TRANSFORMASI DIGITAL PADA USAHA KERAJINAN BAMBU SOKASI KABUPATEN BANGLI: PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS

Dwi Novitasari, Ni Made Mila Rosa Desmayani, Putu Gede Surya Cipta Nugraha

Abstract


Abstrak: UMKM memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi berbasis potensi lokal. Beberapa desa di Bangli dikenal dengan kerajinan sokasi bambu, namun pengrajin di desa ini menghadapi kendala produksi dan pemasaran, terutama terkait keterbatasan teknologi dan penggunaan media digital. Program pengabdian ini bertujuan mendukung digitalisasi usaha sokasi dengan memberikan alat produksi dan pelatihan pemasaran digital. Alat yang diberikan mencakup mesin amplas otomatis, alat cat kompresor, dan photobox. Pelatihan dilakukan mengenai penggunaan alat dan e-commerce. Pendampingan intensif dilakukan di lokasi mitra, melibatkan 3 dosen, 2 mahasiswa, dan 10 pengrajin. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan efisiensi produksi sebesar 50%, peningkatan jumlah produksi higga 14–17 unit per minggu, serta peningkatan interaksi media sosial sekitar 50%. Evaluasi menggunakan desain pre–post selama dua bulan, dengan indikator berupa waktu proses per unit dan output/minggu, metrik pemasaran digital dari analitik platform, serta tes kompetensi terstandar. Evaluasi menunjukkan kenaikan skor dari 48,7 menjadi 77,9 poin. Kegiatan ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi dan pemasaran digital meningkatkan kapasitas usaha UMKM secara signifikan.

Abstract: MSMEs play an important role in economic development based on local potential. Several villages in Bangli are known for their bamboo crafts, but artisans in these villages face production and marketing constraints, particularly related to technological limitations and the use of digital media. This community service program aims to support the digitization of the bamboo craft business by providing production tools and digital marketing training. The tools provided include automatic sanding machines, compressor paint tools, and photoboxes. Training was conducted on the use of tools and e-commerce. Intensive mentoring was carried out at the partner's location, involving 3 lecturers, 2 students, and 10 craftsmen. The results of the activity showed a 50% increase in production efficiency, an increase in production of up to 14-17 units per week, and an increase in social media interaction of around 50%. The evaluation used a two-month pre-post design, with indicators such as processing time per unit and output/week, digital marketing metrics from platform analytics, and standardized competency tests. The evaluation showed an increase in scores from 48.7 to 77.9 points. This activity demonstrates that the integration of technology and digital marketing significantly increases the capacity of MSMEs.

 


Keywords


Digital Transformation; Bamboo Crafts; Digital Marketing; E-Commerce Platform; Production Efficiency and Productivity.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Adil, A., Tajuddin, M., Anas, A. S., Muhid, A., Pribadi, A., & Dharma, I. M. Y. (2025). Pendampingan Dan Pelatihan Digital Marketing UMKM Desa Batu Asak-Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 6(1), 722–729. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i1.4765

Afif, A., Zulfadli, T., Abd, M., Kamarullah, & Yusuf, M. (2024). Sistem Pengolahan Limbah Kayu Untuk Membuat Jam Bandul Dengan Mengunakan Metode Hand Lay Up. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 1(1), 1–8.

Amalia, N., Ismanto, B., & Ivandari, I. (2019). Analisa Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi menggunakan EPIC Model. Journal of Informatic and Computer Technology, 14(1), 23–27.

Anita, S. Y. (2022). Analisis Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Pelaku UMKM Keripik Pisang di Jl. ZA. Pagar Alam). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 352–362. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.3912

Aristana, I. D. G., Putra, I. D. P. G. W., Nirwana, N. K. A., Prayana, I. K. W. D., Pratiwi, N. W. A. D., Desmayani, N. M. M. R., … Kayana, A. A. D. P. (2024). Pelatihan Media Sosial di SMK Sanjiwani Gianyar: Meningkatkan Peluang Bisnis di Era Digital. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 28–32. https://doi.org/10.59458/jwl.v4i1.69

Arsana, I. N. A., Waas, D. V., & Meinarni, N. P. S. (2021). Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi Bagi Perangkat Desa Kukuh. Jurnal WIDYA LAKSMI, 1(1), 6.

Astarika, R., Nurdiyah, Zulkarnain, D., Yaddi, Y., Pagala, M. A., Munadi, L. O. M., … Rusdin, M. (2023). Stimulasi Peningkatan Pendapatan Peternak Ayam Kampung Super Melalui Optimalisasi Manajemen Produksi. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 93–101. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.119

Chandra, W., Anggraini, D., & Hutabarat, F. A. M. (2022). EPIC MODEL: Pengukuran Efektifitas Komukasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Medan pada masa New Normal. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 716–724. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2506

Desmayani, N. M. M. R., Libraeni, L. G. B., Aristana, I. D. G., Pratiwi, N. W. A. D., & Mahendra, G. S. (2024). Perancangan Logo dan Pelatihan Media Sosial pada Usaha Penjualan Ayam Betutu Paon Mesari di Desa Kertalangu. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.59458/jwl.v4i1.65

Desmayani, N. M. M. R., Nugraha, P. G. S. C., Wardani, N. W., & Mahendra, G. S. (2022). Pelatihan Pengelolaan Laporan Keuangan Sederhana Bagi UMKM The Sleepy Jon Gianyar Bali. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 15–20. https://doi.org/10.59458/jwl.v2i1.24

Fauzan, S., Aditiya, R. H., Sianawati, Y. T., Moliani, A. I., Istigfarin, W. A., & Putri, A. S. (2025). Pelatihan Digitalisasi Pemasaran Produk Olahan Komoditas Lokal Pisang guna Meningkatkan Ekonomi dan Peluang Pasar bagi UMKM Desa Sidodadi, Kabupaten Malang. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 5(1), 19–28. https://doi.org/10.54082/jamsi.1360

Khasanah, P. N., Rohmah, U. A.-T., Hidayah, N., Alfandi, M., Fatimatuzzahro, M., Azkiyah, D. M., … Rosa, D. (2024). Sosialisasi dan Pelatihan Digital Marketing sebagai Strategi Pengembangan UMKM Desa Kayunan, Kayunan, Plosoklaten, Kediri. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 806–813.

Kholifah, N., Triyanto, T., Nurtanto, M., Wibowo, A. E., Satya, D., Febriawan, S. B. M., … Mutohhari, F. (2024). Edukasi dan pelatihan teknologi pemipihan eceng gondok untuk meningkatkan kualitas produk kerajinan di Maeswara Keranjang Basket, Kulonprogo-Yogyakarta. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(4), 4119–4128. https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27739

Kumala, N. A. (2022). Optimalisasi Produk Camilan Dengan Manajemen Produk Dan Pemasaran Melalui Media Sosial. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.36257/apts.v5i1.3732

Latare, S., & Bumulo, S. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendampingan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 139–151. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.154

Libraeni, L. G. B., Willdahlia, A. G., Mahendra, G. S., Wardani, N. W., & Nugraha, P. G. S. C. (2022). Pelatihan Penentuan Harga Pokok Penjualan Pada Toko Kue Dapur Friska. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JURPIKAT), 3(2), 255–265. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v3i2.973

Mahendra, G. S., Indrawan, I. P. Y., & Surya Cipta Nugraha, P. G. (2022). Pelatihan Peningkatan Pemahaman Penggunaan Facebook dan Instagram pada Kelompok Petani Vanili dalam Penyebaran Informasi Pertanian. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 2(1), 221–232. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i1.98

Martawati, M. E., Fachrudin, A. R., Astuti, F. A. F., Hanif, A., & Dani, A. (2022). Pelatihan Pengecatan Spray Gun Bagi Remaja Karang Taruna Temas Kota Batu. Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat, 9(1), 26–30. https://doi.org/10.33795/jppkm.v9i1.118

Nasution, A. C., Hotami, U., Yusup, F., Nurul, L., & Nuryaningsih, F. (2025). Transformasi UMKM Desa Panongan: Menggempur Pasar Lewat Revolusi 3P (Produk, Pengemasan, dan Pemasaran). Abdi Dharma, 5(1), 67–82. https://doi.org/10.31253/ad.v5i1.3623

Nugraha, P. G. S. C., & Indrawan, I. P. Y. (2021). Marketing with Social Media and Strengthening Identity Through Packaging Branding. International Journal of Community Service Learning, 5(1), 59–65. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i1.31057

Panjaitan, F. A. B. K., Juharsah, J., Pujiati, T., Damau, U. O., Putri, T. N., & Ittaqulah, N. (2024). Pelatihan Branding dan Pemasaran Online untuk UMKM Lokal Desa Sindangkasih, Konawe Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 4(5), 17–26. https://doi.org/10.59818/jpm.v4i5.805

Purba, M. R., Sihombing, Y. R., Nainggolan, T., Permana, J., & Purba, L. F. (2025). Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia Melalui Pelatihan Digital Marketing Di Desa Sumber Rejo Kabupaten Batubara. Abdimas Mandalika, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.31764/am.v4i2.29099

Suprihatin, H., Pramitasari, D. A., & Hasanah, A. (2024). Inovasi Packaging dan Pemasaran Digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 254–263. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i2.205

Wilujeng, I. P., Zutiasari, I., Dewi, D. T. S., Sungkar, A. R., & Gandono, A. L. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Penerapan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM Pengrajin Batik Tulis di Lingkungan Cungking, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(5), 1203–1212. https://doi.org/10.54082/jamsi.1350




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dwi Novitasari, Ni Made Mila Rosa Desmayani, Putu Gede Surya Cipta Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: