PENINGKATAN KETERAMPILAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR BERBASIS ALAT PERAGA
Abstract
Abstrak: Permasalahan rendahnya keterampilan numerasi siswa sekolah dasar menjadi tantangan utama dalam pencapaian kompetensi abad 21. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kemampuan numerasi melalui program Kampus Mengajar dengan pendekatan pendampingan berbasis alat peraga. Mitra kegiatan adalah SDN 123 Pekanbaru dengan subjek siswa kelas V berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan meliputi observasi awal, pembuatan media pembelajaran, pelaksanaan pendampingan, serta evaluasi melalui pretes dan postes dengan 20 pertanyaan. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Indikator keberhasilan kegiatan ditetapkan berdasarkan peningkatan hasil tes numerasi siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan numerasi. Siswa yang memperoleh nilai kategori tinggi meningkat dari 15% pada pretes menjadi 64% pada postes, sehingga terdapat progres peningkatan sebesar 49%. Kegiatan ini membuktikan bahwa penggunaan alat peraga sederhana dapat memperkuat numerasi siswa, dan direkomendasikan untuk diterapkan secara berkelanjutan serta dikembangkan pada bidang literasi sains maupun literasi digital.
Abstract: The problem of low numeracy skills of elementary school students is a major challenge in achieving 21st-century competencies. This community service activity aims to improve numeracy skills through the Kampus Mengajar program with a teaching aids-based mentoring approach. The activity partner is SDN 123 Pekanbaru with 30 fifth-grade students as subjects. The methods used include initial observation, creation of learning media, implementation of mentoring, and evaluation through Pretest and posttest with 20 questions Minimum Competency Assessment (MCA). The activity's success indicator is determined based on the improvement in students' numeracy test results. The results of the activity showed a significant increase in numeracy skills. Students who obtained high category scores increased from 15% in the pre-test to 64% in the post-test, resulting in a 49% increase in progress. This activity proves that the use of simple teaching aids can strengthen students' numeracy, and is recommended for continuous implementation and development in the fields of science literacy and digital literacy.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Daryanes, F., Suandy, A., Amelya, A., Ririen, D., & Sayuti, I. (2023). Program Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 4 Dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa SD. Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(4), 3407–3418.
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280
Francisco, P. K. D., Anating, N. B., Apurillo, S. E., Pena, P. B. D. La, Espinosa, A. R. C., & Tumlo, P. H. T. (2025). Numeracy Skills and Academic Performance of Elementary Learners. International Journal Of Research And Innovation In Social Science (IJRISS), IX(March). https://doi.org/10.47772/IJRISS
Hariska, L. M., Fahrurrozi, Halimah, Julipa Isnaeni, & Nur Islami. (2024). Optimalisasi penimngkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui media kreatif dan interaktif di SD Negeri 1 Jurit. ALPATIH: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(2), 53–65. https://doi.org/10.70115/alpatih.v2i2.199
Isworo, N. W., & Surindra, B. (2024). Implementasi Program Kerja Kampus Mengajar Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Numerasi Pada Peserta Didik Kelas 5 di SD Negeri Turus. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan, 4(2), 20–26.
Kartika, K., Ummah BK, M. K., & Rudini, M. (2024). Model Discovery Learning dengan Menggunakan Media Konkret dalam Meningkatkan Numerasi Siswa pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 2908–2923. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8364
Kemendikbudristek. (2021). Panduan Merdeka Belajar dan Kampus Mengajar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Mahfiroh, R. U., & Siswoyo, A. A. (2024). Pelaksanaan Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Di Sd Negeri Tanjunggunung. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknoologi, 11(4), 2088–2099.
Manggus, M. Y., Laksana, D. N. L., & Sayangan, Y. V. (2025). Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa dengan Menggunakan Model PBL Berbantuan Media Papan Pintar Perkalian di SDK Wolokoli. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 7(1), 56–73. https://doi.org/10.61227/arji.v7i1.252
Mustapa, M. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar. Jurnal Basicedu, 8(5), 4043–4050. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8581
Ndoang, T. I., Laksana, D. N. L., Noge, M. D., & Lawe, Y. U. (2024). Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SD melalui Adaptasi Teknologi Program Kampus Mengajar. Jurnal Cahaya Mandalika, 1(1), 2594–2609.
OECD. (2019). OECD learning compass 2030. OECD Publishing. https://www.oecd.org/education/2030-project/
Oktavianto, A. D., Rahayu, L., & Pratama, M. (2023). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa SDN 2 Gampeng melalui program Kampus Mengajar. Dharma Pendidikan, 8(2), 55–64. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/dp.v8n2.p55-64
Rakhmawati, Y., & Mustadi, A. (2022). The circumstances of literacy numeracy skill: Between notion and fact from elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 9–18. https://doi.org/10.21831/jpe.v10i1.36427
Rasa, T., & Laherto, A. (2022). Young people’s technological images of the future: implications for science and technology education. European Journal of Futures Research, 10(1). https://doi.org/10.1186/s40309-022-00190-x
Sucipto, L., & Syaharuddin, S. (2018). Konstruksi Forecasting System Multi-Model untuk pemodelan matematika pada peramalan Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Nusa Tenggara Barat. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 4(2), 114. https://doi.org/10.26594/register.v4i2.1263
Susanto, A. B. (2024). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 4(2), 147–154. https://doi.org/10.38048/jcmp.v2i2.2791
Syaharuddin, S., & Ibrahim, M. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 60. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.14
Taufiqurrahman, M. (2024). The Role of Educational Philosophy in Human Resource Development. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 9(4), 1081. https://doi.org/10.58258/jupe.v9i4.7786
Tavares, M. C., Azevedo, G., & Marques, R. P. (2022). The Challenges and Opportunities of Era 5.0 for a More Humanistic and Sustainable Society—A Literature Review. Societies, 12(6), 1–21. https://doi.org/10.3390/soc12060149
Vernyuy, A. (2024). Impact of Technological Advancements on Human Existence. International Journal of Philosophy, 3(2), 54–66. https://doi.org/10.47941/ijp.1874
Wardhani, I. S. K. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Numerasi dengan Kearifan Lokal Untuk Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 908–914. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2748
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34777
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Febblina Daryanes, Irda Sayuti, Fitriwahyuni A’fifah, Febrika Anwar, Syarifah Nur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE:






