PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MELALUI PELATIHAN SENI DAN MANAJEMEN PERTUNJUKAN

Pamela Mikaresti, Herry Novrianda, Ana Nurmalia

Abstract


Abstrak: Di Sekolah Dasar Alam Mahira Bengkulu, pertunjukan seni diadakan setiap bulan sebagai bagian dari praktik pembelajaran bagi siswa. Namun sering terjadi kendala yakni, mininimnya keterampilan makeup dan bahan bahan yang aman untuk anak dan guru serta manajemen seni pertunjukan. Tujuan Pengabdian ini untuk meningkatkan keterampilan softskill dan hardskill mereka dalam seni dan manajemen pertunjukan. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan melalui beberapa metode, di antaranya ceramah, simulasi praktik dan diskusi kelompok terarah (FGD). Program ini meliputi pelatihan keterampilan tata rias pertunjukan, penggunaan dan pembuatan masker organik yang aman untuk kulit, serta manajemen pertunjukan. PKM telah dilaksanakan dan mitra yang aktik mengikuti pelatihan ini berjumlah 50 orang guru. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan tata rias dan manajemen pertunjukan seni memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan guru-guru di Sekolah Alam Mahira Bengkulu. Evaluasi menggunakan angket pretest dan post-test. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan yang jelas dalam pemahaman guru terhadap teknik tata rias, manajemen pertunjukan seni, serta pembuatan dan penggunaan masker organik. Peningkatan skor dari 55% pada pre-test menjadi 85% pada post-test mengindikasikan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan keterampilan dasar guru dalam hal tersebut.

Abstract: Mahira Nature Elementary School in Bengkulu, art performances are held every month as part of students’ learning activities. However, there are frequent challenges, such as the teachers’ limited makeup skills, the lack of safe materials for students and teachers, and the need for better performance management. This community service program aims to improve the teachers’ soft skills and hard skills in the fields of art and performance management. The program was carried out through various methods, including lectures, practical simulations, and focused group discussions (FGDs). The activities included training in stage makeup techniques, the safe use and production of organic face masks, and performance management skills. The community service program has been implemented with 50 teachers actively participating in the training sessions. The results show that the training in makeup and performance management had a significant positive impact on enhancing the skills of teachers at Mahira Nature Elementary School. The evaluation was conducted using questionnaires. The pre-test and post-test results showed a clear improvement in the teachers’ understanding of stage makeup techniques, performance management, as well as the production and use of organic masks. The increase in scores from 55% in the pre-test to 85% in the post-test indicates that this training successfully improved the teachers’ basic skills in these areas.


Keywords


Art Skills; Performance Management; Creativity; Elementary School Teachers; Organic Masks.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Astriani, M. M. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tata Rias Wajah Korektif. Jurnal Desain, 4(03), 265. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v4i03.1865

Azzahra Sairi, F., Guzeynova, M. Z., Laila Putri, T., Rosalina, L., & Saputra, I. (2024). Kelayakan Masker Tradisional Biji Pepaya Dan Ketan Hitam Untuk Perawatan Kulit Wajah Kering. Jurnal Tata Rias, 14(1), 15–25. https://doi.org/10.21009/jtr.14.1.02

Diniah, N., & Panjaitan, R. S. (2025). Original Research Formulasi Dan Uji Efektivitas Masker Gel Peel-Off Ekstrak Daun Kelor ( Moringa Oleifera Lam ) Kombinasi Kulit Buah Lemon ( Citrus x limon ( L .) Sebagai Peningkat Elastis Kulit Formulation and Efficacy Test of Peel-Off Gel Mask from Mori. Ndonesia Natural Research Pharmaceutical Journal Original, 52–68.

Febriani, Y., Sudewi, S., & Sembiring, R. (2022). Formulation And Antioxcidant Activity Test Of Clay Mask Extracted Ethanol Tamarillo (Solanum betaceum Cav.). Indonesian Journal of Pharmaceutical Science and Technology, 1(1), 22. https://doi.org/10.24198/ijpst.v1i1.36432

Handayani, A., & Ambarwati, D. C. (2021). Manajemen Acara Budaya: Proses Pembelajaran Dan Praktik Pengajaran. Jurnal Gama Societa, 4(2). https://doi.org/10.22146/jgs.66550

Kua, M. Y., Ngura, E. T., Nafsia, A., & Ngonu, M. R. (2023). Pendampingan Anak Usia Dini Melalui Implementasi Mata Kuliah Tata Rias Dan Koreografi Berbasis Batic (Beauty, Trendy Dan Iconic) Untuk Meningkatkan Aspek Seni Anak. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(2), 252–262. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i2.1653

Lubis, L. H., Nasution, S. F., & Harahap, S. (2022). Pengabdian Deli Sumatera Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembuatan Masker Organik untuk Perawatan Wajah Berbahan Dasar Pengabdian Deli Sumatera Jurnal Pengabdian Masyarakat. Pembuatan Masker Organik Untuk Perawatan Wajah Berbahan Dasar Temulawak Di Desa Telo, Kec. Batangtoru, Tapanuli Selatan Lathipah, I(2), 1–4.

Mikaresti, P., & Mansyur, H. (2022). Pewarisan Budaya Melalui Tari Kreasi Nusantara. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 11(1), 147. https://doi.org/10.24114/gr.v11i1.33333

Mikaresti, P., Meylani, Y., & Perdima, F. E. (2021). Optimalisasi Penyampaian Materi Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Gpo. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1), 48–57. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i1.9482

Mikaresti, P., Yusrizal, Y., & Nurmalia, A. (2023). Motivation and Development of Cosmetology Skills for Female Prisoners of Class II B Bengkulu Detention Center by Utilizing Domestic Production Technology. Surya Abdimas, 7(3), 498–505. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i3.2209

Muanis, A., & Homdijah, O. S. (2023). Penerapan Program Pembelajaran Tata Rias Sehari-Hari Dengan Strategi Project Based Learning Pada Anak Dengan Hambatan Intelektual. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 9(3), 65–76. https://doi.org/10.5281/zenodo.7605234

Nugroho, A. P. (2017). Manajemen Pertunjukan Opening Concert 2016 Studi Kasus di Jurusan Seni Musik FBS UNY. Jurnal Pendidikan Seni Musik, Universitas Negeri Yogyakarta, VI(5), 365–375.

Pradita, T. D., Darmawati, D., & Mansyur, H. (2019). Manajemen Seni Pertunjukan Di Sanggar Puti Limo Jurai Kota Bukittinggi. Jurnal Sendratasik, 8(3), 8. https://doi.org/10.24036/jsu.v7i3.103337

Rahmahwati, C. A., Sami, M., Salmyah, S., & ... (2024). Aplikasi Daun Kelor dan Ampas Kopi sebagai Masker Pembersih Kulit Wajah. Prosiding Seminar …, 7(1), 38–40. https://e-jurnal.pnl.ac.id/semnaspnl/article/view/5152%0Ahttps://e-jurnal.pnl.ac.id/semnaspnl/article/viewFile/5152/3737

Rarasyanti, M. (2022). Edukasi Melalui E-Booklet Tata Rias Karakter Tari Jaranan Turonggo Yakso Kepada Siswa Jurusan Tata Kecantikan Kulit Dan Rambut Di SMKN 1 Pogalan. Jurnal UNESA, 11(1), 146–156.

Riyanti, M. T., Suryani, V., Adisurya, S. I., Wahyuningrum, H., Seni, F., & Trisakti, U. (2023). Peningkatan Keterampilan Make Up Karakter Untuk Tata Rias Panggung Remaja Karang Taruna Cikoko Timur RW 02. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(September), 1429–1436. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/2150/1518

Rodhatul Firdaus, I., & Maspiyah. (2020). Kajian Prosedur Dan Hasil Tata Rias Wajah Panggung Pada Penari Jaran Ngincik Di Sanggar Tari Lamongan. E-Jurnal, 09(2), Hlm.496.

Rofi’ul Fajar , Setya Yuwana, Trisakti, . (2021). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti Manajemen Organisasi Seni Pertunjukan Sanggar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti , Volume 8, Nomor 1 Tahun 2021, 8(5), 114–127.

Santoso, W. T., Haryanto, S., & ... (2023). Implementasi Pengelolaan Kelas Efektif dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Seni Pertunjukan. Didaktika: Jurnal …, 12(4), 881–888. https://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/312

Soeyono, R., Sundari, R. S., Subekti, E. E., Sary, R. M., & Untari, M. F. A. (2011). Pelatihan Tata Rias Dan Busana Pertunjukan Pada Guru Sekolah Dasar Kecamatan Gayamsari Semarang. E-Dimas, 2(1), 87. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v2i1.98

Supriani, S., Rahayu, K., Annastasya, A., Reinita, D. S., Azka, M., & Agustiana, N. (2023). Kajian Pembuatan Masker Wajah Organik dari Tanaman Pegagan (Centella Asiatica). Jurnal Farmasetis, 12(2), 237–244. https://doi.org/10.32583/far.v12i2.1315

Wilujeng, B. Y., Wijaya, N. A., & Dwiyanti, S. (2025). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Rias Wajah Foto Siswa Kecantikan Smkn 1 Pogalan Trenggalek. Jurnal Tata Rias, 14(April).




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.32374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Pamela Mikaresti, Herry Novrianda, Ana Nurmalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: