupakan masa dimana seseorang lebih intens dengan peer group. Remaja memiliki tantangan untuk fokus berkonsentrasi dalam belajar karena penggaruh peer groupnya. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Musi Charitas bekerja sama dengan SMK di Kota Palembang melakukan edukasi dan Brain Gym Exercies dengan tujuan agar remaja mendapatkan pengetahuan umum tentang konsentrasi belajar dan mampu melakukan brain gym exercies sebagai upaya untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan sosialisai dan mempraktikan Brain Gym Exercies. Adapun mitra dalam pengabdian ini adalah siswa kelas XI di SMK Kota Palembang sebanyak 60 siswa. Kegiatan evaluasi pengetahuan dilakukan menggunakan kuesioner tentang konsentrasi belajar sebelum dan setelah dilakukan edukasi. Terdapat peningkatan pengetahuan sebesar 85%. Evaluasi brain gym exercies dilakukan dengan Army Alpha Test sebelum dan setelah mempraktikan brain gym exercies, dengan hasil 40% remaja menunjukan peningkatan konsentrasi. Kegiatan Brain Gym Exercies ini diharapkan dapat dilakukan sebelum memulai proese belajar untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa.

Abstract: Adolescence is a time when someone is more intense with their peer group. This adolescence has challenges to focus on concentrating on learning because of the influence of their peer group. The Faculty of Health Sciences, Musi Charitas Catholic University in collaboration with SMK in Palembang City conducted education and Brain Gym Exercises with the aim that adolescents gain knowledge about how to improve concentration and are able to do brain gym exercises as an effort to improve learning concentration. This activity was carried out by providing socialization and practicing Brain Gym Exercises. The partners in this service were 60 grade XI students at SMK Palembang City. Knowledge evaluation activities were carried out using questionnaires about learning concentration before and after education. There was an increase in knowledge of 85%. Evaluation of brain gym exercises was carried out with Grid Concentration Exercises before and after practicing brain gym exercises, with the results that 28% of adolescents showed increased concentration. This Brain Gym Exercise activity is expected to be carried out before starting the learning process to improve students' learning concentration.


Keywords


Brain Gym Exercises; Learning Concentration; Adolescents.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Amin, M. S. (2018). Perbedaan Struktur Otak dan Perilaku Belajar Antara Pria dan Wanita; Eksplanasi dalam Sudut Pandang Neuro Sains dan Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1).

Anas. (2022). Sumber Daya Manusia Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Promis, 3(2), 110–130. https://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/566

Anis, S., Sapariah, A., & Kristian, L. (2019). Efektivitas Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Kelas VI di Sekolah Dasar Kristen Kanaan Banjarmasin. Jksi, 4, 48–54.

Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. (2020). Tingkat Kecanduan Media Sosial pada Remaja. Journal of Nursing Care, 3(1), 41–53. https://doi.org/10.24198/jnc.v3i1.26928

Atiqah, N., Sulhan, A., Ardaniah, N. H., & Rahmadi, M. S. (2024). Behavior : Jurnal Pendidikan Bimbingan Konseling dan Psikologi Volume 1 No 1 Mei 2024 Periodisasi Perkembangan Anak Pada Masa Remaja : Tinjauan Psikologi. 1(1), 9–36.

Bobyanti, F. (2023). Kenakalan Remaja. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 1(2), 476–481. https://doi.org/10.57235/jerumi.v1i2.1402

Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. 1(1), 116–133.

Gustiary, R. M., & Idayani, D. (2020). Hubungan Antara Gaya Belajar Dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika. Edusaintek: Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi, 7(1), 29–38.

Halean, S., Kandowangko, N., & Goni, S. Y. V. I. (2021). Peranan Pendidikan Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Di Sma Negeri 1 Tampan Amma Di Talaud. Journal Holistik, 14(2), 1–17. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/download/34453/32350

Hartini, A. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V Di Sdn Nusa Indah Kabupaten Tanah Laut. EdoCurio Jurnal, 1, 7–13. https://yptb.org/index.php/educurio/article/view/7/2

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. http://repository.uinsu.ac.id/8064/1/Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat %26 Abdillah.pdf

Hijratunnor, Jafar, M. A., & Nurhayati, U. A. (2024). Pengaruh pemberian brain gym dan play therapy terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa kelas V SD di SD Negeri Tinom (p. 7). https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/320/245

Isroani, F., Mahmud, S., Qurtubi, A., Pebriana, P. H., Ka, A. R., & Rim. (2023). Psikologi Perkembangan (A. Rahmawati (ed.)). Mitra Cendekia Media.

Khairiyah, U., Mariati, P., Nursalim, M., & Rahmasari, D. (2023). Perlunya Brain Gym Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 119–126. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i1.1262

Maharani, M. N., Susanti, M. M., & Widayati, C. N. (2023). Pengaruh Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Anak Kelas 5-6 Di Sdn 2 Kenteng Kecamatan Toroh. 8(2), 9–17.

Mahyu, A., Jarudin, J., & Putra, F. (2023). Ketercapaian Tugas Perkembangan Remaja SMAN 2 Sungai Penuh Dengan SMAN 1 VII Koto Padang Pariaman. Jurnal Neo Konseling, 5(1), 33. https://doi.org/10.24036/00715kons2023

Mardiana, Wulandari, H., & Apsari, N. (2024). Konsentrasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 5 Nanga Nuak. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 76–84. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i1.2189

Pujiastuti, N., Handoko, L., Gustirini, R., Indriani, R., & Sugiyatmi, T. A. (2024). Pendidikan Kesehatan Pada Anak Tentang Senam Otak Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(2), 2285. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i2.22313

Ramadani, R. D., Angggriani, & Vera, Y. (2024). Pengaruh Pemberian Brain Gym Terhadap Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia 6-10 Tahun Di Klinik Yamet Batam Tiban. JKA (Jurnal Kesehatan Arrahma), 2(1), 9. https://journal.stikesami.ac.id/index.php/jka/article/view/72/70

Ridwan, M., Syukri, A., & Badarussyamsi. (2021). Studi analisis tentang makna pengetahuan dan ilmu pengetahuan serta jenis dan sumbernya. 04(01), 31–54.

Siregar, R. V., Lubis, P. K. D., Azkiah, F., & Putri, A. (2024). Peran Penting Pendidikan dalam Pembentukan Sumber Daya Manusia Cerdas di Era Digitalisasi Menuju Smart Society 5.0. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(2), 1408–1418. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i2.2621

Stuart, G. W. (2016). Prinsip dna Praktik Keperawatan Kesehatan JIwa Stuart (B. A. Keliat (ed.)). Elsevier.

Suratun, S., & Tirtayanti, S. (2020). Pengaruh Brain Gym terhadap Konsentrasi Belajar. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 101–105. https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.3625

Ulfah, & Arifudin, O. (2023). Indonesia, Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di. Jurnal Al-Amar (JAA), 4, 13–22.

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062

Winei, agnes A. D. (2023). The Role Of Brain Gym Exercises In Enhancing Learning And Academic Performance: A Critical Review Of The Literature. In International Collaboration Book Chapter (pp. 167–177). Stipas. https://publisher.stipas.ac.id/index.php/pbs/article/view/16/16

Yanti, N., & Bahri, S. (2018). Penggunaan Senam Otak Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa SD Negeri Ateuk Aceh Besar. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 28–34.

Yuda, H. T., Suwaryo, P. A. W., Syamsul, Bahri, Sulaiman, & Habib. (2020). Edukasi Tumbuh Kembang Remaja Putri di Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Aisyiyah. 1(1), 86–91.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.30093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Aprida Manurung; Lilik Pranata; Novita E Daeli; Sanny Frisca

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: