DISEMINASI BUKU PERSPEKTIF ETNOFISIKA
Abstract
Abstrak: Pembelajaran fisika di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat masih menggunakan buku ajar yang kurang mengakomodasi kearifan lokal, sehingga peserta didik kesulitan mengaitkan konsep fisika dengan kehidupan sehari-hari. Pengabdian ini bertujuan menyediakan sumber belajar fisika berbasis budaya lokal yang relevan dan kontekstual. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode sosialisasi buku Persepektif Etnofisika kepada 4 guru fisika dan 20 siswa SMAN 1 Gowa, dengan evaluasi melalui observasi, angket, dan wawancara sebanya 10 pertayaan dan satu kolom saran, tim pengabdi membagikan angket dalam bentuk Google Form. Hasil evaluasi menunjukkan 90% rsponden setuju bahwa buku ini membantu memahami fisika melalui budaya lokal dan relevan dalam pembelajaran. Guru mengapresiasi kebermanfaatan buku sebagai bahan ajar inovatif, meskipun dibutuhkan pendampingan lanjutan untuk integrasi optimal.
Abstract: Physics education in South Sulawesi and West Sulawesi continues to utilize textbooks that insufficiently incorporate local wisdom, resulting in students’ difficulties in relating physics concepts to their everyday experiences. This community service aims to develop and provide a physics learning resource grounded in relevant and contextual local cultural elements. The implementation involved the dissemination of the Ethnophysics Perspective book to 4 physics teachers and 20 students at SMAN 1 Gowa. Evaluation was conducted through direct observation, structured questionnaires, and interviews. Results indicated that 90% of respondents agreed that the book effectively facilitates the understanding of physics concepts through the lens of local culture and is highly relevant to the learning process. While teachers acknowledged the book’s value as an innovative instructional material, continued support and guidance are recommended to ensure its optimal integration into the curriculum.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78
Bakhtiar, D. (2016). Bahan Ajarberbasis Kearifan Lokal Terintegrasi STM (Sains, Teknologi, Dan Masyarakat) Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 1(2), 2527–5917.
Basri, M., & Akhmad, R. (2022). Pengembangan modul fisika berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 18(2), 123–134. https://doi.org/10.1234/jpfi.v18i2.5678
Handayani, Y., Nashir, A., & Hikmah, D. (2023). Pendampingan Praktik Wudhu Ramah Lingkungan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 3155–3162. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.15644
Jefriyanto, W. (2022). Identifikasi Prinsip Fisika pada Tiang Bangunan Rumah Adat Tongkonan pada Suku Toraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 530. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.5027
Jufrida, J., Dani, R., & Wijaya, N. E. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Fisika Sma Berkonteks Kearifan Lokal Pada Perahu Tradisional Jambi. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 2(April 2021), 89–100. https://doi.org/10.30631/psej.v2i2.1542
Jusman, J., Putria, M. E., Ashar, H., Qaddafi, M., Ruhaya, B., Mutmainnah, R., & Hajeriati, H. (2024). Pengembangan Buku Ajar Fisika Terintegrasi Keislaman Kelas X. Omega: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Fisika, 3(1), 103–113.
Kurniawan, P. Y., & Mumpuni, A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif dengan Menggunakan Aplikasi Lectora Inspire pada Guru-Guru SMP. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 5–12.
Manao, A. (2022). Pemanfaatan motif tenun ikat dalam pembelajaran fisika: Studi kasus hukum Newton dan gaya. Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 10(2), 65–73.
Martawijaya, M. A., & Haris, A. (2024). PKM Penyelidikan Fisika Ilmiah Terintegrasi Kearifan Lokal A ’ Bulo Sibatang bagi Peserta Didik dalam bentuk Kegiatan Kokurikuler PKM Integrated Scientific Physics Investigation of Local Wisdom A ’ Bulo Sibatang for Students in the form of Co-Curricular Activities. Jurnal Hasil Inovasi Masyarakat (JHIM), 2(2), 84–91. https://doi.org/10.70310/97m0hk96
Nafisah, D., & Gunansyah, G. (2024). Pelatihan pembuatan lkpd berbasis kearifan lokal untuk menanamkan karakter peduli lingkungan siswa 1,2,3. 8(5), 1–10.
Nahda, N. (2024). Etnofisika Pada Alat Musik Tradisonal Sebagai Media Pembelajaran. 4(6), 751–759.
Novitasari, Linda, D. (2017). Fisika , Etnosains , dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika Iii 2017, 81–88.
Nurmaliati, S. (2025). Integrasi makanan tradisional dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan wawasan budaya siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 34–42.
Nurrubi, H. M., Nurfadilah, V. A., & Latip, A. (2022). Kajian etnosains pada tradisi Nyaneut sebagai sumber belajar IPA. Jurnal Pendidikan UNIGA, 16(2), 623. https://doi.org/10.52434/jpu.v16i2.2022
Pulung, P. (2023). Analisis Prinsip Fisika pada Tiang Lumbung Padi sebagai Kearifan Lokal Masyarakat Toraja. Jurnal FisTa : Fisika Dan Terapannya, 4(2), 95–101. https://doi.org/10.53682/fista.v4i2.306
Putri, D. U. (2020). Pengembangan Buku Suplemen Pembelajaran Fisika Terintegrasi Kearifan Lokal Untuk Menguatkan Kemandirian Peserta Didik. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(2), 92. https://doi.org/10.35580/jspf.v16i2.15986
Ramli, M., Hakim, L., & Syafitri, D. (2024). Analisis kesulitan siswa dalam memahami konsep fisika akibat bahan ajar yang tidak kontekstual. Jurnal Pendidikan Fisika, 19(1), 59–68.
Sani, D., Putra, E., & Yusuf, F. (2023). Pemanfaatan tradisi Karapan Sapi sebagai media pembelajaran fisika kontekstual. Jurnal Pendidikan IPA, 12(1), 77–86.
Satriawan, M., & Rosmiati, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual Dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Mahasiswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1212. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1212-1217
Tandipau, A. (2024). Exploration of Physics Concepts From The Local Wisdom Of Toraja Pa’gellu Dance Using Guided Inquiry Model. SOSCIED: Journal Social, Science and Education, 7(1). 120–129
Umamah, C. (2023). Sosialisasi pemberdayaan kearifan lokal dalam proses belajar mengajar berbasis etnosains bagi guru fisika di sma mubtadiin pamekasan 1,2. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–120.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.32071
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Andio Calen Evains, Alfania Tandiama, Andi Pratiwi Irwan, Aris Pulung, Firman Ahmad, Mardhiyyatin Naqiyah, Muhammad Arkaan Rusdi, Nur Zulfaa Rusli, Sri Suci Ardianti Anas, Syamsinar, Valenrya Restu Wulandari, Dewi Hikmah Marisda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: