PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS STEM
Abstract
Abstrak: Permasalahan utama pendidikan dasar adalah rendahnya minat belajar siswa serta keterbatasan guru dalam menerapkan metode pembelajaran inovatif. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru melalui penerapan pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics). Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu sosialisasi, demonstrasi, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru memperoleh pemahaman baru tentang pentingnya integrasi sains, teknologi, teknik, dan matematika dalam pemecahan masalah nyata. Beberapa guru juga menunjukkan peningkatan keterampilan dalam merancang pembelajaran yang kontekstual dan interaktif. Evaluasi dilakukan menggunakan kuesioner berupa pertanyaan teknis seputar materi, serta observasi kualitatif terhadap guru selama kegiatan. Hasil evaluasi ditunjukkan melalui penilaian post-test sebesar 73 poin, meningkat 1,39% dibanding penilaian pre-test yang mencerminkan keberhasilan program dalam memperkuat kompetensi guru. Program ini diharapkan menjadi langkah awal dalam mendorong inovasi pembelajaran yang berpotensi meningkatkan kualitas pendidikan dasar.
Abstract: The main problems in basic education are low student interest in learning and teachers' limitations in applying innovative learning methods. This Community Service Program aims to improve teacher competence through the application of STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) based learning. The activities were carried out in three stages, namely socialization, demonstration, and evaluation. The results of the activities show that teachers gained a new understanding of the importance of integrating science, technology, engineering, and mathematics in solving real-world problems. Several teachers also showed an improvement in their skills in designing contextual and interactive learning. The evaluation was conducted using a questionnaire consisting of technical questions about the material, as well as qualitative observations of teachers during the activities. The evaluation results were reflected in a post-test score of 73 points, an increase of 1.39% compared to the pre-test score, which reflects the program's success in strengthening teachers' competencies. This program is expected to be the first step in encouraging learning innovations that have the potential to improve the quality of basic education.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Ardiansyah, R., Diella, D., & Suhendi, H. Y. (2020). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21 Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 10(1), 31–36. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12172
Atmojo, R. W. I., Roy, A., Dwi, Y. S., & Hadi, M. (2020). And Mathematich (STEAM) untuk Meningkatkan Kompetensi Paedagogik dan Professional Guru SD Melalui Metode Lesson Study. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 119–123.
Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22
Fakhrudin, I. A., Probosari, R. M., Indriyani, N. Y., Khasanah, A. N., & Utami, B. (2023). Implementasi Pembelajaran Stem Dalam Kurikulum Merdeka: Pemetaan Kesiapan, Hambatan Dan Tantangan Pada Guru SMP. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(1), 71. https://doi.org/10.35906/resona.v7i1.1266
Firdaus, J., Asmuni, A., & Kurniawan, A. (2021). Peran Budaya Literasi Dalam Pembentukan Karakter dan Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Indramayu. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1298–1304. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1344
Handayani, E. P., & Ayub, S. (2021). Optimalisasi Kompetensi Guru dalam Penerapan PjBL Berbasis STEM melalui IHT. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 2(2), 47–54. https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v2i2.148
Ilmar, A., Kusuma, A. J., Wahidin, D. T. S., Iswahyuni, I., & Efianda, A. (2023). Partisipasi Politik Anak Muda Dalam Pembangunan Desa di Kabupaten Indramayu (Studi Pada Desa Pabean Udik). Journal of Political Issues, 5(1), 65–79. https://doi.org/10.33019/jpi.v5i1.100
Kelley, T. R., & Knowles, J. G. (2016). A conceptual framework for integrated STEM education. International Journal of STEM Education, 3(1), 11. https://doi.org/10.1186/s40594-016-0046-z
Mulyadi, M., Ariani, D., Khaerudin, K., Chandra, R., & Chairia, F. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Sd Di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Melalui Pengembangan Modul Ajar. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 323–334.
Mustofiyah, L., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Di Era Digital: Tinjauan Systematic Literature Review. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 1–22. https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.16679
Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains VI 2016. Seminar Nasional Pendidikan Sains VI 2016. https://www.neliti.com/id/publications/173124/
Qoni’akh, Q., Hayati, M. N., & Widiyanto, B. (2025). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Proyek-STEM Tata Surya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti), 9(2), 59–68. https://doi.org/10.24905/jpmp.v9i2.114
Rafli, M. F., Landong, A., & Suryatama, Y. (2022). Pelatihan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Berbasis Teknologi untuk Guru Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 103–108. https://doi.org/10.35134/jmi.v29i2.123
Yahya, A., Maryadi, A., Yuningsih, N., Carwinda, C., & Saepulloh, A. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Melalui Workshop Asesmen Kompetensi Di Kabupaten Bekasi. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 188–196. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1201
Zainil, M., Kenedi, A. K., Suherman, D. S., Akmal, A. U., Azkiyah, N., & Wahyuni, S. (2024). Pelatihan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Pembelajaran Digital Berbasis STEM. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 37–42. https://doi.org/10.35134/jmi.v31i2.164
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34733
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Henry Binsar Hamonangan Sitorus, Santika Sari, Mohammad Zidane, Farhan Ramdani, Aliyah Nabila, Chelsea Regita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: