PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA UMKM
Abstract
Abstrak: Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terhadap pertumbuhan perkonomian Indonesia sangat besar dan penting karena menyediakan lapangan pekerjaan serta menopang ekonomi nasional. Namun, masih banyak tantangan dan kendala yang dihadapi UMKM karena keterbatasan pengetahuan terutama dalam pengelolaan keuangan dan pemasaran produk secara digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemilik usaha UMKM dalam melakukan pengelolaan keuangan secara digital dan memperluas jangkauan pemasaran produk usaha. Metode pelaksanaan dilakukan dalam tiga tahap yaitu, tahap persiapan dan observasi, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Pendampingan diberikan kepada pelaku usaha “Ari Souvenir” sebagai representasi UMKM yang berada di Rejowinangun Kota Yogyakarta, dengan fokus pada penggunaan aplikasi akuntansi (Microsoft Excel dan Buku Warung) dan platfrom digital marketing seperti media sosial dan marketplace. Evaluasi pengabdian ini dilakukan melalui angket pre-test dan post-test kepada pelaku usaha untuk mengukur peningkatan pemahaman dan keterampilan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman pelaku UMKM sebesar 80% dalam pencatatan keuangan sesuai standar SAK EMKM dan 70% peningkatan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran produk. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan dan memperluas jangkauan pemasaran pelaku UMKM.
Abstract: The role of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia’s economic growth is very large and important because it provides jobs and supports the national economy. However, there are still many challeges and obstacles faced by MSMEs due to limited knowledge, especially in financial management and digital product marketing. This community service activity aims to increase the knowledge and skills of MSME business owners in conducting digital financial management and expanding the marketing reach of business products. The implementation method is carried out in three stages, activity implementation, and evaluation. Assistance is given to “Ari Souvenir” business actors as a representation of MSMEs in Rejowinangun yogyakarta city, focusing on the use of accounting applications (Microsoft Excel and Buku Warung) and digital marketing platforms such as social media and marketplaces. The evaluation of this service was carried out through pre-test and post-test questionnaires to business actors to measure the increase in understanding and skills. The results of the activity showed an 80% increase in understanding of MSME actors in financial recording according to SAK EMKM standards and a 70% increase in the ability to utilize digital technology for product marketing. Thus, this activity succeeded in increasing the efficiency of financial management and expanding the marketing readh of MSME actors.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Agus Saputri, N., & Arisanti, I. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Menuju Desa Mandiri (Gabungan Kelompok Tani Torong Makmur Kota Batu). ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 571–577. https://doi.org/10.35568/abdimas.v4i1.1129
Ariesta, C., & Nurhidayah, F. (2020). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Neraca Berbasis SAK-ETAP Pada UMKM. Jurnal Akuntansi, 9(2), 194–203. https://doi.org/10.37932/ja.v9i2.142
Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610
Asri, D. P. B. (2018). Pengembangan Industri Kreatif UMKM Asal Yogyakarta Melalui Pendaftaran “Jogja Co Branding.” Kosmik Hukum, 18(2 SE-ARTICLE). https://doi.org/10.30595/kosmikhukum.v18i2.3448
Atmojo, M. E. (2022). Pemberdayaan UMKM Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 378–385. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i2.8214
Ayulina Oktaviranti, & Muhammad Iqbal Alamsyah. (2023). Literasi Keuangan, Persepsi UMKM terhadap Kualitas Laporan Keuangan dengan Penerapan SAK EMKM. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 7(1), 133–143. https://doi.org/10.33059/jensi.v7i1.7659
Budiarti, L., Mellinia, S. P., Fadhila, L. S., Su’daa, S. N., Zaen, M. R., & Noviyanti, S. E. (2024). Digital marketing sebagai strategi peningkatan penjualan produk UMKM di era digital. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 435–453. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21760
Ernawati, S., Jumirin, A., & Sari, O. (2016). Application of Basic Accounting System, Micro small and medium Pendahuluan. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA, 6(2), 81–91.
Hartelina, H., Batu, R. L., Sari, B. N., & Sumule, N. (2021). Penerapan Digital Marketing dan Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Penjualan bagi UMKM. … Jurnal Pengabdian Kepada …, 4, 337–345. http://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde/article/view/941
Hendrasto, N., Haidar, A., Syariah, M. B., Agama, I., Tazkia, I., Syariah, A., Tazkia, A. I., Syariah, M. E., Agama, I., & Tazkia, I. (2025). Digital Marketing Dan Keuangan : Studi Di Desa. 6(2), 183–194.
Husna, A., Lidya Rikayana, H., Akuntansi, J., Ekonomi, F., & Maritim Raja Ali Haji, U. (2020). Training on The Use of Accounting Information Systems in Making MSME Financial Statements. Journal of Maritime Empowerment, 2, 1531–1538. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/jme
IAI. (2020). SAK EMKM, Literasi Akuntansi untuk UMKM di Indonesia. https://web.iaiglobal.or.id/Berita-IAI/detail/sak-emkm-literasi-akuntansi-untuk-umkm-di-indonesia#gsc.tab=0
Kadin, I. (2023). UMKM Indonesia. https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/#:~:text=Peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia%2C,Pendapatan Domestik Bruto %28PDB%29 Indonesia%2C setara Rp9.580 triliun.
Krisyadi, R., & Mulfandi, E. (2021). Perancangan Dan Implementasi Sistem Akuntansi Berbasis Microsoft Accesss Pada Toko Spotlesstep. Id. ConCEPt-Conference on Community …, 1(1), 639–646.
Kusumawati, I., Puspitasari, H. P., Soesilawati, P., Ramadhani, F. A., & Rullyansyah, S. (2024). Pemberdayaan Industri Herbal Skala Mikro (UMKM) Melalui Pelatihan Digital Marketing Strategi. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 183–191.
Lembong, A., Kojo, C., & Uhing, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pembelian Konsumen Pada Rumah Makan Mm Juice Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 1261–1270. https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.47363
Maulidina, C. M., & Nafiati, L. (2024). Penerapan sistem informasi akuntansi, digital marketing dan e-commerce untuk meningkatkan literasi digitalisasi dan kinerja UMKM. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 187–199. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21506
Ode Irma Sari, W., Wardana, D., Dwi Rohmatunnisa, L., Studi Akuntansi, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Teknologi dan Bisnis ASIA Malang, I. (2021). Laporan Keuangan Sebagai Alat Penilaian Kinerja Bisnis Pada UMKM. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 331–338.
Rahmawati, M. I., Ardini, L., Lestariningsih, M., & Shabrie, W. S. (2022). Digitizing UMKM by Strengthening Shopee E-Commerce at UMKM in Wonokromo District, Surabaya City. Mujtama’ Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 35–42.
Rohmana, A. (2023). Peran sistem informasi akuntansi dalam pemanfaatan teknologi terhadap pembukuan digital pada UMKM. Jurnal Kajian dan Penalaran Ilmu Manajemen, 1(1), 54–63. https://doi.org/10.59031/jkpim.v1i1.49
Saragih, R., H.P Purba, D., & Elisabeth, D. M. (2020). Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya yaitu penelusuran terhadap lambannya perkembangan UMKM yang disajikan dalam bentuk. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Methodist, 4(1), 117–133.
Siregar, M. I., Saggaf, A., & Hidayat, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Berbasis Microsoft Excel Pada Kerajinan Songket Mayang Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 5(1), 51–56. https://doi.org/10.36982/jam.v5i1.1509
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.32231
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Putri Amelia, Indah Shofiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: