MEDIA AJAR KREATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG

Hasdin Hasdin, Imran Imran, Nurhayadi Nurhayadi, Sukmawati Sukmawati, Shofia Nurun Alanur, Risna Risna, Rahmawati Rahmawati, Sanita Sanita

Abstract


Abstrak: Kemampuan calistung (baca, tulis, hitung) merupakan fondasi penting dalam mendukung kesiapan anak mengikuti pendidikan formal. Hasil observasi menunjukkan sebagian besar anak di TPA Kawatuna Palu belum mahir calistung karena keterbatasan ekonomi keluarga. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kemampuan calistung anak melalui pemanfaatan media ajar kreatif berbahan sederhana. Metode pelaksanaan berupa pendampingan belajar dalam lima kali pertemuan dengan melibatkan 25 anak. Media yang digunakan meliputi puzzle Pancasila, sempoa, dan kincir angka. Evaluasi dilakukan melalui observasi dan tes sederhana pada awal dan akhir kegiatan. Hasil menunjukkan peningkatan kemampuan anak dalam membaca (60%), menulis (70%), dan berhitung (65%). Kegiatan juga berhasil menumbuhkan kreativitas, kerja sama, serta kepedulian lingkungan melalui pemanfaatan bahan bekas

Abstract: Reading, writing, and arithmetic skills are an important foundation in supporting children's readiness to attend formal education. Observations show that most children at the Kawatuna Palu TPA are not yet proficient in reading, writing, and arithmetic due to family economic constraints. This community service activity aims to improve children's reading, writing, and arithmetic skills through the use of creative teaching media made from simple materials. The implementation method is a learning assistance in five meetings involving 25 children. The media used include Pancasila puzzles, an abacus, and a number wheel. Evaluation is carried out through observation and simple tests at the beginning and end of the activity. The results show an increase in children's abilities in reading (60% of children are fluent in reading simple words), writing (70% of children are able to copy sentences with capital and lowercase letters), and arithmetic (65% of children can sequence and count numbers correctly). In addition, the activity also fosters creativity, cooperation, and environmental awareness through the use of used materials.


Keywords


Children; Reading, Writing, and Arithmetic; Abilities; Creative; Teaching Media.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Alanur, S. N., Jamaludin, J., & Amus, S. (2023). Analisis Profil Pelajar Pancasila Dalam Buku Teks Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 179–190. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.5787

Aliyah, E. Z., Khotimah, K., Nursuciana, H., Dewi, Z. N. S., Arianti, Haswin, A., & Ruja, I. N. (2024). Peningkatan Kompetensi Sosial Emosional Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Bermain Peran Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(10), 22. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i10.2024.22

Bastari, K. (2021). Belajar mandiri dan merdeka belajar bagi peserta didik, antara tuntutan dan tantangan. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 68-77.

Darmayanti, N. W. S., Komang, N., Ulan, A., Ketut, N., Partini, S., Wulandari, K. Y., Ani, W. E., Widiani, N. W., Sudirman, I. N., Gede, K., & Purwantara, T. (2024). Pendampingan dan pelatihan calistung (baca tulis dan behitung) di SDN 1 Cempaga yang mengalami kesulitan dalam membaca menulis dan berhitung. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1779–1787.

Delima, N., Kurniasih, I., Tohari, & Hutneriana, R., Amalia, F. N., & Arumanegara, E. (2022). PISA dan AKM: Literasi Matematika dan Kompetensi Numerasi. Subang: Unsub Press.

Hasdin, Alanur, S. N., Makmur, W., & Nasran. (2022). Kontribusi Tri Pusat Lingkungan Pendidikan dalam Menanggulangi Kenakalan Anak di Desa Mansalean Kecamatan Labobo Kabupaten Banggai Laut. Abdi Sosial: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 26-35.

Jamaludin, J., Alanur, S. N., Makmur, W., Nasran, N., & Amus, S. (2024). Instruction on Creating Interactive Quizzes Using Mentimeter Application in Civics Education Learning. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 495. https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i2.10736

Kamelia Olga Litna, Yohana Yuniati, & Gokma N. Tampubolon. (2025). Peran Strategis Kurikulum PAUD dalam Kesiapan Sekolah Anak. PrimEarly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 8(1), 80–88. https://doi.org/10.37567/primearly.v8i1.3976

Khasanah, U., Alanur, S. N., Trisnawati, S. N. I., Sulistyowati, R., Isma, A., Agustina, E., ... & Hamsar, I. (2025). Deep Learning Dalam Pendidikan: Pendekatan Pembelajaran Bermakna, Sadar, dan Menyenangkan. Penerbit Tahta Media.

Nasution, N., Dewi, E., & Qiyarotul Ummah, S. V. R. (2023). Pengembangan Karakter Komunikatif dan Disiplin melalui Metode Culturally Responsive Teaching dengan Pembelajaran Sosial Emosional pada Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X-2 SMAN 1 Kalitidu. Journal on Education, 6(1), 2408–2420. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3262

Nawir, M., Ramadhani, F., Nurasmi, R., & Khotimah, S. K. (2025). Gerakan Literasi Budaya dalam Keluarga Sebagai Dasar Pembentukan Identitas Bangsa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1123–1131. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i2.3371

Nisa, U., Rifandi, A., Mardiah, M., & Syahrida, A. F. (2023). Early Detection of Children With Special Needs and Adaptive Learning Design Program on Early Childhood Education. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4638. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.16615

Purnama, W. M. (2025). Upaya Guru Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca, Menulis, Dan Berhitung Di Kelas III MI NW Lenek Lauk. Maulana Atsani : Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 2(1), 137–143. https://doi.org/https://doi.org/10.51806/6h594390

Rachmawati, R. D., & Watini, S. (2023). Implementasi Model ATIK dalam Peningkatan Kemampuan CALISTUNG pada Pelajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Jakarta Barat. Journal of Education Research, 4(3), 1334–1340. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.376

Rahmawati, R. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(3), 234–240. https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82334

Sukmawati, Goo, Y. A., Amus, S., Alanur, S. N., & Septiwiharti, D. (2024). Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa Abad 21 Melalui Keterampilan 4C. An Nafi’: Multidisciplinary Science, 1(2), 12–27.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hasdin, Imran, Nurhayadi, Sukmawati, Shofia Nurun Alanur, Risna, Rahmawati, Sanita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: