PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO ANIMASI UNTUK PENGUATAN PROFIL PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Titin Rahmayanti Rambe, Renni Ramadhani Lubis, Wina Mariana Parinduri, Diah Kesumawati, Sara Frimaulia, Sakura Alwina

Abstract


Abstrak: Di era digital saat ini, guru dituntut untuk mampu menghadirkan media pembelajaran yang kreatif dan kontekstual guna membentuk karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam memanfaatkan teknologi pendidikan, khususnya dalam hal pembuatan video animasi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan teknologi, tetapi juga menjadi sarana strategis dalam menyampaikan nilai-nilai yang terkandung dalam profil pelajar pancasila. Pelaksanaan kegiatan pelatihan pembuatan video animasi dalam rangka memperkuat profil pelajar pancasila dilakukan secara langsung di SD Negeri 057205 Stabat Lama. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 24 April 2025, mulai pukul 08.00 hingga 17.30 WIB. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 28 orang guru dari sekolah tersebut. Pelatihan ini juga diiringi dengan sesi pendampingan secara langsung, yang difokuskan pada pembuatan video animasi bertema nilai-nilai dalam profil pelajar pancasila. Adapun metode yang digunakan dalam proses pelatihan meliputi ceramah, praktik langsung, serta diskusi kelompok. Tahapan kegiatan dilaksanakan secara sistematis, dimulai dari (a) tahap persiapan, (b) tahap pelaksanaan, dan (c) tahap evaluasi. Berdasarkan hasil rekapitulasi kuesioner dari peserta latihan dengan rata-rata 92,20%. Dari hasil kegiatan pelatihan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa guru-guru telah memiliki keterampilan dasar dalam menggunakan aplikasi pembuatan animasi dan mampu menciptakan konten yang sesuai dengan konteks pembelajaran di sekolah dasar.

Abstract: In today's digital era, teachers are required to be able to present creative and contextual learning media in order to shape students' characters in accordance with pancasila values. This training activity aims to improve teacher competence in designing and producing educational animated videos that are relevant to strengthening the Pancasila character. The implementation of the animated video making training activity in order to strengthen the profile of Pancasila students was carried out directly at SD Negeri 057205 Stabat Lama. This activity was held on Thursday, April 24, 2025, starting at 08.00 to 17.30 WIB. The number of participants who took part in this activity was 28 teachers from the school. This training was also accompanied by a direct mentoring session, which focused on making animated videos with the theme of values in the Pancasila student profile. The methods used in the training process include lectures, direct practice, and group discussions. The stages of the activity are carried out systematically, starting from (a) the preparation stage, (b) the implementation stage, and (c) the evaluation stage. Based on the results of the questionnaire recapitulation from training participants with an average of 92.20%. From the results of the training activities that have been carried out, it shows that teachers have basic skills in using animation creation applications and are able to create content that is appropriate to the context of learning in elementary schools.


Keywords


Making; Animated Video; Pancasila Student Profile; Elementary School.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Armita, F., & Ain, S. Q. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Materi Aku Suka Bergotong Royong di Kelas I Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(4), 35-42.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2023). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning. john Wiley & sons.

Diniyati, A., & Mastoah, I. (2025). Peran media video animasi interaktif berbasis canva dalam meningkatkan literasi digital siswa SD. Didaktika Dwija Indria, 13(2). 236-245.

Doyle, T. (2023). Helping students learn in a learner-centered environment: A guide to facilitating learning in higher education. Taylor & Francis.

Fauzi, M. N. (2023). Problematika guru mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran PAI di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1661-1674.

Gleason, B., & Jaramillo Cherrez, N. (2021). Design thinking approach to global collaboration and empowered learning: Virtual exchange as innovation in a teacher education course. TechTrends, 65(3), 348-358.

Hellison, D., Wright, P. M., Martinek, T. J., & Walsh, D. S. (2025). Teaching personal and social responsibility through physical activity. Human Kinetics.

Josue, A., Bedoya-Flores, M. C., Mosquera-Quiñonez, E. F., Mesías-Simisterra, Á. E., & Bautista-Sánchez, J. V. (2023). Educational Platforms: Digital Tools for the teaching-learning process in Education. Ibero-American Journal of Education & Society Research, 3(1), 259-263.

Khong, M. L., & Tanner, J. A. (2024). Surface and deep learning: a blended learning approach in preclinical years of medical school. BMC Medical Education, 24(1), 1029.

Nugroho, D. A., Khaerunisa, N., Firdaussi, F. N., & Zulfa, A. (2025). Implementasi Teknologi Pembelajaran Berbasis Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Anak usia Dini. Kumaracitta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 117-143.

Nwogbo, V. N. (2024). Emerging Trends, Challenges and Innovative Approaches to Education in the Digital Era. El conocimiento a través de miradas interdisciplinares e internacionales, 37-45.

Rakhman, P. A., Pribadi, R. A., Fahrul, M., & Al Hakim, M. R. (2025). Pemanfaatan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran di SDN Karundang 1. Jurnal Genta Mulia, 16(1), 34-40.

Ramadhani, W. (2025). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Saintifik Dengan Aplikasi Canva Pada Tema Perubahan Cuaca Kelas III SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 221-231.

Ridho, I., Taofik, T., & Soleh, D. A. (2025). Penerapan Media Animasi pada Pembelajaran Matematika di SD. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 9-17.

Rizky, M. R. F. N. H., Juanta, P., Siagian, S. M., & Banjarnahor, J. (2025). Analisis Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 90-95.

Safitri, E. (2021). Studi Literatur: Pengembangan media pembelajaran dengan video animasi powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74-80.

Safitri, D., & Zainuddin, M. (2024). Pengembangan Video Animasi Ciri Gotong Royong pada Profil Pelajar Pancasila. Journal of Language, Literature, and Arts, 4(3), 314-321.

Spector, J. M., Ifenthaler, D., Sampson, D., Lan (Joy) Yang, Mukama, E., Warusavitarana, A., ... & Gibson, D. C. (2016). Technology enhanced formative assessment for 21st century learning. Journal of educational technology & society, 19(3), 58-71.

Watts, P., Fullard, M., & Peterson, A. (2021). Understanding character education: Approaches, applications and issues. McGraw-Hill Education (UK).

Zarifsanaiey, N., Mehrabi, Z., Kashefian-Naeeini, S., & Mustapha, R. (2022). The effects of digital storytelling with group discussion on social and emotional intelligence among female elementary school students. Cogent Psychology, 9(1), 2004872.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.32089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Titin Rahmayanti Rambe, Renni Ramadhani Lubis, Wina Mariana Parinduri, Diah Kesumawati, Sara Frimaulia, Sakura Alwina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: