PENGUATAN PROGRAM UKS TERPADU SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN KESEHATAN DAN LITERASI KEUANGAN PESERTA DIDIK

Badriani Badawi, Santi Santi, Andi Hafidah, Andi Indrawati, Mirna Jusri, Abdul Rais Abubakar

Abstract


Abstrak: Program UKS berperan penting dalam mendukung pendidikan melalui peningkatan kesehatan warga sekolah lewat layanan kesehatan dasar, edukasi PHBS, penerapan CTPS, menjaga kebersihan, dan pembiasaan pola makan sehat. Selain itu, UKS menjadi wadah kolaborasi antara sekolah, tenaga kesehatan, orang tua, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan sehat. Hasil kunjungan ke sekolah mitra menunjukkan masih adanya kendala seperti kurangnya pengetahuan siswa, keterbatasan fasilitas CTPS, dan rendahnya literasi keuangan. Untuk itu, dilakukan sosialisasi dan pendampingan Program UKS Terpadu guna memperbaiki fasilitas serta mengoptimalkan penerapan PHBS di sekolah. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman tentang PHBS, keterampilan CTPS, dan literasi keuangan peserta didik. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, edukasi, pelatihan literasi keuangan, penataan fasilitas UKS, serta praktik langsung CTPS. Evaluasi dilakukan terhadap 40 peserta didik melalui pre-test dan post-test dengan 15 pertanyaan. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pengetahuan mitra secara signifikan, dari 46,25% menjadi 96,75% pada aspek UKS Terpadu, dan dari 52,25% menjadi 88,25% pada aspek literasi keuangan. Dengan capaian di atas 85%, dapat disimpulkan bahwa intervensi ini efektif dalam meningkatkan penerapan PHBS, keterampilan CTPS, dan kemampuan pengelolaan keuangan sederhana. Penataan ruang UKS juga telah terlaksana meskipun belum sepenuhnya memenuhi standar yang ditetapkan.

Abstract: The UKS program plays a vital role in supporting education by improving the health of school residents through basic health services, PHBS education, CTPS implementation, maintaining cleanliness, and promoting healthy eating habits. Furthermore, the UKS serves as a collaborative platform between schools, health workers, parents, and the community to create a safe and healthy learning environment. Visits to partner schools revealed persistent challenges, including a lack of student knowledge, limited CTPS facilities, and low financial literacy. Therefore, the Integrated UKS Program socialization and mentoring were conducted to improve facilities and optimize PHBS implementation in schools. This activity aimed to increase students' understanding of PHBS, CTPS skills, and financial literacy. Implementation methods included socialization, education, financial literacy training, UKS facility arrangement, and direct CTPS practice. Evaluations were conducted on 40 students through pre- and post-tests with 15 questions. The evaluation results showed a significant increase in partner knowledge, from 46.25% to 96.75% in the Integrated UKS aspect, and from 52.25% to 88.25% in the financial literacy aspect. With a performance above 85%, it can be concluded that this intervention was effective in improving the implementation of PHBS, CTPS (Handwashing Handwashing) skills, and simple financial management skills. The UKS (School Health Unit) layout has also been implemented, although it does not yet fully meet established standards.


Keywords


Integrated UKS Program; Socialization and Education; Savings Movement; Partner Empowerment

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aminah, S., Huliatunisa, Y., & Magdalena, I. (2021). Usaha kesehatan sekolah (uks) untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) siswa sekolah dasar. Jurnal Jkft, 6(1), 18–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/jkft.v6i1.5214

Badawi, B. (2023). The Influence of E-Learning-Based Learning Methods in Midwifery Courses on Midwifery Undergraduate Students’ Learning Motivation. Formosa Journal of Science and Technology, 2(8), 1981–1992. https://doi.org/https://doi.org/10.55927/fjst.v2i8.5242

Badawi, B., Maryam, A., & Elis, A. (2023). Peran Pola Asuh Dato’nene’(Grandparenting) Terhadap Fenomena Stunting Pada Balita Berbasis Budaya Siri’na Pacce. Jurnal Ners, 7(2), 1449–1454. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jn.v7i2.18629

Hafidah, A., & Nurdin, J. (2022). Analisis literasi keuangan dan pendapatan masyarakat dalam pengelolaan keuangan terhadap keputusan investasi. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 5(2), 155–161. https://doi.org/https://doi.org/10.57093/metansi.v5i2.174

Hafidah, A., & Sartika, S. (2023). Sosialisasi Gerakan Menabung Pada Usia Dini Bagi Siswa SD Negeri 54 Salupikung Kota Palopo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 2(11), 127–135. https://journal.mandiracendikia.com/index.php/pkm/article/view/971

Herliantari, H. (2024). Pemberdayaan Siswa Melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) untuk Mewujudkan Sekolah Sehat. Bakti Nusantara Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 29–35. https://doi.org/https://doi.org/10.63202/bnpmi.v1i2.62

Hidayat, K., & Argantos, A. (2020). Peran usaha kesehatan sekolah (UKS) sebagai proses prilaku hidup bersih dan sehat peserta didik. Jurnal Patriot, 2(2), 627–639. http://patriot.ppj.unp.ac.id/index.php/patriot/article/view/642

Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045: Strategi Membangun Generasi Cerdas, Berkarakter dan Berdaya Saing di Abad 21. Sukabumi, Jawa Barat : Nusa Putra Press.

Hudzaifa, T. N., Putri, S. A., & Mirajiani, M. (2023). Penerapan program penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat dalam meningkatkan derajat kesehatan siswa di sekolah dasar negeri kadumaneuh kabupaten pandeglang. Jurnal Pengabdian Dinamika, 10(2), 1–12. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Dinamika/article/viewFile/23087/11492

Indrawati, A. (2023). Pkm Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Untuk Masa Depan Anak. Jurnal Abdimas Resoku, 1(2), 19–24. https://doi.org/https://doi.org/10.58191/jares.v1i2.215

Larira, D. M., Rasmiati, K., & Mien, M. (2021). Pembelajaran Dini Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). Karya Kesehatan Journal of Community Engagement, 2(01), 16–20. https://doi.org/https://doi.org/10.46233/k2jce.v2i01.539

Nurochim, S. N., & Nurochim, N. (2020). Sosialisasi Pentingnya Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Di Sekolah Berbasis Pesantren Di Wilayah Jabodetabek. Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 84–90. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/rjpkm.v1i2.572

Raharjo, R., Jayadiputra, E., Husnita, L., Rukmana, K., Wahyuni, Y. S., Nurbayani, N., Salamah, S., Sarbaitinil, S., Nazmi, R., & Djakariah, D. (2023). Pendidikan karakter membangun generasi unggul berintegritas. Kota Jambi : PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ramdan, A. Y., Sururuddin, M., Jannah, N. H., Putri, E. A. N., Ariani, N., Azhari, M. R., Artika, B. J., & Saknah, S. (2025). Revitalisasi UKS Melalui Edukasi Pelaksanaan Program Layanan Trias UKS pada Siswa di SDN 1 Gelora. KOMUNITA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 28–36. https://doi.org/https://doi.org/10.60004/komunita.v4i1.124

Rita, E., Awaliah, A., & Sari, T. A. E. P. (2024). Pemberdayaan Guru Kader Dan Siswa Melalui Revitalisasi Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Untuk Mewujudkan Sekolah Sehat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 7(1), 1–10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JPMT/article/download/24371/11301

Santi, S., & Ramli, H. (2022). Penyuluhan dan Praktek Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SD Islam Cokroaminoto 1. ADMA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 119–128. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/adma.v3i1.1671




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i6.34773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Badriani Badawi, Santi, Andi Hafidah, Andi Indrawati, Mirna Jusri, Abdul Rais Abubakar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: