EDUKASI DAN PELATIHAN PRODUK AROMATERAPI BAGI SISWA SMK UNTUK PRODUK TEACHING FACTORY
Abstract
Abstrak: Tingginya pasar aromaterapi global diperkirakan mencapai USD 9.211,7 juta pada tahun 2024 dan diproyeksikan tumbuh pada Compounded Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 8,9% dari tahun 2025 hingga 2030, hal tersebut mendorong konsep pembelajaran teaching factory sekolah vokasi yang berorientasi pada produksi dan bisnis untuk menjawab tantangan perkembangan industry bagi sekolah kesehatan. Permasalahan sekolah dibutuhkan kemitraan dengan perguruan tinggi yang mampu mendorong berkembangnya konsep pembelajaran tersebut, dimana tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan soft-skill dan hard-skill bagi siswa dan guru dalam mewujudkan teaching factory. Metode kegiatan ini menggunakan beberapa tahapan yaitu koordinasi, materi, praktikum dan evaluasi. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 50 siswa sebagai peserta dan 3 guru SMK Amanah Husada Pemalang sebagai pendamping berjalan dengan baik dan antusias, dimana hasil umpan balik pre-test dan post-test, menunjukkan peningkatan pemahaman peserta sebesar 30%. Hasil kegiatan pengabdian tersebut menunjukkan adanya peningkatan interprestasi tinggi dengan nilai ≥90.
Abstract: The global aromatherapy market is projected to reach USD 9,211.7 million in 2024 and is expected to grow at a Compound Annual Growth Rate (CAGR) of 8.9% from 2025 to 2030. This trend encourages the implementation of teaching factory-based learning, which focuses on production and business, as a response to industry developments, particularly in health-related schools. One of the challenges faced by vocational schools is the need for partnerships with higher education institutions that can support the development of such learning models. This community service activity aims where the aim of this service is to improve soft skills and hard skills for students and teachers in realizing a teaching factory. The activity involved several stages: coordination, material delivery, practical sessions, and evaluation. A total of 50 students as a participant and 3 teachers from SMK Amanah Husada Pemalang as a companion participated enthusiastically in this program. Based on the feedback from pre-test and post-test results, there was a 30% increase in participants’ understanding. The outcome of this activity demonstrated a high level of interpretation, with scores reaching ≥90.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Abdullah, D. Mubarokah, S. (2025). The Potential of Cinnamon as a Natural Therapy in Managing Diabetes Mellitus. Nusantara Hasana Journal, 4(10), 54–61.
Chayati, N., Azizah, F. N., Wardaningsih, S., Syahputri, S. I., & Pangestika, N. D. (2025). Edukasi dan kreativitas karya tangan sebagai upaya pemeliharaan kesehatan mental remaja putri. 9(2), 1381–1391.
Firdaus, S., Mulyawan, F. D., & Fajriana, M. (2021). Pengaruh Teaching Factory Terhadap Kreatifitas, Kompetensi, serta Inovasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Inovasi Kurikulum, 18(1), 95–103. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.42672
Herdwiani, W., Fransiska, L. (2018). PKM Pharmacypreneur Aromaterapi Kayu Putih (Melaleuca cajuput) Bagi Siswa SMK Farmasi. Dimas Budi JPKM, 2(1), 15–20.
Mahendra, Y. P., Janu, P., & Ayubbana, S. (2021). Penerapan Aroma Terapi Mawar Terhadap Penurunan Tekanan Darah Tinggi Pada Pasien Hipertensi. Jurnal Cendikia Muda, 1(2), 166–174.
Manurung, A., Pranata, L., Daeli, N. E., & Frisca, S. (2025). Edukasi Dan Brain Gym Exercies Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Remaja. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(2), 1813–1823.
Manurung, E. I., Pangkey, B. C. A., Pakpahan, M., Theresia, T., & Gultom, E. C. V. (2023). Deteksi Dini Tingkat Stres Dan Edukasi Kesehatan: Manajamen Stres Untuk Mental Yang Sehat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4039. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.16509
Nurcahyo, H. (2021). Pemberdayaan Potensi PKK Cabawan Kota Tegal Melalui Pelatihan Pembatan Sabun Cair di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(2), 125–133.
Nurcahyo, H., Muldiyana, T., & Sari, M. P. (2024). Pelatihan Pembuatan Aromaterapi Roll On Dengan Berbagai Minyak Atsiri Di Pemalang Jawa Tengah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(4), 3691–3699.
Nurcahyo, H., & Riyanta, A. B. (2019). Pengembangan Formulasi Aromaterapi Produk Herbal Yang Mengandung Minyak Atsiri Bawang Merah (Allium cepa var. aggregatum L ). J. Parapemikir, 8(1), 1–4.
Nurchayati, N., ari, H. A., & Qiram, I. (2021). Upaya Edukasi Pengetahuan Tanaman Obat Tradisional Menggunakan Aplikasi “Sijamudigital” Pada Masyarakat Dusun Umbulrejo …. Prosiding SNasPPM, 6(1), 229–234.
Oksal, E., Fatah, A. H., Pereiz, Z., Fauzi, M. Z. L., Komara, N. K., & Pangestika, I. (2025). Pelatihan Pembuatan Lilin Aromaterapi Dalam Peningkatan Kreativitas Siswa Sman 1 Kasongan. JMM, 9(2), 1575–1583.
Pratiwi, F., & Subarnas, A. (2020). Review Artikel : Aromaterapi Sebagai Media Relaksasi. Farmaka, 18(3), 66–75.
Primadewi, K. (2022). Edukasi dan Efektifitas Protokol Vetilasi, Durasi dan Jarak (VDJ) Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Bali Kresna Medika. Jurnal Pengabdian Kesehatan Komunitas (Journal of Community Health Services, 2(2), 30–36.
Rahmawati, F., Eliya, R., Aryastuti, N., Lelono, S., & Hermawan, D. (2022). Hubungan Tingkat Kecemasan dan Depresi Dengan Manajemen Koping Keluarga Pasien Stroke. Media Informasi, 18(2), 127–139. https://doi.org/10.37160/bmi.v18i2.51
Sari, F. A., Permady, G. C., Handayani, D., & Sasmita, S. K. (2025). Edukasi Kegiatan Literasi-Numerasi Melalui Program. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 9(2), 1952–1960.
Sofiyana, L., Issusilaningtyas, E., & Rochmah, N. N. (2023). Formulasi dan Evaluasi Sediaan Roll On Aromaterapi Minyak Rosemary (Rosemarinus officinalis L.). Sains Indonesiana: Jurnal Ilmiah Nusantara, 1(April), 182–190.
Syam, S. R., Arisanty, A., Stevani, H., Dewi, R., & Setiawati, H. (2021). Formulasi Dan Stabilitas Sediaan Roll On Aromaterapi Jahe (Zingiber officinale) Dengan Variasi Konsentrasi Butil Hidroksi Toluen. Media Farmasi, 17(1), 78. https://doi.org/10.32382/mf.v17i1.2137
Tari, P. I., Pulungan, R. M., Aulia, F., Ambarwati, D., & Novitasari, P. D. (2025). Sekolah Sehat Tanpa Narkoba : Edukasi Bahaya. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(2), 2063–2071.
Taufikurrahman, T., & Nurhaswinda, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Papan Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 1–6. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1335
Triwahyuni, L., Muthia Zukhra, R., Studi Keperawatan, P., Keperawatan, F., & Riau, U. (2021). The Effectiveness Of Deep Relaxation And Lavender Aromatherapy On Students’ Anxiety In The Laboratory Skill Examination. In JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) (Vol. 10, Issue 2), 175-182.
Wiguna, F. A., Permana, E. P., Imron, I. F., Putri, K. E., Damariswara, R., Damayanti, S., & Hapsari, D. P. (2022). Pengembangan UMKM pada Masa Pandemi Covid-19 dan Pasca Banjir Melalui Budidaya Lele dan Jamur Tiram. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(3), 619–629. https://doi.org/10.29407/ja.v6i3.14557
Winarto, B., Damayanti, N. W., & Suryanti, S. (2025). Edukasi dan sosialisasi pembuatan biopori sebagai solusi ramah lingkungan di lingkungan pedesaan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(2), 2280–2291.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i3.31826
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Heru Nurcahyo, Susiyarti, Joko Santoso, Iin Widiyastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: