PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MANAJEMEN STRESS GUNA MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN PSIKOLOGIS MASYARAKAT MENGHADAPI BENCANA

Rika Sarfika, Rima Anggraini, Mia Aulia Rahim

Abstract


Abstrak: Jumlah penderita gangguan jiwa di Indonesia semakin mengkhawatirkan, begitu juga Sumatera Barat. Salah satu faktor yang menyebabkan ini terjadi karena Sumatera Barat adalah daerah rawan bencana. Sehingga penduduk di daerah ini memerlukan tindakan preventif agar dampak psikologis serius dapat dicegah. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pendidikan kesehatan jiwa tentang manajemen stress sebagai upaya kesiapsiagaan psikologis dalam menghadapi bencana. Kegiatan ini diikuti oleh 32 orang warga Kelurahan Jati, Padang yang dilaksanakan selama 1 hari. Pendidikan kesehatan diberikan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan role-play. Sebelum dan setelah kegiatan dilakukan pengukuran pengetahuan peserta tentang manajemen stress. Hasil kegiatan didapatkan gambaran bahwa skor pengetahuan peserta sebelum diberikan pendidikan sebesar 3,44, dan setelah diberikan pendidikan kesehatan sebesar 6,00. Hasil uji paired t-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan pengetahuan peserta antara sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan dengan nilai p=0.00 (mean selisih 2,563). Berdasarkan hasil ini, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan pengetahuan peserta tentang manajemen stres. Diharapkan pengetahuan yang telah dimiliki dapat berpengaruh terhadap kesiapsiagaan psikologis peserta dalam menghadapi bencana.

 

Abstract: The number of people with mental disorders in Indonesia is increasingly alarming, as is the area of West Sumatra. One of the factors causing this is because West Sumatra is a disaster-prone area. So that residents in this area need preventive action so that they can prevent severe psychological impacts. This community service activity aims to provide mental health education about stress management as an effort to psychological preparedness in facing disasters. This activity was attended by 32 participants of Jati Village, Padang, held for one day. Health education was provided using lectures, discussions and role-playing methods. Before and after the activity, measured the participants' knowledge of stress management was. The activity results showed that the participants' knowledge score before being given education was 3.44, and after being given health education was 6.00. The paired t-test showed a significant difference in participants' knowledge between before and after being given health education with a value of p = 0.00 (mean difference 2.563). These results can conclude that this service activity can increase participants' knowledge of stress management. Hopefully, the knowledge already possessed can affect the participant's psychological preparedness in facing disasters.

 


Keywords


mental health education; stress management; disaster

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


BNPB. (2016). Risiko bencana indonesia (R. Jati & M. R. Amri (eds.)).

Erawati, E., Adiyati, S., & Sugiarto, A. (2016). Pendidikan kesehatan jiwa pada masyarakat melalui implementasi CMHN. Keperawatan, 12(2), 96–100. http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/link

Erlani, R., & Nugrahandika, W. H. (2019). Ketangguhan Kota Semarang dalam Menghadapi Bencana Banjir Pasang Air Laut (Rob). Journal of Regional and Rural Development Planning, 3(1), 47. https://doi.org/10.29244/jp2wd.2019.3.1.47-63

Fatmawati, A., Mawaddah, N., & Sari, I. P. (2020). Peningkatan pengetahuan bantuan hidup dasar pada kondisi henti jantung di luar rumah sakit dan resusitasi jantung paru kepada siswa sma 1,2. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri ), 4(6), 1176–1184.

Irzalinda, V., & Sofia, A. (2019). Pengaruh Koping Strategi terhadap Resilience Keluarga Rawan Bencana. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 201. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.312

Keliat, Budi Anna, & Marliana, T. (2018). Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial (Mental Health and Psychosocial Support): Keperawatan Jiwa (1st ed.). Universitas Indonesia.

Kemenkes RI. (2018). Laporan Nasional RISKESDAS 2018. In Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf

Kurniawan, Y., & Sulistyarini, I. (2017). Komunitas Sehati (Sehat Jiwa dan Hati) Sebagai Intervensi Kesehatan Mental Berbasis Masyarakat. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 1(2), 112. https://doi.org/10.20473/jpkm.v1i22016.112-124

Malfasari, E., Herniyanti, R., Devita, Y., Adelia, G., & Putra, I. D. (2020). Pendidikan kesehatan jiwa pada tahap perkembangan usia sekolah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri ), 4(6), 7–12.

Melzana, V., & Sari, H. (2017). Keefektifan Tenaga Kesehatan dalam Menangani Dampak Psikososial Bencana. 1–7.

Perpres RI. (2014). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Jiwa (Law of the Republic of Indonesia No 18 Year 2014 on Mental Health). http://ditjenpp.kemenkumham.go.id/arsip/ln/2014/uu18-2014bt.pdf

Riyadi, S., & Purwanto, T. (2013). Asuhan Keperawatan Jiwa. Nusa Medika.

Sarfika, R., Afriyeni, N., Hermalinda, H., & Fernandes, F. (2020). Pemberian Rational-Emotive Behavior Therapy dan Assertive Training Sebagai Upaya Mengurangi Perilaku Agresif pada Remaja di Pauh Padang. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 3(1), 54–63.

Sarfika, R., Fernandes, F., & Mailia, G. (2019). Pemberian Pendidikan Kesehatan untuk Meningkatkan Pengetahuan Keluarga dalam Merawat Lansia Demensia di Puskesmas Pauh, Kota Padang. Jurnal Warta Andalas, 26(2), 97–101. https://doi.org/10.25077/jwa.26.2.97-101.2019

Sinaga, S. N. (2015). Peran Petugas Kesehatan dalam Manajemen Penanganan Bencana Alam. Jurnal Ilmiah Integritas, 1(1), 1–7. http://www.jurnalmudiraindure.com/wp-content/uploads/2016/03/Peran-Petugas-Kesehatan-Dalam-Manajemen-Penanganan-Bencana-Alam.pdf

Stuart, G. W. (2016). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart (Budi A. Keliat & J. Pasaribu (eds.); 1th Buku 2). Elsevier Singapore.

The Sphere Project. (2011). Humanitarian Charter and Minimum Standarts in Humanitarian Response. In The Sphere Project. The Sphere Project. www.practicalactionpublishing.org/sphere

World Health Organization. (2011). Psychological First Aid - Guide for Field Workers. In WHO (Vol. 44, Issue 8). WHO.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rika Sarfika, Rima Anggraini, Mia Aulia Rahim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: