PROGRAM SOSIALISASI DAN PRAKTIK TIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN LITERASI DIGITAL DAN ETIKA PENGGUNAAN TEKNOLOGI

Muhammad Hablul Barri, Muhammad Al Makky, Fathimah Nur Fikriyah, Oky Fernandes, Ghefira Salma Tsurayya, Ezra Lexionard Walangare

Abstract


Abstrak: Program sosialisasi dan pendampingan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di MTs Taufiqush Shadiqin bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis (hardskill) siswa dalam pengoperasian perangkat TIK sekaligus membangun kesadaran etika digital (softskill) guna mendorong pemanfaatan teknologi secara bijak.mengatasi keterbatasan pembelajaran praktik di sekolah akibat kurangnya perangkat pendukung. Kegiatan ini mencakup sosialisasi, pendampingan praktikum, dan edukasi etika digital dengan melibatkan 35 siswa sebagai mitra utama. Metode yang digunakan meliputi sesi teori, praktik langsung pengoperasian sistem komputer, dan diskusi interaktif tentang penggunaan teknologi secara positif. Evaluasi dilakukan melalui survei tingkat kepuasan peserta menggunakan formulir penilaian online yang terdiri dari 6 kelompok pertanyaan yakni urgensi dari topik yang diusulkan, kesesuaian dengan kebutuhan, tatacara penyampaian materi, evaluasi kelancaran keseluruhan acara, manfaat yang dirasakan setelah kegiatan serta apakah mengingkan untuk diadakan acara tersebut kembali pada waktu yang akan datang. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan, di mana 82,9% siswa menyatakan lebih sadar akan pentingnya penggunaan teknologi yang bijak, 74,3% merasa termotivasi untuk memanfaatkan teknologi secara produktif, dan 77,1% mengalami perubahan positif dalam memanfaatkan teknologi. Program ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap sistem komputer dan kesadaran etika digital, memberikan dampak positif terhadap soft skill dan keterampilan teknis mereka dengan indikasi 100% peserta berhasil mengerjakan post test dengan nilai diatas 85.

Abstract: The socialization and mentoring program for Information and Communication Technology (ICT) learning at MTs Taufiqush Shadiqin aims to to improve students’ technical skills (hard skills) in operating ICT devices while also fostering digital ethics awareness (soft skills) to encourage responsible and wise use of technology.address limited practical learning in schools due to a lack of supporting devices. The activities included socialization, practical workshops, and digital ethics education, engaging 35 students as primary partners. The methods involved theoretical sessions, hands-on computer system operations, and interactive discussions on positive technology use. The evaluation was conducted through a participant satisfaction survey using an online assessment form consisting of six questions group, namely the urgency of the proposed topic, its relevance to participants’ needs, the method of material delivery, an evaluation of the overall event implementation, the perceived benefits after the activity, and whether participants wish for similar activities to be held again in the future.Evaluation was conducted through participant satisfaction surveys using online assessment forms. The results showed significant improvements, with 82.9% of students reporting increased awareness of responsible technology use, 74.3% feeling motivated to utilize technology productively, and 77.1% experiencing positive changes in digital habits. This program successfully enhanced students’ understanding of computer systems and their awareness of digital ethics, providing positive impacts on their soft skills and technical skills, as indicated by 100% of participants achieving post-test scores above 85This program effectively enhanced students' understanding of computer systems and awareness of digital ethics, providing positive impacts on their soft skills and technical competencies..


Keywords


ICT; Positive Technology; Education; Social Media; MTs.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aranta, P. D., Ani, H. N., Salukh, A., & Berlyn Hakim, M. (2025). Pentingnya literasi dan transformasi digital untuk pembelajaran pada SMP Negeri 1 Sarirejo. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(1), 155–164. https://doi.org/10.37905/jrpi.v2i1.30428

Barri, M. H., Alia, F., Novamizanti, L., Purnamasari, R., Akhyar, F., Fahrudin, T., Gunawan, P. H., & Mandala, S. (2023). Aksi Cegah Stunting Melalui Aplikasi Sagita: Status Gizi Balita. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1116-1128. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13231

Barri, M. H., Bandiyah, S. A., Sugiana, A., & Adam, K. B. (2021). Integrasi Modul Energi Surya untuk Membantu Sistem Kelistrikan di Pondok Pesantren Darul Bayan Kecamatan Jatinangor Kabupaten Bandung. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 122–127. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v5i1.1170

Barri, M. H., Rizal, A., Cahyadi, W. A., Hidayat, I., Pramudita, B. A., & Prihatiningrum, N. (2021). Pelatihan E-commerce Bagi Warung Sedekah(Warkah) Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Rumah Tangga. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(1), 83–92. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v4i1.821

Fahira, W. R., Guspita Sari, Y., Putra, B. E., Armi, D., Putri, E., Pendidikan, M., Universitas, E., Yamin, M. M., & Pendidikan, D. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Media Pembelajaran Di Dunia Pendidikan. Bina Gogik, 10(2), 89–98.

Febriani, D. R., Indriyani, I., Fauziyah, A. S., Divania, A. S., & Maulidah, N. (2025). Peran Literasi Digital dalam Pembentukan Etika Sosial di Dunia Maya Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 858–865. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.2962

Firdayanti, A., & Meliyanti, M. (2023). Pengenalan Elemen Komputer Dan Pelatihan Dasar Microsoft Office Pada Siswa Siswi SD MI Sunan Muria Di Desa Cilimus. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 311–316. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i2.6003

Hariyadi, H., & Alimin, A. A. (2024). Efektivitas Program Gerakan Literasi Digital Sekolah Di SMP Negeri 5 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 88–93.

Hendriani, A., Rakhmat Riyadi, A., Syaripudin, T., Christina Br Ginting, L., Arasy Magistra, A., Rasyid Hermawan, F., & Dwidianti Hurharisma, K. (2025). Memahami siswa SD menggunakan aplikasi Windows: Implementasi Developmentally Appropriate Practice untuk pembelajaran yang “berpihak kepada murid.” Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (JPKM), 2(1), 1–11. https://doi.org/10.37905/jrpi.v2i1.30428

Kartika, A. W., Kharismahaq, G., Prabowo, M. A. S., Laksana, A. J., Ayu, R. A. M., & Hazrati, F. (2024). Digitalisasi Teknologi Dalam Meningkatkan Potensi Pembangunan Dan Umkm Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 4952–4604. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26047

Matili, D. (2022). Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Melalui Metode Simulasi Di Kelas IV SDN No.84 Kota Tengah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 249–256. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.249-256.2022

Mualif, A., Putri Musdansi, D., Akbar, H., Mailani, I., Rahayu Ningsih, J., Yuhelman, N., Murwindra, R., Kimia Universitas Islam Kuantan Singingi, P., & Agama Islam Universitas Islam Kuantan Singingi, P. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Dan Sumber Belajar Bagi Anak. 3(1), 74–79.

Muhibuddin. (2023). Pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan mutu dakwah. Jurnal An Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 10(1), 48–62. https://doi.org/10.54621/jn.v10i1.605

Muhtadi, M. A., Amertawengrum, I. P., & Sinta, M. P. (2023). Peran Kurikulum Pendidikan dalam Meningkatkan Literasi Informasi dan Kritis Pada Era Digital di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 01(10), 622–631.

Nurlaily, D., Sari, S. P., Silfiani, M., Ahmad Rama, L., Falakha, H. S., Sembiring, B., & Iqbal, M. (2024). Pelatihan dasar teknologi bagi siswa sekolah dasar untuk meningkatkan kompetensi siswa. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 8(5), 5004–5011. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26453

Prarikeslan, W., Mariya, S., Nora, D., Lovani, D., & Pratama, V. A. (2024). Pemberdayaan Pokdarwis Dalam Peningkatan Pengembangan Pariwisata Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Berbasis Webgis Tourism. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(6), 5715. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i6.26852

Putri, N. M. A. K., & Suniasih, N. W. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Powerpoint Interaktif Berbasis Kontekstual pada Muatan IPA Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 233–243. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.45854

Sari, T. A., Hasim, W., & Mulyanto, T. (2025). Analisis Hambatan Belajar Siswa Terhadap Fasilitas Sekolah di SD Negeri Campur Asri. Alacrity : Journal Of Education, 5(1), 507–515.

Sartika, A. R., Lubis, E., Lisdayanti, S., & Yudha, R. K. (2022). Pelatihan Aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel dan Power Point Pada siswa-siswi di SMPN 4 Kutacane. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5), 712–721. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i5.249

Sembiring, T. B., Riansyah, A., Rassyid, R. I. A., Wahyuni, I., Khairinnisya, D., & Riansyah, R. (2024). Dampak Negatif Teknologi Terhadap Lingkungan Remaja. IRJE: Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 2783–2785.

Septiawan, Y., Alkodri, A. A., Safitri, L., & Amanda, R. (2024). Pelatihan dasar teknologi bagi siswa sekolah dasar untuk meningkatkan kompetensi siswa. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 8(5), 5004–5011. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26453

Syaharuddin. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa. Jurnal Masyarakat Mandiri, 1, 60–67.

Utami, N. W., & Astawa, N. L. P. N. (2020). Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer Dan Teknologi Informasi Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Sd Negeri 2 Tibubeneng. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS), 4(1), 2685–5968. http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/PAMAS




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.32848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Hablul Barri, Muhammad Al Makky, Fathimah Nur Fikriyah, Oky Fernandes, Ghefira Salma Tsurayya, Ezra Lexionard Walangare

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: