FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN LITERASI DIGITAL SISWA: SEBUAH PENDEKATAN KUALITATIF

Zihan Zilfina, Dian Hidayati, Muhammad Zuhaery

Abstract


Abstrak: Pemahaman literasi digital siswa menjadi kunci untuk keberhasilan akademis dan keterlibatan dalam masyarakat yang semakin terhubung dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman literasi digital siswa dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur dan observasi untuk menggali bagaimana siswa menggunakan media digital dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki pemahaman dasar yang cukup baik dalam akses informasi dan penggunaan alat digital untuk belajar, seperti penggunaan mesin pencari Google dan platform video YouTube. Namun, penggunaan media sosial lebih dominan untuk hiburan dan mengikuti tren, bukan untuk tujuan edukatif. Meskipun siswa memliki kesadaran mengenai pentingnya keamanan akun digital, mereka kurang memperhatikan risiko privasi digital. Hal ini ditunjukkan seperti berbagi informasi pribadi di media sosial. Hasil menunjukkan 70% siswa mengakui sering membagikan aktivitas pribadi mereka tanpa mempertimbangkan risiko kebocoran data. Faktor yang mempengaruhi literasi digital meliputi akses teknologi yang memadai, determinasi diri, dan dukungan dari keluarga serta sekolah. Penelitian ini mengungkap bahwa meskipun siswa terbiasa menggunakan teknologi, keterampilan berpikir kritis dan evaluasi informasi mereka belum berkembang secara optimal. Temuan ini menunjukkan pentingnya integrasi literasi digital dalam kurikulum yang lebih komprehensif, yang tidak hanya berfokus pada keterampilan teknis, tetapi juga pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, etika digital, dan perlindungan privasi.

Abstract: A students' understanding of digital literacy is crucial for academic success and engagement in an increasingly connected society. This study aims to analyze the factors influencing students' understanding of digital literacy using a qualitative approach. Data collection was conducted through semi-structured interviews and observations to explore how students use digital media in learning. The results show that students have a good basic understanding of accessing information and using digital tools for learning, such as using search engines like Google and video platforms like YouTube. However, social media usage is more dominant for entertainment and following trends, rather than for educational purposes. Although students are aware of the importance of account security, they tend to overlook digital privacy risks, as demonstrated by their sharing of personal information on social media. The results indicate that 70% of students admit to frequently sharing personal activities without considering the risk of data breaches. Factors influencing digital literacy include access to adequate technology, self-determination, and support from family and school. This study reveals that, although students are accustomed to using technology, their critical thinking skills and ability to evaluate information have not fully developed. These findings highlight the importance of integrating digital literacy into a more comprehensive curriculum, which not only focuses on technical skills but also on developing critical thinking, digital ethics, and privacy protection.


Keywords


Digital Literacy; Student Competencies; Technology; Learning Methods.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abdillah, Andi Muh Akbar Saputra, & Farman, I. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa Dalam Pembelajaran Hybrid di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pekommas, 8(2), 181–190. https://doi.org/10.56873/jpkm.v8i2.5111

Alkalai, Y. (2004). Digital Literacy: A Conceptual Framework for Survival Skills in the Digital era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13(1), 93–106.

Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, & Ibrahim Arifin. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 32–37. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431

Bidadari, A. F., Ninghardjanti, P., & Susilowati, T. (2024). Pengaruh intensitas penggunaan media online dan determinasi diri terhadap literasi digital mahasiswa. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 8(2), 165. https://doi.org/10.20961/jikap.v8i2.77881

Budiyanto, D., & Mabruri, M. (2025). Pentingnya Keamanan Siber dalam Era Digital: Tinjauan Global dan Kondisi di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Seri III Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Terbuka, 2(1), 981–994.

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2024). Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723. https://jptam.org/index.php/jptam/index

Husaeni, A. S., Hidayat, R., & Khadijah, I. (2023). Peran Literasi Digital terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8913–8918. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2697

Jelita, D., Zahra, K., Hariyanti, D., & Sucilia, A. (2025). Analisis Literasi Digital Siswa Di Mts Pancasila Kota Bengkulu Dalam Mengakses Sumber Belajar. JIPI: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(1), 67–74.

Karagul, B. I., Seker, M., & Aykut, C. (2021). Investigating students’ digital literacy levels during online education due to covid-19 pandemic. Sustainability (Switzerland), 13(21), 1–11. https://doi.org/10.3390/su132111878

Law, N., Woo, D., Torre, J. de la, & Wong, G. (2018). A Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4.2. UNESCO Institute for Statistics. https://doi.org/10.1145/3577014

Mulyono, P., & Haryati, T. (2023). Konsep dan Penerapan Fungsi Menajemen Pendidikan. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 4(1), 82–91.

Nopriadi Nopriadi. (2024). Menjaga Privasi Digital: Studi Tentang Kesadaran Mahasiswa dalam Perlindungan Data Pribadi di Media Sosial. Polygon : Jurnal Ilmu Komputer Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(6), 87–97. https://doi.org/10.62383/polygon.v2i6.297

Paccoud, I., Baumann, M., Le Bihan, E., Pétré, B., Breinbauer, M., Böhme, P., Chauvel, L., & Leist, A. K. (2021). Socioeconomic and behavioural factors associated with access to and use of Personal Health Records. BMC Medical Informatics and Decision Making, 21(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12911-020-01383-9

Purba, A. Z., & Ain, S. Q. (2024). Peran Guru dalam Mengenalkan Literasi Digital Pada Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001), 1–10.

Rini, R., Suryadinata, N., & Efendi, U. (2022). Literasi digital mahasiswa dan faktor-faktor yang berpengaruh. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(2), 171–179. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i2.48774

Rosalina, D., Yuliari, K., Setianingsih, D., & Zati, M. R. (2021). Faktor – Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0. EKONIKA Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 6(2), 294. https://doi.org/10.30737/ekonika.v6i2.1996

Rui, Y., & Attan, S. A. (2024). Factors influencing digital literacy among university students in Beijing, China. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 11(8), 239–250.

Shafa Salsabila, & Sidi Ahyar Wiraguna. (2025). Pertanggungjawaban Hukum atas Pelanggaran Data Pribadi dalam Perspektif Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi Indonesia. Konsensus : Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum Dan Ilmu Komunikasi, 2(2), 145–157. https://doi.org/10.62383/konsensus.v2i2.736

Supriatna, E., Ahman, E., Rahayu, S., Randini Fitri, D., Pamulang, U., & Selatan, T. (2025). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi IPS SMA Negeri 4 Kota Sukabumi. Research and Development Journal Of Education, 11(1), 444–454. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28797

Zakaria, A. R. (2023). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Dengan Kecerdasan Emosional Sebagai Variabel Mediasi Mahasiswa. EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 4(1), 88–95. https://doi.org/10.24127/edunomia.v4i1.4878




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.33592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Zihan Zilfina, Dian Hidayati, Muhammad Zuhaery

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: