PENDAMPINGAN STRATEGI PENGAJARAN LISTENING SKILLS BERORIENTASI MULTILITERASI UNTUK GURU BAHASA INGGRIS DI KABUPATEN AGAM
Abstract
Abstrak: Kurangnya pemanfaatan media multilititerasi dalam pembelajaran menyimak menjadi tantangan utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Agam dalam mengajarkan keterampilan menyimak berbasis Kurikulum Merdeka dengan pendekatan multiliterasi. Kegiatan dilaksanakan melalui sosialisasi, workshop, dan sesi praktikum dengan melibatkan enam puluh guru anggota MGMP Bahasa Inggris di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Evaluasi dilakukan melalui 30 butir pertanyaan pretest dan posttest yang menilai peningkatan pemahaman dan keterampilan pedagogis peserta. Hasil menunjukkan 69% peserta mengalami peningkatan kemampuan dalam kategori sangat tinggi, sementara 31% lainnya menunjukkan peningkatan yang signifikan. Peningkatan terlihat dalam pembuatan dan penggunaan media ajar inovatif seperti video, podcast, dan roleplay, serta strategi pengajaran yang lebih variatif. Pengabdian ini berhasil memperkuat softskills dan hardskills guru dalam merancang pembelajaran listening yang aktif, kontekstual, dan relevan dengan kebutuhan siswa.
Abstract: The limited integration of multi literacy-based media in listening instruction represents a significant challenge in the effective implementation of the Merdeka Curriculum. This community service aimed to enhance the competence of junior high school English teachers in Agam Regency in teaching listening skills based on the Merdeka Curriculum and multiliteracy approaches. Activities included socialization, workshops, and practical sessions involving MGMP English teachers. Evaluation was conducted using pretests and posttests to assess improvement in pedagogical understanding and skills. Results showed that 69% of participants experienced a significant increase in the “very high” category, while 31% showed notable improvement. Gains were evident in the use of innovative teaching media such as videos, podcasts, and roleplay, as well as more varied teaching strategies. This program effectively improved both soft and hard skills of the teachers in designing listening lessons that are active, contextual, and aligned with students’ needs.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Anjeni, S. M., Hajani, T. J., & Yuneti, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Multiliterasi Saintifik Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SD Negeri Simpang Gegas Temuan. 2.
Badan Pusat Statistik. (2022). Harapan Lama Sekolah. Https://Www.Bps.Go.Id/Id/Statistics-Table/2/NDE3IzI=/-New-Method--Expected-Years-of-Schooling.Html.
Bianco, J. (2005). Multiliteracies and multilingualism. Routledge.
Bradley, Joff P. N., Cole, David R., & Hunt, James R. (2017). CLIL-Multiliteracies-Multiple Literacies Theory: On the Passage From Active Viewing to Active Filmmaking. STEM Journal, 18(2), 179–202. https://doi.org/10.16875/stem.2017.18.2.179
Harmen. (2024). Pemkab Agam Fokus Tingkatkan Mutu SDM, Pendidikan Jadi Barometer. https://kaba12.co.id/pemkab-agam-fokus-tingkatkan-mutu-sdm-pendidikan-jadi-barometer/
Kementrian Pendidikan Dasar dan Menengah. (2022). Prinsip Kurikulum Merdeka. https://Kurikulum.Kemdikbud.Go.Id/.
Leander, K., & Boldt, G. (2013). Rereading “A pedagogy of Multiliteracies”: Bodies, texts, and emergence. In Journal of Literacy Research (Vol. 45, Issue 1, pp. 22–46). https://doi.org/10.1177/1086296X12468587
Leiliyanti, E., Mayuni, I., Agustina, I. W., Palupi, T. M., Munir, H. Z., Awaliyah, W., & Irawan, I. N. (2022). Literasi Kritis Teks Deskriptif Bahasa Inggris Bagi Guru SMP. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 68. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6075
Marzal, M., & Borges, J. (2019). A tool for assessing multiliteracy in higher education. Brazilian Journal of Information Science: Research Trends, 13(4), 35–51.
Mayuni, I., Chairuman, U., Agustina, I. W., Palupi, T. M., Subianto, K. A., Putra, A. H., & Pieter, P. (2022). Literasi Digital Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris: Program Pendampingan Untuk MGMP Bahasa Inggris SMP. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 5042. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11650
Mayuni, I., Palupi, T. M., Agustina, I. W., & Pieter, P. (2025). Perancangan Modul SIOP Kurikulum Merdeka: Pendampingan Guru Bahasa Inggris SMP. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 273–282. https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1026
Miana, M. (2024). Bupati Agam Apresiasi Guru SMP Dilatih Keterampilan Bahasa Inggris Berbasis Digital. https://www.harianhaluan.com/news/1012507858/bupati-agam-apresiasi-guru-smp-dilatih-keterampilan-bahasa-inggris-berbasis-digital
Palupi, T. M., Mayuni, I., Agustina, I. W., & Pieter, P. (2023a). Pengembangan Program ‘Kampung Inggris’: Upaya Mendukung Pariwisata di Kabupaten Agam Sumatera Barat. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 178–191. https://doi.org/10.24036/abdi.v5i2.425
Palupi, T. M., Mayuni, I., & Noval, A. Y. (2023b). Pelatihan Pengembangan Materi Reading Skills Untuk Guru Sd Di Kampung Inggris Kabupaten Agam. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4289. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.16877
Pusdatin Kemendikdasmen. (2021). Dasbor NPD - Neraca Pendidikan Daerah. Https://Npd.Kemdikbud.Go.Id/.
Putri, W. D. (2024). Guru Bahasa Inggris SMP se Agam Ikuti Pelatihan. https://www.rri.co.id/iptek/657238/guru-bahasa-inggris-smp-se-agam-ikuti-pelatihan
Ramadhan, S., Hajrul Jamilah, S., Solihati, N., & Muhammadiyah Hamka, U. D. (2024). Model Pembelajaran Multiliterasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. In Jurnal Sasindo Unpam (Vol. 12, Issue 2). Desember.
Sakariah, D., & Widiandri, A. (2024). Inovasi Pembelajaran Daring: Integrasi Situs Edukasi Dan Google Formulir Untuk Evaluasi. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 1–5. https://doi.org/10.14710/hm.8.1.1-5
Solihin, A., Istiq’faroh, N., Subrata, H., Hendratno, H., & Sukartiningsih, W. (2024). Developing Students’ Language Skills Through the Implementation of Basic Literacy. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(6), 6139. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.26888
Sumbar, A. (2024). 74 guru SMP di Agam ikuti program pendampingan berbasis kurikulum merdeka. https://sumbar.antaranews.com/berita/608550/74-guru-smp-di-agam-ikuti-program-pendampingan-berbasis-kurikulum-merdeka
Tim P2M UNJ. (2022). Pengembangan Program ‘Kampung Inggris’ Upaya Mendukung Pariwisata di Kabupaten Agam, Sumatera Baratisata di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. https://sites.google.com/view/p2m-program-ki-agam/beranda?authuser=0
Tim P2M UNJ. (2023). Pelatihan Pengembangan Materi Reading Skills Untuk Guru SD di Kampung Inggris Kabupaten Agam. https://sites.google.com/view/p2m-reading-skills-unj-2023/home?authuser=0
Tim P2M UNJ. (2024). Program Pendampingan Pengajaran Listening Skills Berbasis Kurikulum Merdeka dan Multiliterasi untuk MGMP Bahasa Inggris SMP di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. https://sites.google.com/view/p2m-unj-agam-2024/beranda?authuser=0
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.32125
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Tara Mustikaning Palupi, Ilza Mayuni, Mochammad Faisal Agiel

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: