PENINGKATAN KOMPETENSI DIGITAL BRANDING SEBAGAI OPTIMALISASI DAKWAH BAGI ANGKATAN MUDA MUHAMMADIYAH
Abstract
Abstrak: Sosial media merupakan media strategis yang digunakan untuk keperluan dakwah digital, oleh karenanya perlu dikelola dengan baik dan profesional, serta perlu dilakukan optimalisasi digital branding. Saat ini Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) di Kabupaten Brebes telah memanfaatkan sosial media dalam melakukan digitalisasi dakwah, akan tetapi konten dakwah masih cukup sederhana, dan pengelolaannyapun belum begitu optimal, oleh karenanya dibutuhkan peningkatan kompetensi digital branding. Tujuan peningkatan kompetensi digital branding adalah untuk menciptakan citra merek yang kuat, konsisten, dan mudah dikenali oleh audiens di dunia online. Metode yang digunakan dalam meningkatkan kompetensi digital branding adalah dengan pemaparan materi yang dilakukan dengan metode presentasi dan diskusi, serta dengan pelatihan atau praktikum penggunaan aplikasi canva bagi peserta sebanyak 60 orang peserta AMM Kabupaten Brebes. Berdasarkan hasil kegiatan peningkatan kompetensi tersebut yang diukur dari pre-test dan post test, maka didapatkan bahwa pemahaman dan kompetensi peserta secara umum meningkat sebanyak 40%.
Abstract: Social media are a strategic medium used for digital da'wah purposes. Therefore, it needs to be managed properly and professionally, and digital branding optimization is necessary. Currently, the Muhammadiyah Youth Movement (AMM) in Brebes Regency has utilized social media in digitalizing da'wah. However, the da'wah content is still quite simple, and its management is not yet optimal. Therefore, digital branding competency improvement is needed. The goal of improving digital branding competency is to create a strong, consistent, and easily recognizable brand image for the audience in the online world. The method used to improve digital branding competency is by presenting material through presentation and discussion methods, as well as training or practical work on using the Canva application for 60 participants of the AMM Brebes Regency. Based on the results of these competency improvement activities, measured by pre-tests and post-tests, it was found that the participants' understanding and competency in general increased by 40%.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adri, R. F. (2020). Pengaruh Pre-Test Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. MENARA Ilmu, 14(1), 81–85.
Cornelissen, J. P., Akemu, O., Jonkman, J. G. F., & Werner, M. D. (2021). Building Character: The Formation of a Hybrid Organizational Identity in a Social Enterprise. Journal of Management Studies, 58(5), 1294–1330. https://doi.org/10.1111/joms.12640
Duriani. (2022). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Pencerahan (R. Pajarianto, Hadi; Fadhli (ed.)). INDONESIA EMAS GROUP.
Herdiani, F. D. (2021). Penerapan Oracle Enterprise Architecture Development (OADP) Dalam Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Manajemen Aset Properti: Studi Kasus PT. Pos Properti Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 5(1), 31–38. https://doi.org/10.22437/jiituj.v5i1.12886
Huda, S. (2022). Dakwah Digital Muhammadiyah Pola Baru Dakwah Era Disrupsi (M. M. Mas’udi (ed.)). Samudra Biru.
Isibor, N. J., Ewim, C. P., Ibeh, A. I., Adaga, E. M., Sam-bulya, N. J., & Achumie, G. O. (2021). A generalizable social media utilization framework for entrepreneurs: Enhancing digital branding, customer engagement, and growth. International Journal of Multidisciplinary Research and Growth Evaluation, 2(1), 751–758. https://doi.org/10.54660/.IJMRGE.2021.2.1.751 758
Latifah, N. et al. (2023). Tantangan dakwah Muhammadiyah di era sekarang. In Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper Pengembangan Dakwah, Pondok Al Islam dan Kemuhammadiyahan (pp. 101). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Muhammad, R., & Subarkah, M. A. (2024). Strategi dakwah Muhammadiyah di era digitalisasi: Inovasi dan tantangan. Student Research Journal, 2(4), 339–346. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v2i4.1407
Muhammadiyah, S. (2020). Angkatan Muda Muhammadiyah. Suara Muhammadiyah. Diakses dari https://web.suaramuhammadiyah.id/2020/06/08/angkatan-muda-muhammadiyah/
Nirwan Wahyudi AR, M. Said, N., & Fitra Siagian, H. (2023). Digitalisasi Dakwah Berbasis Kearifan Lokal. Al-Mutsla, 5(2), 322–344. https://doi.org/10.46870/jstain.v5i2.637
Rachmadhani, F., Ahmad, N., & Alam, R. (n.d.). Improving the competence of imams through socialization and training on the fiqh of imamah and congregational prayer from the perspective of Tarjih Muhammadiyah in Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Gamping, Yogyakarta. Journal of Character Education Society (JCES), 7(1), 1385–1390.
Rachmadhani, F., Ahmad, N., & Alam, R. (2024). Peningkatan kompetensi muballigh melalui sosialisasi dan pelatihan fiqih khutbah perspektif Tarjih Muhammadiyah pada Angkatan Muda Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta. Journal of Character Education Society, 7(1), 51–60. https://doi.org/10.31764/jces.v7i1.19517
Rowles, D. (2018). Digital branding: A complete step by step guide to strategy, tactics, tools and measurement (2nd ed.). Kogan Page.
Sobandi, A., Yuniarsih, T., Meilani, R. I., & Indriarti, R. (2023). Pemanfaatan Fitur Aplikasi Canva dalam Perancangan Media Pembelajaran berbasis Pendekatan Microlearning. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8(1), 98–109. https://doi.org/10.17509/jpm.v8i1.51920
Staniyah, A. M., Efendi, N., & Mashudi, K. (2024). Digitalisasi Dakwah: Tantangan dan Strategi Menginspirasi di Era Teknologi. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4). https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i4.2202
Suprabowo, I., Ramadhan, C. S., & Noviani, W. (n.d.). Peningkatan kualitas produk kripik pare di Desa Poncosari, Kepanewon Srandakan, Bantul melalui program re branding. Warta LPM, 25(4), 556–565. https://doi.org/10.23917/warta.v25i4.1415
Vargas, I. M., Cabrera, C. I. G., Cortez, C. A. A., Apaza, I. M. A., & Reátegui, M. D. (2022). The canva platform and meaningful learning in regular basic education. International Journal of Health Sciences, 6(June), 643–658. https://doi.org/10.53730/ijhs.v6ns7.11213
Zuroidah, Z. N. (2019). Peran angkatan muda muhammadiyah dalam mengembangkan karakter masyarakat. Jurnal Civic Hukum, 4(1), 90.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.32354
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ginanjar Wiro Sasmito, Dyah Apriliani, Arif Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: