EDUKASI GREEN ECONOMY DAN KEWIRAUSAHAAN HIJAU BAGI SISWA SMAK SINT CAROLUS PENFUI KUPANG

Maria Imakulata Pongge, Adrianus Ketmoen, M. E. Perseveranda, Salomon Leki, Marius Masri, Emiliana Martuti Lawalu, Agnes Susanti Indrawati, Adelheid Elisabet Loda, Maksimilianus Jati Gamatara, Kristina Wada Betu, Mariano Firmansyah, David Manafe

Abstract


Abstrak: Perubahan iklim dan meningkatnya pencemaran lingkungan menuntut adanya pendidikan green economy dan kewirausahaan hijau untuk membentuk generasi yang peduli keberlanjutan. SMA Katolik Sint Carolus Penfui Kupang menghadapi tantangan rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep tersebut, yang belum terintegrasi secara optimal dalam kurikulum. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam pengelolaan sumber daya berkelanjutan serta pengembangan ide usaha ramah lingkungan. Kegiatan dilaksanakan melalui sosialisasi, edukasi, dan diskusi interaktif, melibatkan 4 guru dan 40 siswa sebagai peserta. Evaluasi dilakukan melalui observasi, pre-test, post-test, dan wawancara. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa hingga 80% tentang konsep green economy dan kewirausahaan hijau, serta keterlibatan aktif dalam diskusi. Program ini tidak hanya meningkatkan kesadaran lingkungan, tetapi juga membangun karakter, kreativitas, dan potensi kewirausahaan siswa untuk mendukung ekonomi lokal berkelanjutan. Guru dan pihak sekolah menilai kegiatan ini relevan dengan pendidikan karakter masa kini dan berpotensi menjadi langkah awal integrasi tema keberlanjutan ke dalam pembelajaran sekolah.

Abstract: Climate change and increasing environmental pollution demand the integration of green economy and green entrepreneurship education to shape a generation that is committed to sustainability. SMA Katolik Sint Carolus Penfui Kupang faces the challenge of low student understanding of these concepts, which have not yet been optimally integrated into the curriculum. This community service program aims to enhance students’ knowledge and skills in sustainable resource management and the development of environmentally friendly business ideas. The activities were conducted through socialization, education, and interactive discussions, involving 4 teachers and 40 students as participants. Evaluation was carried out through observation, pre-tests, post-tests, and interviews. The results showed an improvement of up to 80% in students’ understanding of green economy and green entrepreneurship concepts, along with active engagement in discussions. The program not only raised environmental awareness but also fostered character building, creativity, and entrepreneurial potential to support a sustainable local economy. Teachers and school representatives assessed the program as relevant to current character education challenges and a potential starting point for integrating sustainability themes into the school curriculum.


Keywords


Green Economy; Green Entrepreneurship; Sustainable Development; High School Students.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Alwasi, F. T., Fadhilah, E. A., Nurohmah, W., & Rustini, T. (2023). Green Education Di Sekolah Dasar Dalam Upaya Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Menuju Green Economy. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(05), 3201–3215.

Ardianingsih, A., & Meliana, F. (2021). Edukasi Ekonomi Hijau Dalam Menumbuhkan Semangat “Green Entrepreneurship". PENA ABDIMAS: Jurnal Pengabdian, 2(Edisi Khusus Dies Natalis Unikal Ke-40), 1–7.

Cahyaningsih, Saraswati, R. S., & Wijiutami, S. S. (2025). Peran bank sampah dalam mewujudkan ekonomi sirkular di pondok pesantren modern. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(2), 1444–1454. https://doi.org/: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i2.29060

Fitrah, M. A., Elvira, V. F., Rachmawati, A., Ningsih, R., Sedionoto, B., & Badrah, S. (2025). Ecobrick sebagai solusi dalam minimasi limbah padat di kawasan wisata pesisir kabupaten berau. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(2), 1902–1914.

Handoko, L. T., & Widyasanti, A. A. (2023). Praktik Ekonomi Hijau di Indonesia (S. Seftiani (ed.)). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Has, D. H., Marpaung, S. S. M., & Sari, R. (2024). Socialization about character education that cares for the environment among students at Hosana Private High School, Medan. Dinamisia: Jurnal Pengabdian …, 8(1).

Hendratni, T. W., Azizah, W., Astuti, S. B., Rizal, N., Irawan, I. A., Wahyoeni, S. I., Wahyudi, A., Trirahayu, D., Suyatna, A. R., & Azzahrah, F. (2024). Membangun Kesadaran Green Entrepreneur pada Siswa/I SMA Sejahtera 1 Depok. Communnity Development Journal, 5(1), 820–829.

Imran, A. F., Sumarwadji, H., Idham, A. Z., & Rustan, D. R. H. P. (2024). Pengenalan Materi Ekonomi Berwawasan Lingkungan sebagai Fondasi dalam Mewujudkan ESD (Education for Sustainable Development) di SMAN 10 Makassar. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(9), 1244–1254. https://doi.org/10.59837/qy4pkc17

Ismail, K., Rohmah, M., Rahmadani, R., Sari, N. L., & Azmiyati, A. (2024). Analisis Program Adiwiyata Pada Implementasi Pembelajaran Green Economy dalam Menumbuhkan Karakter Ecologycal Literacy OKU Timur. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 8(2), 207–227. https://doi.org/10.31851/neraca.v8i2.16755

Kristianto, A. (2020). Pendampingan dan Pelatihan Pengelolaan Limbah Organik Menjadi Produk Bernilai Ekonomi di SMA Negeri 1 Bengkayang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 190–197. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.8093

Kurniawan, L., Mahardini, S., Hidayat, M., Syahdina, A., & Hendari, H. (2024). Green Education Untuk Mengembangkan Karakter Entrepreneurship Siswa / i Lembaga Bimbingan Belajar Pelajar D ’ King Study. Journal Human Resource 247: ABDIMAS, 2(2), 1–9.

Lestari, B. B., Nugraheni, N., & Husain, F. (2024). Penerapan Edukasi SDGS di Lingkungan Sekolah Guna Mendukung Terwujudnya Kesejahteraan Pendidikan. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(10), 67–72.

Perseveranda, M. E., Lawalu, E. M., Indrawati, A. S., Pongge, M. I., Ketmoen, A., Masri, M., Tje, E., Dima, Y., & Leki, S. (2024). Pengelolaan pendapatan dan belanja rumah tangga pemulung. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 5(2), 1786–1793. https://doi.org/10.46306/jabb.v5i2.1399

Rahman Tsani, R., Maulani, S. F., Handayani, M., Nirmala, I., Sari, P., Zuhariyah, D., Nabila, A., Rachman, L., & Soebhi, B. (2023). Penguatan Ekonomi Sirkular Dan Penciptaan Ecopreneurship Sebagai Penanganan Limbah Minyak Goreng Bekas Di Sma / Smk Kota Serang. Prosiding Konferensi Seminar Umum Pengabdian Masyarakat, 1(1), 222–234.

Supendi, A., Hadianto, H., Meigawati, D., Wahyuni, Y. S., Sunarto, A. A., Lelah, L., Ginalita, R. E., & Milla, A. N. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pengelolaan Lingkungan Di Hulu DAS Cicatih Melalui Program Sekolah Berbudaya Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 1. https://doi.org/10.61142/psnpm.v1.101

Uri, F., Zakan, K. A., Fallo, A., Ketmoen, A., Lejap, H. H. T., & Langoday, T. O. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Ruang Terbuka dengan Menanam Pohon di Kelurahan Maubeli. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 134–138.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Maria Imakulata Pongge, Adrianus Ketmoen, M. E. Perseveranda, Salomon Leki, Marius Masri, Emiliana Martuti Lawalu, Agnes Susanti Indrawati, Adelheid Elisabet Loda, Maksimilianus Paulus Jati Gamatara, Kristina Wada Betu, Mariano Firmansyah, David Manafe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: