PENGUATAN LITERASI DIGITAL MASYARAKAT DALAM MENDUKUNG BRANDING DAN PEMASARAN DESA WISATA BANYUBIRU
Abstract
Abstrak: Desa Banyubiru kaya akan potensi wisata alam dan budaya, namun pemasaran secara digital belum optimal karena literasi digital masyarakat masih rendah. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kapasitas literasi digital guna mendukunng branding dan pemasaran desa wisata. Metode yang digunakan antara lain: sosialisasi, Focus Discussion Group (FGD), wawancara mendalam, workshop, serta pelatihan literasi digital melibatkan 25 peserta. Peserta pelatihan terdiri atas perangkat desa, karang taruna, pelaku UMKM, dan calon Pokdawis. Evaluasi dilakukan melalui observasi dan wawancara tindak lanjut mengenai kemampuan peserta dalam mengelola media digital. Hasil kegiatan menunjukkan peningkaran hardskill masyarakat sebesar 60% dalam aspek teknis digital, seperti pengelolaan akun media sosial, fotografi sedehana, penandaaan lokasi di Google Maps, dan pembuatan konten promsi wisata.
Abstract: Banyubiru Village is rich in natural and cultural tourism potential, but its digital marketing is not optimal due to the low digital literacy of the community. This community service activity aims to increase digital literacy capacity to support the branding and marketing of the tourism village. The methods used include: socialization, Focus Group Discussions (FGDs), in-depth interviews, workshops, and digital literacy training involving 25 participants. Training participants included village officials, youth organizations, MSMEs, and prospective Pokdawi. Evaluation was done through observation and follow-up interviews regarding the participants' abilities in managing digital media. The activity results showed a 60% increase in community hard skills in digital technical aspects, such as managing social media accounts, simple photography, tagging locations on Google Maps, and creating promotional tourism content.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Afriza, L., Darmawan, H., Riyanti, A., Tinggi, S., Pariwisata, I. E., & Bandung, P. (2020). Pengelolaan Desa Wisata Di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 5(3), 2020.
Alim, S., Nugroho, A. B., & Lestari, N. D. (2025). Penguatan Pariwisata Berbasis Komunitas melalui Literasi Digital dan Kolaborasi Multipihak di Desa Sukolilo , Malang Strengthening Community-Based Tourism through Digital Literacy and Multi-Stakeholder Collaboration in Sukolilo Village, Malang lanskap in. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(3), 585–595.
Andoni, Y., Darmawan, A., Narny, Y., Ilmu, F., Universitas, B., & Manis, L. (2025). Digital Untuk Pengembangan Wisata Jorong Kuok Kabupaten Agam. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 8(2), 203–215.
Aolia, J., Yanti, S. D. N., Agustina, A., Ariani, Z., Fitri Hidayanti, N., & Nur’aini. (2024). Seminar Nasional Paedagoria Trasformasi Digital dalam Industri Pariwisata: Tantangan dan Peluang. Trasformasi Digital Dalam Industri Pariwisata: Tantangan Dan Peluang, 4, 597–611.
Ardan, T. S., Akbar, B. A., & Destriani, M. (2024). Pelatihan Digital Marketing dalam Rangka Meningkatkan Informasi Artikel Abstrak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(2), 1744–1749.
Budhi Pamungkas Gautama, Yuliawati, A. K., Nurhayati, N. S., Fitriyani, E., & Pratiwi, I. I. (2020). Pengembangan Desa Wisata Melalui Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 355–369. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.414
Darubekti, N., Hanum, S. H., Suryaningsih, P. E., & Waryenti, D. (2022). Increasing the Digital Literacy among Tourism Awareness Groups for Sustainable Tourism Village Development. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(2), 158–168. https://doi.org/10.25170/mitra.v6i2.3552
Dinas Kepemudaan, O. D. P., & Provinsi Jawa Tengah. (2023). Roadmap Pengembangan Desa Wisata Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023 (Vol. 17).
Dontes Putra, Rozalinda, R., & Meirison, M. (2024). Peran Pengembangan Desa Wisata dalam Upaya Peningkatan Keberlangsungan Ekonomi kreatif Masyarakat di Kabupaten Kerinci. Al-Mutsla, 6(2), 388–413. https://doi.org/10.46870/jstain.v6i2.1092
Fadilla, H. (2024). Pengembangan Sektor Pariwisata untuk Meningkatkan Pendapatan Daerah di Indonesia. Benefit: Journal of Bussiness, Economics, and Finance, 2(1), 36–43. https://doi.org/10.37985/benefit.v2i1.375
Farhan, M., & Wardani, P. A. (2022). The Role of Institutional Entrepreneur in Realizing Sustainable TourismDevelopment in Kelor Tourism Village. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(Tourism Village, Tourism Awareness Group, Sustainable Tourism, Institutional Entrepreneurship), 1056–1066.
Gantina, D., Lintangkawuryan, Y., Setiawan, C., Pemberdayaan, J., Baihaqi, A. M., & Iqbal Hanafi, M. (2025). Peningkatan Kapasitas Promosi Digital dan Layanan Wisatawan melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 7(1), 2025.
Harliani, R. K., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Menantang Tren: Mendekati Krisis Literasi Digital di Era Informasi. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 2(1), 614–617. https://doi.org/10.57235/jleb.v2i1.1948
Hasibuan, I. M., Mutthaqin, S., Erianto, R., & Harahap, I. (2023). Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian Nasional. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(2), 1200–1217.
Heliawati, C., & Munawaroh. (2025). Peran Teknologi Digital dalam Pengembangan Pariwisata Budaya dan Religi di Banten. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 398–403.
Ichsan, R. N., Laratmase, P., Novedliani, R., Utami, E. Y., & Mahmudin, T. (2024). Digitalisasi Destinasi Sebagai Strategi Pengembangan Promosi Pariwisata Di Indonesia. Edunomika, 08(February), 4–6.
Indriana, D. (2022). Tourism And Economic Growth: Evidence From Asean Countries. Journal of Indonesian Applied Economics, 10(Tourism, Economic growth, Panel ARDL, ASEAN.), 100–131.
Jariah, A. (2021). Implementasi Literasi Digital Dalam Peningkatan Daya Tarik Wisata Di Era New Normal Kota Palangka Raya. Jurnal Hadratul Madaniyah, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.33084/jhm.v8i1.2441
Jayanthi, R., & Dinaseviani, A. (2022). The Digital Gap and Solutions Implemented in Indonesia during the COVID-19 Pandemic. Jurnal IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 24(2), 187–200.
Juliana, J., Sihombing, S. O., Pramono, R., Lemy, D. M., & Djakasaputra, A. (2025). Strategi Branding Dan Pemasaran Untuk Desa Wisata Sawarna. Sinergitas PkM Dan CSR, 9(1).
Kadhim, M. J. (2024). Digital Literacy and Its Importance in Modern Education. International Journal of Social Trends, 2(1), 44–50.
Khasbulloh, M. N., Bela, L., Niawati, I., Huda, A., & Jeaqulien, N. K. (2023). Peran Media Digital dalam Meningkatkan Branding Desa Wisata. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 137–145. https://doi.org/10.30762/najwa.v1i2.243
Komariah, N., Yusuf, P. M., Saepudin, E., & Rodiah, S. (2017). Pendidikan LIterasi Lingkungan Sebagai Penunjang Desa Wisata Agro Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(2), 111–115.
Kurnianti, A. W. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Sebagai Penggerak Desa Wisata Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 180–190. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.24
Mannayong, J., S, M. R., & Faisal, M. (2024). Transformasi Digital dan Partisipasi Masyarakat : Mewujudkan Keterlibatan Publik yang Lebih Aktif Digital Transformation and Community Participation : Realizing More Active Public Engagement. Jurnal Administrasi Publik, XX(1), 51–72.
Nur Maghfiroh, M. F., Indrawati, S., Janari, D., & Ridwan Andi Purnomo, M. (2023). Pelatihan Pemasaran Digital dan Pengelolaan Desa Wisata Berbasis Masyarakat di Kawasan Sapuangin, Klaten, Jawa Tengah. Journal of Approriate Technology for Community Services, 4(2), 34–41. https://doi.org/10.20885/jattec.vol4.iss2.art4
Nurmadewi, D. (2024). Digital Marketing as a Tourism Village Marketing Strategy in East Java’s Horseshoe Region. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 14(1), 46–53. https://doi.org/10.21456/vol14iss1pp46-53
Rahma, A. A. (2020). Potensi Sumber Daya Alam dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata Di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata, 12(1), 1. https://doi.org/10.22146/jnp.52178
Ramadhan, I., Lubis, M. R., & Ulya, N. (2024). Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata Berkelanjutan di Era Digital: Studi Kasus Danau Toba. Journal of Accounting Law Communication and Technology, 2(1), 839–844. https://doi.org/10.57235/jalakotek.v2i1.4912
Reza, R. K. A., & Murdana, I. M. M. (2023). Kajian Potensi Desa Wisata Sebagai Daya Tarik Wisata Alternatif di Lombok Tengah. Journal of Mandalika Review, 2(2). https://doi.org/10.55701/mandalika.v2i2.88
Sunarti, S., Damayanti, M., Rahdriawan, M., Untari, R., Iffaty, A., & Rahmadani, S. (2025). Pengembangan Wisata Rintisan Berbasis Keunggulan Kompetitif di Desa Wisata Montongsari, Kabupaten Kendal. Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Kota, 21(1), 82–95. https://doi.org/10.14710/pwk.v21i1.68072
Tanjung, A., & Rangkuty, D. M. (2024). Analisis Literasi Ekonomi Digital dalam Upaya Menurunkan Tingkat Kemiskinan di Indonesia. Ecosains: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembangunan, 13(1), 68. https://doi.org/10.24036/ecosains.12847657.00
Tutik, Nurfitriana Nihayah, A., Fransina Diana Talakua, J., Dewi Pangestika, M., Aulia Rachman, M., & Hermanto, A. (2024). Pengembangan Pariwisata Melalui Literasi Digital Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 4665–4677.
Tyana, I., & Satlita, L. (2023). Pengembangan Pariwisata Berbasis Community Based Tourism (CBT) di Desa Wisata Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo Community Based Tourism (CBT) Based Tourism Development In Pandanrejo Tourism Village. Journal of Public Policy and Administration Research, 8(3).
Veronika, R., Ginting, B., Arindani, D., Mega, C., Lubis, W., & Shella, A. P. (2022). Literasi digital sebagai wujud pemberdayaan masyarakat di era globalisasi. Jurnal Pasopati, 3(2), 118–122.
Vitalocca, D., Mukhlisah Abdal, N., Suwahyu, I., Ramli Rasjid, A., & Sidik Sidin, U. (2024). Pelatihan Peningkatan Literasi Digital untuk Kemajuan Masyarakat Lokal di Gowa. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 201–206. https://doi.org/10.59562/abdimas.v2i2.5804
Widyastuti, D. A. R., Nuswantoro, R., & Sidhi, T. A. P. (2016). Literasi Digital pada Perempuan Pelaku Usaha Produktif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal ASPIKOM, 3(1), 1. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i1.95
Yowono, E. S., Wibowo, D. H., & ... (2024). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal: Menumbuhkan Jiwa Enterpneur Pelaku Usaha Melalui Appreciative Inquiry. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 04(April), 309–318.
Zumaro, A., Yohana, Z. K., Kurnia M, A. D., Marlinda, R. A., Wahyudi, M. A., & Setiawan, B. (2023). Jurnal Kajian Pariwisata Jurnal Kajian Pariwisata. Panorama: Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 51–62.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34248
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fafurida, Tutik, Reikha Habibah Yusfi, Amin Pujiati, Maulida Dewi Pangestika, Dwi Rahmayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: