PELATIHAN PEMBUATAN DAN PEMANFAATAN MODUL AJAR DIGITAL UNTUK PENGUATAN KURIKULUM MERDEKA: DAMPAK TERHADAP PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI DI SEKOLAH DASAR

Nurul Ain Farhana, Nurul Maulida Surbakti, Divi Handoko, Putri Maulidina Fadilah

Abstract


Abstrak: Rendahnya kompetensi guru dalam mengembangkan materi ajar digital menjadi kendala utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SD Swasta Muhammadiyah 36 Medan, sehingga berisiko menghambat penguatan literasi dan numerasi siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan dan pemanfaatan modul ajar digital yang interaktif dan relevan. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif yang meliputi sosialisasi, workshop intensif, dan pendampingan kepada 38 guru. Evaluasi keberhasilan program menggunakan instrumen pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan hardskill dan softskill. Hasil menunjukkan peningkatan kompetensi yang signifikan: persentase guru yang "Kurang Memahami" komponen modul ajar turun drastis dari 33.3% menjadi 0%, sementara kategori "Sangat Memahami" meningkat dari 6.1% menjadi 37.5%. Selain itu, 75% guru berkomitmen untuk mengimplementasikan modul ajar digital secara rutin, menunjukkan keberhasilan program dalam mentransformasi kapabilitas dan motivasi guru.

Abstract: The low competency of teachers in developing digital teaching materials has become a primary obstacle in the implementation of the Kurikulum Merdeka (Independent Curriculum) at SD Swasta Muhammadiyah 36 Medan, posing a risk to the strengthening of student literacy and numeracy. This community service project aimed to enhance teachers' competence in creating and utilizing interactive and relevant digital teaching modules. The method employed was a participatory approach involving socialization, intensive workshops, and mentoring for 38 teachers. Program success was evaluated using pre-test and post-test instruments to measure improvements in hardskills and softskills. The results indicated a significant increase in competency: the percentage of teachers with a "Poor Understanding" of module components dropped sharply from 33.3% to 0%, while the "Very Good Understanding" category rose from 6.1% to 37.5%. Furthermore, 75% of teachers committed to implementing digital teaching modules regularly, demonstrating the program's success in transforming teacher capabilities and motivation.


Keywords


Independent Curriculum; Digital Teaching Module; Teacher Competence; Literacy-; Numeracy.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Antika, R. G., Puspita, S. O. H., & Mariska, T. A. (2024). Literature Study: Utilization of Technology in the Independent Curriculum Teaching Process. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.92322

Ashar, A., Wahid, A., Rahman, S. A., & Yahya, S. D. (2023). Pengembangan Industri Rumah Tangga UMKM Risoles Kelurahan Samata Kabupaten Gowa. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 6(1), 92–97. https://doi.org/10.36232/jurnalabdimasa.v6i1.3555

Dewi, Z. R., Yanto, A. H., & Hanim, M. I. J. (2024). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 95–105. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i1.552

Dianastiti, Y., Andhika Putra, R., & Allamsyah, M. N. S. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Analisis Data Penelitian Bidang Pendidikan Dengan Spss Untuk Sivitas Akademika Pvto Universitas Bhinneka PGRI. Madiun Spoor : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 41–46. https://doi.org/10.37367/jpm.v3i2.315

Fitriani, A., Surianyah, A., Aisyah, A., Pratiwi, D. A., Yuliana, E., Rifky, M., Darmawan, M. R., & Zubaidah, S. L. (2024). Menyongsong Kurikulum Merdeka: Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila dengan Pembelajaran Berdiferensiasi di SDN Kuin Utara 1. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1217–1225. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.352

Jahring, J., Mashuri, S., Marniati, M., & Nasruddin, N. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pembuatan Instrumen Evaluasi Online Menggunakan Aplikasi Quizizz. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4163

Karnila, S., Kurniawan, H., Irianto, S. Y., Muktiawan, D. A., Septiawan, Y., Safitri, E., & Nurjoko, N. (2025). Pengenalan Sains Data Untuk Meningkatkan Literasi Data Dan Kesiapan Karier Digital Siswa Sekolah Menengah Atas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(4), 3303. https://doi.org/10.31764/jmm.v9i4.31940

Kuswara, K. (2024). Evaluasi Program Pelatihan Guru Terhadap Peningkatan Keterampilan Mengajar Dan Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(8), 443–449. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.2714

Maghfirah, N., Firdaus, A. M., & Hadaming, H. (2023). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Terhadap Literasi dan Numerasi Siswa Kelas V di SDN Ganrang Jawa 1 dan SDI Teamate. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 172–192. https://doi.org/10.62007/joupi.v1i3.78

Putra, K. D. P., Wibawa, K. A., & Noviantari, P. S. (2024). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change And Relationship. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1211

Putri, A. E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2), 533–540. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30523

Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153

Sari, D. A. K., & Setiawan, E. P. (2023). Literas Baca Siswa Indonesia Menurut Jenis Kelamin, Growth Mindset, dan Jenjang Pendidikan: Survei PISA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3873

Situmorang, E., & Sitorus, P. S. P. (2025). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Membentuk Kompetensi Guru Di Era Digital. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 11(2), 59–64. https://doi.org/10.24114/jtikp.v11i2.66776

Yamamoto, Y., & Zubaidah, S. (2021). Peningkatan Profesional Guru Melalui Pendidikan Dan Latihan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 11(1), 38–47. https://doi.org/10.33592/jiia.v11i1.1436

Yudha, C. B., Kusuma, A. P., S., E. P., S., I., & W., E. R. (2024). Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Berbasis Digital Bagi Guru Sekolah Dasar. Journal of Social Outreach, 3(1), 22–30. https://doi.org/10.15548/jso.v3i1.8325




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i6.34903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nurul Ain Farhana, Nurul Maulida Surbakti, Divi Handoko, Putri Maulidina Fadilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: