PELATIHAN PELAKSANAAN ASESMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA GURU BK SMP

Muhammad Nur Wangid, Chici Pratiwi, Widiya Juwita Sari, Lintang Waskita Puri

Abstract


Abstrak: Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan asesmen bimbingan dan konseling dalam Kurikulum Merdeka pada guru BK SMP Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Pelatihan ini penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru BK dalam melakukan asesmen yang sesuai dengan pendekatan Kurikulum Merdeka, yang menekankan pada kebutuhan siswa. Kegiatan ini direncanakan untuk merespon kebutuhan guru BK SMP di lokasi tersebut tentang wawasan dan keterampilan dalam kurikulum merdeka khususnya mengenai asesmen layanan bimbingan dan konseling. Sasaran kegiatan pelatihan ini adalah guru BK yang tergabung dalam MGBK SMP Kabupaten Karanganyar, berjumlah 30 peserta. Metode yang digunakan adalah dengan teknik pelatihan dan pendampingan. Selama pelaksanaan kegiatan, para peserta dikenalkan, dilatih, dan didampingi secara berkelanjutan. Secara garis besar, kegiatan ini dimulai dari perencanaan kegiatan sampai menerapkan prosedur asesmen. Berdasarkan hasil pelaksanaan PKM dengan tema Pelatihan Pelaksanaan Asesmen Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum Merdeka Pada Guru BK SMP Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah secara keseluruhan dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan perencanaan. Hal ini didukung dengan hasil rata-rata setelah diberikan perlakuan sebesar 8,03 atau sebesar 18,09%. Selain peningkatan secara kuantitatif, para peserta juga menunjukkan antusiasme tinggi, dan komitmen untuk mengimplementasikan hasil pelatihan di satuan pendidikan masing-masing.

Abstract: This activity aims to improve the understanding and skills of guidance and counseling assessment in the independent curriculum for junior high school guidance and counseling teachers in Karanganyar Regency, Central Java. This training is important to improve the knowledge and skills of guidance and counseling teachers in conducting assessments in accordance with the Independent Curriculum approach, which emphasizes student needs. This activity is planned to be held to respond to the needs of junior high school guidance and counseling teachers in the location regarding insight and skills in the independent curriculum, especially regarding the assessment of guidance and counseling services. The target of this training activity is guidance and counseling teachers who are members of the MGBK Junior High School in Karanganyar Regency, totaling 30 participants. The method used is training and mentoring techniques. During the implementation of the activity, participants are introduced, trained, and mentored continuously. In general, this activity starts from planning activities to implementing assessment procedures. Based on the results of the implementation of PKM with the theme of Guidance and Counseling Assessment Implementation Training in the Independent Curriculum for Junior High School Guidance and Counseling Teachers in Karanganyar Regency, Central Java, over all it can be implemented well and in accordance with the planning. This is supported by the average results after being given treatment of 8.03 or 18.09%. In addition to quantitative improvements, participants also showed high enthusiasm and commitment to implementing the training results in their respective educational units.


Keywords


Training; Guidance and Counseling Assessment; Merdeka Curriculum; BK teacher.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aji, B. S., Nurpitasari, E., Hanum, N. C., Akbar, A. A., & Putra, C. (2020). Pengembangan Asesmen Berbasis Teknologi untuk Keberlangsungan BK ditengah Pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Daring IIBKIN 2020, (pp. 98-103).

Anggraita, R. L., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar: Kajian Literatur. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 120-136., 09(September).

Anwar, R. (2023). Bimbingan Klasikal Hots Dan Tpack Dalam Kurikulum Merdeka: Suatu Pendekatan Best Practice. Feniks Muda Sejahtera.

Asmita, W., & Fitriani, W. (2022). Analisis konsep dasar assesmen bimbingan dan konseling dalam konteks pendidikan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 129–134.

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118., 8721, 2105–2118.

Baruta, Y. (2023). Asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka: Pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Penerbit P4I.

Burhamzah, M., Novia, L., Fatimah, S., & Alam, A. (2023). Pelatihan guru untuk masa depan: mengembangkan kecerdasan emosional di kelas sebagai kunci sukses pendidikan abad 21. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(5), 1335–1344.

GTK Dikdas. (2021). Modul Belajar Mandiri Calon Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Pedagogi.

Hermawan, rio. (2022). Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Masa Pandemi Covid-19. Coution : Journal of Counseling and Education, 3(2), 28–40.

Kartika, A. (2024). Manajemen Program Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 5 Kota Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Musslifah, A. R. (2021). Implementasi Pelayanan Bimbingan Konseling Dalam Panduan Kemendikbud 2016. Ahlimedia Book.

Nursalim, M. (2015). Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling. Erlangga.

Pratama, Y. A., & Dewi, L. (2023). Pengembangan kokurikuler: menumbuhkan potensi, meraih merdeka belajar. Indonesia Emas Group.

Putri, R. M., & Sucipto, S. D. (2015). Buku ajar asesmen tes dalam bimbingan dan konseling. Bening Media Publishing.

Sari, H. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar menurut Aliran filsafat Progresivisme. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 6(2), 131–141.

Sasmita, Prayitno, & & Karneli. (2020). Layanan bimbingan konseling sebagai upaya pembentukan kemandirian siswa. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 2(1), 37–47.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan konseling di Sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Kencana.

Wahyuni, H., & Rahmayanty, D. (2023). Pelatihan Kemampuan Asesmen Diagnostik Learning Style Dalam Meningkatkan Performance Guru BK Pada Kurikulum Merdeka. Jambura Arena Pengabdian, 1(2), 43–51. https://doi.org/10.37905/jardian.v1i2.23186

Watu, M. F., Lawe, Y. U., Sayangan, Y. V., & Laksana, D. N. L. (2024). Penerapan Asesmen Diagnostik Non Kognitif pada Aspek Kesiapan dan gaya belajar siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 615-625.

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “ Merdeka Belajar ” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. 1(1), 18–23.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.31434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Nur Wangid, Chici Pratiwi, Widya Juwita Sari, Lintang Waskita Puri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: