PENINGKATAN KETERAMPILAN KONSELING SOLUTION-FOCUSED BRIEF THERAPY GURU BK MTS
Abstract
Abstrak: Penguasaan yang baik pada salah satu pendekatan konseling akan sangat berguna bagi konselor sekolah dalam mengentaskan permasalahan siswa secara efektif dan tepat. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan keterampilan konseling Solution-Focused Brief Therapy (SFBT) guru bimbingan dan konseling (BK) MTs. Pengabdian dikemas melalui workshop seharian bekerjasama dengan 40 anggota MGBK MTs Kabupaten Gresik sebagai peserta.Workshop dilakukan secara luring dengan menekankan pemahaman konsep dasar dan teknik dari SFBT melalui mini praktik terbatas, sedangkan untuk evaluasi workshop dilakukan melalui angket pre-test dan post-test pada peserta. Analisa perbandingan skor pre-test dan post-test memperlihatkan peningkatan 3 poin pemahaman peserta yang sebelumnya 6 menjadi 9. Hasil pengabdian ini sangat menyarankan untuk kegiatan berikutnya dapat menggunakan media peraga fisik untuk membantu peserta workshop semakin mahir dalam mempraktikan teknik-teknik konseling SFBT di sekolah tempat mereka bekerja.
Abstract: Mastery of one counseling approach will be very useful for school counselors in resolving student problems effectively and appropriately. The purpose of this community service activity is to improve the Solution-Focused Brief Therapy (SFBT) counseling skills of MTs guidance and counseling teachers. The community service was packaged in a one-day workshop in collaboration with 40 members of the Gresik Regency MTs MGBK as participants. The workshop was conducted offline, emphasizing the understanding of basic concepts and techniques of SFBT through limited mini-practices, while the workshop evaluation was conducted through pre-test and post-test questionnaires for participants. Analysis of the comparison between pre-test and post-test scores showed an increase of 3 points in participants' understanding, from 6 to 9. The results of this community service strongly suggest that future activities should use physical teaching aids to help workshop participants become more proficient in practicing SFBT counseling techniques at their schools.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Amirullah, M., Harum, A., Latif, S., Saman, A., & Buchori, S. (2024). Workshop Kesehatan Mental sebagai Upaya Meningkatkan Kapasitas Guru dalam Memberikan Dukungan Psikologis Awal bagi Siswa. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 189–197. https://doi.org/10.59395/altifani.v4i3.543
Bahri, S. (2020). Studi Evaluasi Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Pencerahan, 14(1), 1693–7775.
Bariyyah, K. (2022). Keefektivan Konseling Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 8(1), 25–30. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI/article/view/8436%0Ahttps://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI/article/download/8436/3837
Dartina, V., Nabila, S., Alfaiz, A., & Maharani, I. F. (2024). Systematic Literature Review: Penerapan Layanan Konseling Kelompok Solution Focused Brief Therapy (SFBT) pada Peserta Didik di Sekolah Menengah. Indonesian Journal of Educational Counseling, 8(1), 36–46. https://doi.org/10.30653/001.202481.319
Fitri, I. R., Suranata, K., & Arwati, K. A. D. (2023). Pengembangan panduan model konseling solution facused brief counseling teknik imagery and visualitation berbasis website SI- konseling untuk mengatasi depresi pada remaja korban kekerasan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 669. https://doi.org/10.29210/1202322874
Gingerich, W. J., & Peterson, L. T. (2013). Effectiveness of Solution-Focused Brief Therapy: A Systematic Qualitative Review of Controlled Outcome Studies. Research on Social Work Practice, 23(3), 266–283. https://doi.org/10.1177/1049731512470859
Hamdanah, H., & Surawan, S. (2022). Remaja Dan Dinamika; Tinjauan Psikologi dan Pendidikan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. K-Media. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Harum, A., Anas, M., Latif, S., Nur, N. W., & Rahman, A. (2022). Pelatihan Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Bagi Guru MTs. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 507–511.
Hsu, K. S., Eads, R., Lee, M. Y., & Wen, Z. (2021). Solution-focused brief therapy for behavior problems in children and adolescents: A meta-analysis of treatment effectiveness and family involvement. Children and Youth Services Review, 120, 105620. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105620
Japar, M., Kurniati, A., Lianasari, D., Author, C., dan Konseling, B., Muhammadiyah Magelang Magelang, U., & Tengah, J. (2021). Pelatihan Konseling REBT Bagi Guru Bimbingan dan Konseling SMA Kota Magelang untuk Meningkatkan Kinerja Pelayanan Konseling. Caradde, 3(3), 397–404. https://www.neliti.com/publications/387363/
Karababa, A. (2024). A Meta-Analysis of Solution-Focused Brief Therapy for School-Related Problems in Adolescents. Research on Social Work Practice, 34(2), 169–181. https://doi.org/10.1177/10497315231170865
Madu, K., Indrawan, P., & Apriliana, I. P. A. (2024). Pengaruh Beban Kerja terhadap Kinerja Guru BK dalam Pengentasan Masalah Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Manggarai Timur. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 2(3 SE-Articles). https://doi.org/10.35508/jbkf.v2i3.18100
Marisa, C., Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2025). Pelatihan Metode Cinema Therapy dalam Layanan BK Klasikal pada Guru BK SMK Kab. Bogor. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(2), 175. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v8i2.26503
Mulawarman. (2023). SFBC (Solution-Focused Brief Counseling), Konseling Singkat Berfokus Solusi: Konsep, Riset dan Prosedur Edisi Kedua. Prenada Media. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=h6_8EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=terapi+singkat+berfokus+pada+solusi&ots=4Ry48b9pA4&sig=0ZmZd4zxG2IgNRuVYZQWtgc1utE
Mulawarman, M., Dwi Yuwono Puji Sugiharto, Eni Rindi Antika, Abdul Kholiq, Pradipta Christy Pratiwi, Thrisia Febrianti, Galuh Nadhita, & Alvia Ainil Lathifah. (2023). Pelatihan Solution-Focused Group Counseling Sebagai Upaya Peningkatan Karakter “Welas Asih” Siswa. GANESHA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 210–217. https://doi.org/10.36728/ganesha.v3i2.2801
Multisari, W., Zen, E. F., Hidayaturrahman, D., & Rachmawati, I. (2023). Peningkatan Kompetensi Konselor Melalui Pelatihan Konseling Naratif Bagi Guru Bimbingan Dan Konseling Widya Multisari. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 446–453. https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde
Musrifah, F., & Wahyuni, T. (2025). Peningkatan Kompetensi Melalui Pelatihan Bimbingan Konseling Untuk Mengatasi Permasalahan Belajar Siswa. MUJAHADA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 88–98. https://doi.org/10.54396/mjd.v3i1.2041
Nehe, A., Satyawati, S. T., & Dwikurnaningsih, Y. (2024). Evaluation of comprehensive guidance and counseling program using the CIPP model. Inovasi Kurikulum, 21(3), 1633–1648. https://doi.org/10.17509/jik.v21i3.69941
Nirmala, Y. T., Susilo, A. T., & Suryawati, C. T. (2023). Studi Kepustakaan Penerapan Solution-Focused Brief Therapy (SFBT) dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 7(1), 18. https://doi.org/10.20961/jpk.v7i1.72112
Purnomo, A., Achsanul Huda, M., Angeli Delvi A, S., & Fathoni, T. (2025). Mengidentifikasi Kebutuhan dan Tantangan Peserta Didik sebagai Solusi Bimbingan Konseling di Sekolah. Jurnal Study Islam Dan Humaniora, 5(2), 140.
Ramadhan, M., & Syahputra, A. (2025). Penerapan Teknik Solution Focused Brief Therapy ( SFBT ) di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 8, 41–47.
Ramli, M., Hidayah, N., Rahman, D. H., Saputra, N. M. A., & Hanafi, H. (2022). Pelatihan Konseling Kelompok Pembayangan Terbimbing Berfokus Solusi pada Guru BK SMP di Kota Batu. Kawanad : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 117–123. https://doi.org/10.56347/kjpkm.v1i2.58
Rofiq, A. A., & A’yun, A. Q. (2025). Meningkatkan kompetensi konselor komunitas musyawarah guru bk madrasah tsanawiyah kota surabaya melalui pelatihan hipno konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 13(1), 184–193. https://doi.org/10.29210/1125900
Sandra, R., & Ifdil, I. (2015). Konsep Stres Kerja Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 80–85.
Sari, A. K. P., & Karneli, Y. (2021). Pelayanan Profesional Guru Bimbingan Konseling dalam Meminimalisir Kesalahpahaman Tentang Bimbingan Konseling di Sekolah. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 3(1), 36–49. https://doi.org/10.51178/jetl.v3i1.117
Sugianto, A. (2020). Workshop Penguatan Pendidikan Karakter bagi Guru Bimbingan dan Konseling SMP: Workshop on Strengthening Character Education for Junior High School …. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada …, 6(1), 90–96. https://journal.umpr.ac.id/index.php/pengabdianmu/article/view/1647
Syahniar, S., & Putriani, L. (2017). Pelatihan dan Workshop Pendekatan dan Teknik Konseling Expressive Therapy bagi Guru BK SLTP/ MTs.N Kota Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 163–166. https://doi.org/10.29210/120300
Trisnowati, E. (2016). Program Pelatihan Ketrampilan Konseling Bagi Konselor di SMP/ MTs Negeri Se-Kota Pontianak. Sosial Horizon : Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), 193–205.
Wiyono, B. D., Muis, T., & Purwoko, B. (2017). Pelatihan Konseling Post-Modern Bagi Guru Bk Sekolah Menengah Pertama Di Kota Surabaya. Jurnal ABDI, 3(1), 11. https://doi.org/10.26740/ja.v3n1.p11-16
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i6.35456
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Budi Purwoko, Evi Winingsih, Muhamad Afifuddin Ghozali, Ach. Sudrajad Nurismawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE:






