PENGEMBANGAN LIFE SKILL GENERASI ALPHA MELALUI PELATIHAN SENI REBANA

Muhammad Galang Zidna Ilmanuha, Suprihatiningsih Suprihatiningsih

Abstract


Abstrak: Menurunnya life skill seperti interaksi sosial langsung, empati, serta kecakapan hidup dasar seperti komunikasi dan kerja sama pada Generasi Alpha menjadi dasar dibentuknya komunitas rebana Arisma Al-Mubarok Kota Semarang. Tujuan kegiatan ini untuk mengembangan life skill generasi apha melalui pelatihan seni rebana. Metode pelatihan menggunakan metode kombinasi mencakup pra kegiatan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Dengan pendekatan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, validasi melalui triangulasi sumber. Analisis perkembangan life skill menggunakan teori WHO tahun 1997, dan implementasi proses pelatihan menggunakan teori siklus belajar Kolb. Mitra pendukung kegiatan adalah pelatih, stakeholder masyarakat, orang tua peserta, dan sasaran peserta pelatihan Generasi Alpha berjumlah 19 orang. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test terhadap indikator life skill. Hasil yang diperoleh terdapat peningkatan life skill dari sebelum pelatihan 44,11% dan setelah pelatihan 72,42%.

Abstract: The decline in life skills such as direct social interaction, empathy, and basic life skills such as communication and cooperation in the alpha generation became the basis for the formation of the Arisma Al-Mubarok rebana community in Semarang City. The purpose of this activity is to develop the life skills of the alpha generation through rebana art training. The training method uses a combination method includes pre-activity, implementation, monitoring and evaluation. With a case study approach, data was collected through interviews, observation, and documentation, data analysis was carried out through data reduction, data presentation, and drawing conclusions, validation through source triangulation. Analysis of life skill development uses the 1997 WHO theory, and the implementation of the training process uses Kolb's learning cycle theory. Supporting partners for the activity are trainers, community stakeholders, parents of participants, and the target participants of the alpha generation training totaling 19 people. Evaluation was carried out through pre-tests and post-tests on life skill indicators. The results obtained showed an increase in life skills from before the training of 44.11% and after the training of 72.42%.


Keywords


Life Skills Development; Generation Alpha; Rebana Arts Training.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abadie, A., Angrist, J., & Imbens, G. (1999). Abadie, A., Angrist, J., & Imbens, G. (1999). Instrumental variables estimates of the effect of unobservables on the returns to schooling. Journal of the American Statistical Association, 94(448), 869–877.

Azizah, E., Setyono, D. C., Jannah, S. C., & Munawaroh, H. (2024). Pengaruh Teknologi,Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Al-Amin, 3(1), 62–76.

Batubara, M., Nasution, M. I. M., Syahrin, T. A., Lubis, M. Y., Nujaima, I., & Husna, A. U. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8106-8112.

Eka P, D. (2021). Pengembangan Kepribadian Muslim Pada Anak Tingkat Sekolah Dasar. Al-Ibanah, 6(1), 126-153.

Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26235

Fidan & Aydogdu. (2018). Life Skills from the Perspectives of Classroom and Science Teachers. International Journal of Progressive Education, 14(1), 32–55. https://doi.org/10.29329/ijpe.2018.129.4

Ibrahim, S. (2023). Pengembangan minat dan bakat generasi milenial melalui kegiatan seni rebana sebagai media dakwah di Kelurahan Mijen Kecamatan Mijen Kota Semarang [Skripsi S1, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang]. Walisongo Repository.

Juniati, W., Murniati, M., & Triana, N. (2025). Smartphone dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini: Studi di Desa Ledug, Banyumas. Jurnal Kolaborasi Riset Sarjana, 2(3), 20-30.

Karolin, L. A., Martono, W. C., & Heni. (2018). Dampak Pendidikan Berbasis Komunitas terhadap Perkembangan Karakter Anak. Seminar Nasional Dan Sall for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas,” 70–81.

Komdigi. (2025). Komitmen Pemerintah Melindungi Anak di Ruang Digital. KOMDIGI. https://www.komdigi.go.id/berita/artikel/detail/komitmen-pemerintah-melindungi-anak-di-ruang-digital

Lufiani, A., & Sabana, S. (2016). Kontribusi Inovatif Seni dan Budaya pada Masyarakat Urban. 2nd International Conference on Creative Media, Design & Technology, 1–13.

McCrindle, M. (2021). Generation Alpha. Hachette UK, 2021. https://books.google.co.id/books?id=nmQQEAAAQBAJ&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s

Ningsih, F. F. (2021). Fungsi Kesenian Rebana sebagai Media Pengembangan Masyarakat Islami (Studi Kasus Pengusaha Rebana Muslim Grup Kecamatan Manyar Gresik). Jurnal Al-Tatwir, 8(1), 55–68. https://doi.org/10.35719/ altatwir. v8i1.35

Pratami, F., Lubis, W. A., Putri, A., & Siregar, A. P. (2023). Penyuluhan Kedudukan Generasi Alpha di SDN 100110 Desa Batu Nanggar melalui Metode Participation Action Research. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 6(3), 33–37.

Prof. Dr. H. Rohmad, M. P. (2025). Generasi Z dan Alpha: Potensi, Problem, dan Solusi (Edisi Pert). Banyumas: Wawasan Ilmu, 2025. https://www.google.co.id/books/edition/GENERASI_Z_DAN_ALPHA_Potensi_Problem_dan/exhzEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&kptab=overview

Riyadi, A. (2020). Pengembangan Masyarakat Desa Terpadu Berbasis Potensi Lokal (Pertama). Penerbit NEM. https://www.google.co.id/books/edition/PENGEMBANGAN_MASYARAKAT_DESA_TERPADU_BER/R0EKEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Saihu, S. (2020). Local Tradition and Harmony among Religious Adherents: the Dominant Culture of Hindu-Muslim Relation in Jembrana Bali. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 5(1), 31–42. https://doi.org/10.15575/jw.v5i1.8029

Wahyuni, N. S., & Ulum, M. (2025). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6117–6124. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8295




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i5.34783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Galang Zidna Ilmanuha, Suprihatiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: