EDUKASI LITERASI KEUANGAN BAGI GENERASI Z DENGAN STRATEGI GAMIFIKASI

Andreani Caroline Barus, Syafira Ulya Firza, Agustina Agustina, Fandi Halim, Abdul Aziz, Mie Mie

Abstract


Abstrak: Literasi keuangan penting untuk kesejahteraan, namun Generasi Z cenderung konsumtif meski melek internet. Oleh karena itu, edukasi literasi keuangan krusial bagi Generasi Z agar dapat mengelola keuangan secara optimal dan stabil. Untuk mengatasi masalah ini, tim pengabdian masyarakat menyelenggarakan edukasi literasi keuangan bagi 37 siswa/i jurusan Akuntansi dan Manajemen Perkantoran di SMK Multi Karya Medan. Program ini bertujuan meningkatkan pemahaman mereka tentang pengelolaan keuangan. Metode yang digunakan adalah kombinasi pemaparan materi interaktif dan simulasi permainan edukatif "Jacks Milyarder". Evaluasi dilakukan menggunakan kuesioner pre-test dan post-test yang masing-masing berjumlah 8 pertanyaan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, dengan rata-rata skor meningkat 27,36% dari 61,15% pada pre-test menjadi 88,51% pada post-test. Ini membuktikan efektivitas pendekatan gamifikasi dalam meningkatkan literasi keuangan Generasi Z.

Abstract: Financial literacy is crucial for well-being, but Generation Z tends to be consumerist despite their internet literacy. Therefore, financial literacy education is vital for Generation Z to manage their finances optimally and stably. To address this issue, community service team held a financial literacy education for 37 students majoring in Accounting and Office Management at SMK Multi Karya Medan. This program aimed to improve their understanding of financial management. The method used was a combination of interactive material presentation and educational game simulation " Jacks Milyarder ". Evaluation was conducted using pre-test and post-test questionnaires. The results showed a significant increase in participants' understanding, with the average score increasing 27.36% from 61.15% in the pre-test to 88.51% in the post-test. This proves the effectiveness of the gamification approach in improving Generation Z's financial literacy.


Keywords


Financial Literacy; Jacks Milyarder; Generation Z.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Agnoli, L., Le Fur, E., & Outreville, J.-F. (2025). Financial literacy and investment in wine: a two-country study on Generations Y and Z. Managerial Finance, 1–20. https://doi.org/10.1108/MF-12-2024-0919

Anggarini, D. R., Putri, A. D., & Lina, L. F. (2021). Literasi Keuangan untuk Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 147–152. https://doi.org/10.54082/jamsi.42

APJII. (2024). Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024. https://survei.apjii.or.id/

Azizah, N. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup pada Perilaku Keuangan pada Generasi Milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 92–101.

Barus, A. C., Firza, S. U., Agustina, Situmorang, I. M., & Halim, F. (2025). Preparing Young Minds for Financial Success: Capital Market Literacy at SMA Negeri 1 Medan. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), 785–792. https://doi.org/10.35568/abdimas.v8i2.6141

Barus, A. C., Firza, S. U., Aziz, A., Agustina, A., & Halim, F. (2025). Edukasi Perencanaan Keuangan Berbasis Gamifikasi Pada Siswa Madrasah Aliyah. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 265–272. https://doi.org/10.24036/abdi.v7i1.1030

Ginting, L. T. br., Firza, S. U., Harahap, T. A., Situmorang, I. M., & Christine. (2024). Penyuluhan Kecerdasan Financial dalam Berinvestasi melalui Permainan Stocklab pada SMK Maju Besitang. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(11), 4577–4584. https://doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4577-4584

Hendratni, T. W., Astuti, S. B., & Ateniyanti, A. (2023). Sosialisasi Literasi Keuangan Melalui Edukasi Menabung Sejak Dini Sebagai Wujud Perencanaan Finansial di Bogor, Jawa Barat. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 151–158. https://doi.org/10.36407/berdaya.v5i2.1047

Kusumahadi, T. A., Utami, N., & Sitanggang, M. L. (2024). Edukasi Literasi Keuangan, Pengenalan Investasi, dan Teknologi Finansial pada Generasi Muda. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1470–1480.

Lisana, L., Dinata, H., & Valencia Tanudjaja, G. (2025). Playing to learn: Game-based approach to financial literacy for generation Z. Entertainment Computing, 52, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.entcom.2024.100896

Muthia, F., Novriansa, A., & Aryanto, A. (2023). Peningkatan Literasi Keuangan pada Siswa SMA Melalui Edukasi Keuangan. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(3), 778–784. https://doi.org/10.29407/ja.v7i3.18087

Nasution, L. N., Nasution, D. P., & Novalina, A. (2022). Edukasi Literasi Keuangan Digital pada Siswa SMAN 7 Medan. JPM Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(9), 1821–1828.

Ningtyas, M. N. (2019). Literasi Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 20–27. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.111

OJK, & BPS. (2024). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Tahun 2024.

Perkasa, D. H., Purwanto, S., Ariani, M., Vitriani, N., & Parashakti, R. D. (2024). Literasi Keuangan Untuk Siswa SMKN 16 Jakarta Pusat. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 109–116. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i1.3696

Safrina, D. P., Amanah, K., Rachmawati, I. R., Sholihah, R. A., & Adinugraha, H. H. (2023). Edukasi Literasi Keuangan di SMK Gondang Wonopringgo. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 137–143.

Sconti, A., Caserta, M., & Ferrante, L. (2024). Gen Z and financial education: Evidence from a randomized control trial in the South of Italy. Journal of Behavioral and Experimental Economics, 112, 1–13. https://doi.org/10.1016/j.socec.2024.102256

Subagiyo, M., Suni, U. M., Gunawan, A., Solihah, R. A., & Nugraha, H. H. A. (2024). Menanamkan Konsep Pengelolaan Keuangan Bijak untuk Generasi Muda melalui Literasi Keuangan. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 600–605. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare

Yossinomita, R, M., Saputra, M. H., Hassandi, I., Rahman, A. A., Yonatan, T. A., & Yamir, S. N. (2024). Edukasi Literasi Keuangan pada Siswa dan Siswi SMAN. 12 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA (JPMU), 3(1), 40–50. https://doi.org/10.33998/jpmu.v3i1

Yuesti, A., Rustiarini, N. W., & Suryandari, N. N. A. (2020). Financial Literacy in the Covid-19 Pandemic: Pressure Conditions in Indonesia. Entrepreneurship and Sustainability Issues, 8(1), 884–898. https://doi.org/10.9770/jesi.2020.8.1(59)

Zikri, K., Dewi, H., Hidayat, W. N., & Devi, E. K. (2024). Edukasi literasi Keuangan Syariah Siswa/siswi Madrasah Aliyah di Tanjung Jabung Timur. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.32877/nr.v4i1.1707




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.33655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Andreani Caroline Barus, Syafira Ulya Firza, Agustina, Fandi Halim, Abdul Aziz, Mie Mie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: