PELATIHAN KOMUNIKASI SISWA DUTA ANTI KEKERASAN DALAM MENCEGAH KEKERASAN DI SEKOLAH DASAR BANJARBARU
Abstract
Abstrak: Kekerasan di lingkungan sekolah masih menjadi persoalan serius yang memerlukan perhatian berbagai pihak, termasuk melalui pendekatan komunikasi edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan dampak pelatihan komunikasi bagi siswa yang ditunjuk sebagai Duta Anti Kekerasan di Sekolah Dasar Banjarbaru sehingga dapat meminimalkan atau mencegah kekerasan di Sekolah Dasar Banjarbaru. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara sosialisasi secara langsung kepada siswa di Sekolah Dasar Banjarbaru. Pelatihan difokuskan pada peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal, komunikasi persuasif, serta keterampilan menyampaikan pesan anti kekerasan secara efektif di lingkungan sekolah. Materi sosialisasi disampaikan melalui pendekatan partisipatif yang meliputi pelatihan komunikasi, diskusi kelompok, simulasi peran, dan pembahasan studi kasus yang relevan dengan pengalaman nyata siswa di lingkungan sekolah. Kegiatan ini berlangsung di area terbuka sekolah dasar di Banjarbaru, melibatkan puluhan siswa kelas IV, V, dan VI yang telah dipilih menjadi Duta Kekerasan oleh pihak sekolah. Hasil Evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa, memperkuat peran mereka sebagai agen perubahan, serta mendorong terciptanya budaya sekolah yang lebih aman dan suportif. Kesimpulannya, pelatihan komunikasi berperan penting dalam memberdayakan siswa sebagai pelopor pencegahan kekerasan di tingkat sekolah dasar.
Abstract: Violence in schools remains a serious issue that requires attention from various parties, including through an educational communication approach. This study aims to describe the implementation and impact of communication training for students appointed as Anti-Violence Ambassadors at Banjarbaru Elementary Schools, thereby minimizing or preventing violence in Banjarbaru Elementary Schools. This activity was carried out through direct outreach to students at Banjarbaru Elementary Schools. The training focused on improving interpersonal communication skills, persuasive communication skills, and skills in effectively conveying anti-violence messages in the school environment. The outreach material was delivered through a participatory approach that included communication training, group discussions, role-playing simulations, and case studies relevant to students' real-life experiences in the school environment. This activity took place in an open area of an elementary school in Banjarbaru, involving dozens of fourth, fifth, and sixth-grade students who had been selected as Violence Ambassadors by the school. Evaluation results showed that this training was able to increase students' self-confidence, strengthen their role as agents of change, and encourage the creation of a safer and more supportive school culture. In conclusion, communication training plays a crucial role in empowering students as pioneers in preventing violence in elementary schools.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Aini, K., & Yati, M. (2019). Upaya Pencegahan Bullying Melalui Pelatihan Komunikasi Asertif pada Kelompok Siswa di SMP Muhhamdiyah 8 Semarang. Jurnal Implementasi Pengabdian Masyarakat Kesehatan (JIPMK), 1(1).
Amin, M., & Aulyah, J. (2025). Strategi Guru dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Melalui Pendekatan Proyek di Sekolah Dasar. JADIKA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 35–43.
Faustyna, F. (2024). Pelatihan Komunikasi Pemasaran Produk Kuliner Secara Digital Pasca Pandemi Covid-19 untuk Destinasi Wisata Bahari Masyarakat Lokal Desa Jaring Halus Sicanggang Deliserdang. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 58–67.
Fitri, N. L., Usiono, U., Adha, C., Izzatunnisa, I., & Nasution, S. F. (2023). Pentingnya penerapan komunikasi efektif dalam konteks pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5241–5251.
Jayanti, R. D., Keb, S., Anis, W., & Keb, S. (2021). Simulasi dalam Pendidikan Kebidanan. Airlangga University Press.
Jufri, A. P., Asri, W. K., Mannahali, M., & Vidya, A. (2023). Strategi pembelajaran: Menggali potensi belajar melalui model, pendekatan, dan metode yang efektif. Ananta Vidya.
Kakunsi, N. M. A., Imran, S. Y., & Kaluku, J. A. (2024). Melindungi Generasi Mengungkap Kekerasan Terhadap Anak Di Lingkungan Pendidikan Dan Solusi Holistiknya. SINERGI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(12), 1201–1213.
Larozza, Z. (2023). Strategi guru dalam mengatasi perilaku perundungan (bullying) melalui pendidikan karakter. Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Olii, S., Jamin, N. S., & Hardiyanti, W. E. (2023). Perspektif Orang Tua Pada Kekerasan Verbal Anak Usia Dini. Student Journal of Early Childhood Education, 3(2), 193–208.
Ramadhana, M. R., & Sudrajat, R. H. (2020). Pelatihan Komunikasi Efektif dalam meningkatkan Pelayanan Prima di Instansi Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 693–700.
Ratnasari, D., Sari, Y., & Ulia, N. (2025). Eksplorasi Pengalaman Mahasiswa Dalam Pembelajaran Sosial Emosional Melalui Metode Role Play. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(01), 181–192.
Safira, D., Larasati, P. D., & Majarosa, A. (2025). Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Pancasila Melalui Metode Pembelajaran Aktif Di SDN Sumanda. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(5), 10709–10714.
Sanisah, S., Rejeki, S., Fauzan, F., Sirajuddin, S., Rochayati, N., Bilal, A. I., Azali, L., Hayati, R., Mardiana, A., & Sar’i, M. (2025). Sosialisasi Kebijakan Tentang Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Di Lingkungan Sekolah. Journal of Community Empowerment, 4(1), 274–284.
Sofia, L., Indah, M. S., Sabila, A., & Mulyanto, S. A. D. (2020). Pelatihan komunikasi interpersonal untuk komunikasi efektif. Jurnal Plakat, 2(1), 72–80.
Wardani, D. S. K. (2012). Pengaruh Pelatihan Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 1(2), 17–21.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.33854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Risa Dwi Ayuni, Muzahid Akbar Hayat, Lieta Dwi Novianti, Rizki Apriliyanti, Siti Jalilatul Karimah, Syahjehan Rahmaningsih, M. Rezky Hestiaffin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: