PENDAMPINGAN EDUKASI SEJARAH MINANGKABAU UNTUK MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Abstrak: Motivasi belajar mahasiswa sering mengalami penurunan akibat kurangnya keterkaitan antara materi akademik dengan budaya local. Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan soft skills dan hard skill mahasiswa, seperti kepemimpinan, komunikasi, dan kerja sama, serta memperkenalkan nilai-nilai budaya yang dapat diterapkan dalam kehidupan akademik dan profesional mereka. melalui kajian sejarah Minangkabau dengan metode Asset-Based Community Development (ABCD) dengan tahapan sosialisasi, penyuluhan, (workshop interaktif praktikum eksploratif. Kegiatan ini melibatkan 30 mahasiswa IAI Sumbar sebagai Mitra pendampingan. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, penyuluhan, workshop, dan praktikum yang membahas nilai-nilai sejarah dan filosofi Minangkabau. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan motivasi belajar sebesar 40% dan peningkatan soft skills seperti kepemimpinan dan komunikasi sebesar 35% melalui Simulasi/Role-Play. Selain itu, terdapat peningkatan nilai ekonomis sebesar 25% bagi mahasiswa yang mengembangkan produk edukatif berbasis sejarah Minangkabau. Adapun solusi yang ditawarkan dalam kegiatan ini adalah dengan memberikan motivasi tambahan melalui diskusi interaktif dan merancang kunjungan lebih efisien agar dapat mengakomodasi lebih banyak peserta.
Abstract: This mentoring aims to improve students' soft skills, such as leadership, communication, and cooperation, as well as introduce cultural values that can be applied in their academic and professional lives. through the study of Minangkabau history with the Asset-Based Community Development (ABCD) method with stages (1) socialization (2) counseling, (3) interactive workshops (4) explorative practicum, Student learning motivation often decreases due to the lack of connection between academic material and local culture. To overcome this problem, this activity involved 30 IAI West Sumatera students as mentoring subjects. The methods used include socialization, counseling, workshops, and practicums that discuss Minangkabau historical and philosophical values. The results showed an increase in learning motivation by 40% and an increase in soft skills such as leadership and communication by 35%. In addition, there is an increase in economic value by 25% for students who develop educational products based on Minangkabau history. Thus, the solution offered in this assistance is a series of activities that integrate Minangkabau history in student learning. The designed program includes: (1) socialization on the importance of Minangkabau history in education, (2) counseling on the values of leadership and work ethic contained in Minangkabau history, (3) interactive workshops involving students, (4) workshops on the importance of Minangkabau history in education.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Afnita, N., Sari, D. P., Arafat, A., Putra, F. W., & ... (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Audio Visual. JP (Jurnal Pendidikan) …. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/13528
Afrilia, D., Fuad, M., & Siregar, Z. (2024). Pengaruh Homesickness Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Rantau. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 2(1), 161–175. https://ejournal.lapad.id/index.php/jsii/article/download/647/460/5078
Arsyad M. S. (2020). Fitrah: Journal of Islamic Education Implementasi Metode Talaqqi Dan Musyafahah Dalam. 1(2), 216–231. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah
Bagas, M. C., Sholikhah, R. A., Faroha, S., & Rahmawati, V. (2024). Implementasi Asset Based Community Development Dalam Menumbuhkan Modal Sosial, Ekonomi dan Budaya Pada Masyarakat Pesisir Desa Branta. Community Development: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 7(2), 168. https://doi.org/10.21043/cdjpmi.v7i2.22509
Bima, M. A. R. S., Yasin, F. N., Mahsunah, E., Kurniati, R. F., Pratama, M. T., Fadhil, A., Rikza, U. F., Masruroh, S., Aliyah, S. A., & Damayanti, F. A. (2024). Peranan Mahasiswa dalam Membentuk Desa Wisata Gisik Cemandi sebagai Destinasi Pariwisata di Kecamatan Sedati, Sidoarjo. Nusantara Community Empowerment Review, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.55732/ncer.v2i1.1141
Durohmah, S., & Feriyanto, O. (2024). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Manajemen Universitas Teknologi Digital. 3(4). https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jupiman/article/download/4468/4516/15121
Gama, F. I. (2019). Keberhasilan Implementasi Project-Based Learning Dalam Bidang Bahasa: Program dan Dampaknya pada Peserta Didik di Sekolah dan Perguruan Tinggi di Dunia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(1), 1–8. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/download/2137/1175/
Hidayat, R., & Nugroho, A. (2022). Peran sejarah lokal dalam memperkuat identitas budaya dan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Studi Budaya, 10(4), 200–212.
Ifriadi, R. (2024). Kearifan Lokal Masyarakat Minangkabau dalam Tradisi Bagi Hasil “ Mato ” Di Rumah Makan Padang. 7, 246–256. https://journal.uir.ac.id/index.php/syarikat/article/download/15793/7203/68326
Lee, J., & Kim, S. (2019). The impact of culture-based learning on student motivation and collaboration skills. Journal of Educational Research, 112(5), 567–578.
Lestariani, N., Hasil, A., Kognitif, B., Melalui, M., Otonomi Belajar, P., Literasi, D., Digital, I., Pendidikan, J., & Kebudayaan, D. (2023). Analisis Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Melalui Peningkatan Otonomi Belajar dan Literasi Informasi Digital Analysis of Student Cognitive Learning Achievement Through Increased Learning Autonomy and Digital Information Literacy. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 2023. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i2.4392
Makabori, Y. Y., & Tapi, T. (2019). Generasi Muda dan Pekerjaan di Sektor Pertanian: Faktor Persepsi dan Minat (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari). Jurnal Triton, 10(2), 1–20. https://jurnal.polbangtanmanokwari.ac.id/index.php/jt/article/download/46/46/
Mulia, E., Zakir, S., Rinjani, C., & Annisa, S. (2021). Kajian Konseptual Hasil Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhinya. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(2), 137–156.
Ni, Z. (2023). Pendidikan Agama Islam Siswa ( Studi Kasus di SMPN 5 Jombang ). 3(3), 338–349.
Nursalim. (2016). Problematika Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam (Studi Terhadap Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 19 Tahun 2007). Millah, 16(1), 113–126. https://doi.org/10.20885/millah.vol16.iss1.art6
Priyanto, D. P., Annas, F., Husein, M., & Hafidz, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Budaya Minangkabau Menggunakan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Minat Dan Antusiasme Siswa. 03(01), 70–80. https://journal.makwafoundation.org/index.php/jemast/article/download/610/428/2059
Rangkuti, A. N. (2016). Pembelajaran Berbasis Riset Di Perguruan Tinggi. Batusangkar International Conference I, October 2016, 15–16. https://ejournal.uinmybatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/download/714/704
Rinawati, A., Arifah, U., & H, A. F. (2022). Implementasi Model Asset Based Community Development (ABCD) dalam Pendampingan Pemenuhan Kompetensi Leadership Pengurus MWC NU Adimulyo. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v7i1.376
Rizki, M. 2025. (2025). Sosialisasi Sejarah Minang kabau di Kampus IAI Sumbar.
Suttrisno, S., & Rofi’ah, F. Z. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah Di Bojonegoro. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(1), 54–76. https://doi.org/10.22373/pjp.v12i1.17480
Wandi, J. I. (2025). Sosialisasi Sejarah Minang kabau di Kampus IAI Sumbar, Kamis 5 Januari 2025.
Widyastuti, A. (2020). Persepsi Guru Tentang Konsep Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim Dalam Pendidikan Agama Islam Di Mts Negeri 3 Sleman. Skripsi, 1–128. https://journal.centrism.or.id/index.php/mijose/article/view/85/33
Wijaya, A. S., Afnita, N., & Wandi, J. I. (2023). Peran Edukasi Spritual Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Orang Tua. Journal of Humanity Dedication. http://ojs.iaisumbar.ac.id/index.php/jabdimas/article/view/270
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i3.31201
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nora Afnita, Martin Kustati, Rezki Amelia, Joni Indra Wandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: