SOSIALISASI PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SMA/MA RAUDHATUL ULUM MERANTI KUBURAYA
Abstract
Abstrak: Bahasa Mandarin adalah bahasa yang banyak dituturkan oleh banyak orang setelah bahasa inggris. Karena bahasa mandarin memiliki pengaruh yang sangat besar, maka sangat penting untuk mempelajarinya. Sosialisasi ini bertujuan memberikan motivasi belajar Bahasa Mandarin kepada siswa-siswi dan mendorong mereka melanjutkan pembelajaran Bahasa Mandarin di jenjang pendidikan tinggi. Sosialisasi ini dilakukan dengan metode observasi, sosialisasi dan evaluasi. Tim pengabdian memberikan penyuluhan terlebih dahulu, kemudian memberikan kesempatan tanya jawab dengan peserta, serta memberikan kuesioner mengenai respon minat siswa terhadap pembelajaran Bahasa Mandarin. Penyajian materi berkaitan manfaat dan pentingnya pembelajaran Bahasa Mandarin. Dari hasil kusioner yang disebarkan kepada siswa dapat diketahui bahwa setelah mengikuti sosialisasi minat siswa mengalami perubahan yang cukup drastis yaitu sebesar 76,3%. Hal ini dipengaruhi oleh motivasi ekstrinsik siswa untuk mendapatkan pekerjaan dan penghasilan tinggi setelah mempelajari Bahasa Mandarin.
Abstract: Mandarin is a language that many people speak after English. Because mandarin has a huge influence, it is very important to learn it. This socialization aims to provide motivation to learn Mandarin to students and encourage them to continue learning Mandarin at the higher education level. This socialization is done by observation, socialization and evaluation methods. The devotional team provides counseling first, then provides question and answer opportunities with participants, as well as provides questionnaires about the response of students' interest to Chinese language learning. Presentation of materials related to the benefits and importance of Learning Mandarin. From the results of kusioner distributed to students can be known that after attending the socialization of interest students experienced a fairly drastic change of 76.3%. This is influenced by students' extrinsic motivation to get a job and high income after learning Mandarin.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Kholid, I. (2017). Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Asing. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 10(1), 61–71. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ee-jtbi.v10i1.875
Kosasi, S. (2014). Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar. Eksplora Informatika.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran (3rd ed.). Rosdakarya Press.
Maria, M. (2019). Problematika Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin di Universitas Negeri di Indonesia. Jurnal Cakrawala Mandarin, 2(2), 1–16.
Mulyaningsih, D. H. (2014). Perbandingan Fonologi Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/bahtera.131.01
Mulyono. (2011). Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global. UIN-Maliki Press.
Nation, U. (2011). Projections, United Nations. Population estimates and. http://esa.un.org/, sections. Retrieved from:%0AUnpd/wpp/country-profiles/country-profiles_1.htm
PERMEN DIKNAS RI NO.41, (2007).
Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang. Pujangga, 1(2), 31.
RW Wulandari1a, A Kholik, M Qudsiyah, dan R. A. (2018). Program Sosialisasi Pendidikan Untuk Meningkatkan Angka Harapan Lama Sekolah (Hls). Peningkatan angka HLS melalui sosialisasi.
Siagian, R. E. F. (2012). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82.
Susanti, A., & Nuriyatin, S. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo.
Sutami, H. (2007). Kekhasan pengajaran bahasa Mandarin di Indonesia. Wacana, 9(2), 222–237.
Sutami, H. (2016). Fungsi dan Kedudukan Bahasa Mandarin di Indonesia. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 2, 212–239. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17510/paradigma.v2i2.28
Suwarna Pringgawidagda, Drs., M. P. (2005). Strategi Penguasaan Berbahasa (Ari Wulandari dan Sjamsu Dj (ed.)). Adicita Karya Nusa.
Thamrin, L., Marlina, R., & Yokhebed, Y. (2018). Reading Ability Analysis of Mandarin Language in Pontianak Junior High School VIII Grade Students. . Fourth Prasasti International Seminar on Linguistics. Atlantis Press. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/prasasti-18.2018.32
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya (Cetakan ke). PT. Bumi Aksara.
Ying, Y., Suprayogi, M. N., & Hurriyati, E. A. (2013). Motivasi belajar bahasa Mandarin sebagai bahasa kedua. Humaniora, 4(2), 1345–1355.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Lily Thamrin, Suhardi Suhardi, Lusi, Tjen Veronika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: