KOMIK DIGITAL SEJARAH INDONESIA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Permasalahan yang dihadapi mitra adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi sejarah yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional dan kurangnya media visual yang menarik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar Kayuapu melalui penggunaan media komik digital bertema sejarah Indonesia. Metode pengabdian ini yaitu edukatif partisipatif yaitu dengan melibatkan peserta didik dalam kegiatan pengabdian. Tujuannya adalah menciptakan suasana belajar yang interaktif, dinamis, dan relevan dengan kebutuhan serta potensi peserta didik melalui implementasi komik digital. Subyek kegiatan berjumlah 19 siswa kelas V. Evaluasi dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan perhitungan persentase peningkatan hasil belajar. Hasil menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa dari 58,2 pada pretest menjadi 78,2 pada posttest, dengan persentase peningkatan sebesar 34,2%. Temuan ini menunjukkan bahwa komik digital sejarah Indonesia dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sekolah dasar.
Abstract: The problem faced by the partner is the low understanding of students regarding history material, caused by the use of conventional teaching methods and the lack of engaging visual media. This community service activity aims to improve the cognitive learning outcomes of Kayuapu elementary school students through the use of digital comics themed on Indonesian history. The method of this community service is participatory education, which involves actively engaging students in the service activities. The goal is to create an interactive, dynamic, and relevant learning atmosphere that meets the needs and potential of the students through the implementation of digital comics. The subjects of the activity were 19 fifth-grade students. Evaluation was conducted by administering pretests and posttests, which were then analyzed using percentage calculations of learning outcome improvement. The results show an increase in the average student scores from 58.2 on the pretest to 78.2 on the posttest, with a percentage increase of 34.2%. These findings indicate that digital comics on Indonesian history can be an effective learning medium in improving the cognitive learning outcomes of elementary school students.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Afisa, Z. R., Fajrie, N., & Pratiwi, I. A. (2023). Pengembangan Media Komik Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Mi Pim Mujahidin. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3848–3861.
Amelia, D., Rahmadani, F. J., Septiyani, M. N. R., Abdurrafi, M. A., & Maulidah, N. (2025). Peran Media Pembelajaran Etnomatematika dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa SD: Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 875–883.
Cahyaningtyas, A. P., Ismiyanti, Y., & Salimi, M. (2022). A Multicultural Interactive Digital Book: Promoting Tolerance and Multiculturalism to Elementary School Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 4079–4096.
Enjoni, E., Sayuti, M., Desfitri, E., & Effendi, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Budaya Lokal Minangkabau untuk Penguatan Karakter Pelajar Pancasila. Journal of Moral and Civic Education, 7(1), 58–70.
Fitri, A. S., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220–235.
Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(1), 25–35.
Ismiyanti, Y., & Afandi, M. (2022). Pendampingan Guru Sekolah Dasar dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 533–543.
Ismiyanti, Y., Mayasari, N., & Nugraheni, S. W. K. (2024). Development of problem based e-comic on the theme of domestic politics on student learning achievement. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 128–141.
Ismiyanti, Y., Permatasari, D., Mayasari, N., & Qoni’ah, M. (2023). The Impact of Video Based Learning to Cognitive Learning Outcome of Student in Elementary School. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 9(1), 51–59.
Ismiyanti, Y., & Permatasari, N. D. (2021). The effect of pictorial story media on critical thinking of grade 4 SDN 1 Pendem. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 118–128.
Kurniawati, Y. (2020). Penggunaan Metode Picture And Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengenal Bangun Datar pada Siswa Kelas I SD Negeri 2 Ngadirojo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Guru Indonesia, 1(2), 215–224.
Madjid, J. (2021). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SD Negeri 06 Popayato Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 885–894.
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939.
Nikmah, R. (2025). Penerapan Media Komik Bergambar untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa terhadap Materi Sejarah Kebudayaan Islam di MIN 2 Pulang Pisau. Journal of 21st Century Learning, 1(1), 45–49.
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1).
Prahesti, S. I., & Fauziah, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 505–512.
San, F. Y. G., Mardiana, P., Safitri, S., & Ardiansyah, T. (2024). Efektivitas Pembelajaran Sejarah Berbasis Kuis Interaktif Interacty. Me Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA di Kota Palembang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 226–245.
Sari, Y., Abidin, Z., Kusumadewi, R. F., Ismiyanti, Y., & Ulia, N. (2024). Media Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 10(2), 76–86.
Sukma, R. R., Ismiyanti, Y., & Ulia, N. (2022). Pengaruh Blended Learning dengan model Flipped Classroom berbantuan video terhadap hasil belajar kognitif kompetensi IPA kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 142–156.
Sulistriyaniva, R., Gunansyah, G., & Nasution, N. (2024). Media Komik Digital dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4).
Suprayitno, S., & Putri, W. T. C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Materi Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–13.
Sutarsih, E., & Misbah, M. (2021). Konsep Pendidikan Profesional Perspektif Undang-Undang tentang Guru dan Dosen. Jurnal Kependidikan, 9(1), 69–82.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i3.31467
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Yulina Ismiyanti, Muhamad Afandi, Sari Yustiana, Jupriyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: