PEMANFAATAN AI CHATBOT DALAM PEMBELAJARAN SMK AL- ASROR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SOCIETY 5.0 DAN INDUSTRY 4.0
Abstract
Abstrak: Perkembangan teknologi digital menuntut siswa vokasi memiliki literasi digital yang memadai agar siap menghadapi era Industry 4.0 dan Society 5.0. Namun, berbagai temuan menunjukkan bahwa kesenjangan kemampuan digital masih terjadi, terutama dalam keterampilan mengakses informasi, merumuskan pertanyaan, dan mengevaluasi jawaban sebagai kompetensi dasar dalam penggunaan AI Chatbot secara kritis. Kegiatan pengabdian ini bertujuan mendampingi siswa vokasi dalam memanfaatkan AI Chatbot sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep Industry 4.0 dan Society 5.0 sekaligus memperkuat literasi digital. Kegiatan ini dilakukan di sebuah sekolah menengah kejuruan di Jawa Tengah dengan pendekatan deskriptif kualitatif, melibatkan 14 siswa kelas X Desain dan Produksi Busana sebagai mitra. Data dikumpulkan melalui kuesioner berbentuk esai dan wawancara, serta kuesioner Likert sebagai pendukung. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep Industry 4.0 dan Society 5.0 sebesar 3,72 dari skala 5 menunjukkan tingkat persepsi positif sebesar 74,4%. Temuan ini menegaskan bahwa AI Chatbot efektif sebagai media pembelajaran vokasi yang interaktif dan relevan bagi generasi digital.
Abstract: The rapid development of digital technology requires vocational students to possess strong digital literacy to meet the demands of Industry 4.0 and Society 5.0. Yet, gaps in competence remain, particularly in accessing information, formulating questions, and evaluating answers skills essential for using AI Chatbots effectively. This community service program aimed to assist vocational students in utilizing AI Chatbots as learning tools to enhance their understanding of Industry 4.0 and Society 5.0 while strengthening digital literacy. The activity was carried out at a vocational high school in Central Java using a descriptive qualitative approach involving 14 students from the Fashion Design and Production program. Data were collected through essay questionnaires, interviews, and a supporting Likert-scale instrument. The results show an increase in students’ understanding of both concepts, reaching 3.72 out of 5 or a positive perception level of 74.4%. These findings indicate that AI Chatbots function as effective and interactive learning media that support the digital literacy development of vocational students.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Apriadi, R. T., & Sihotang, H. (2023). Transformasi Mendalam Pendidikan Melalui Kecerdasan Buatan: Dampak Positif bagi Siswa dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31742–31748.
Fukuda, K. (2020). Science, Technology and Innovation Ecosystem Transformation Toward Society 5.0. International Journal of Production Economics, 220, 1–13. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2019.07.033
Kemp, S. (2025). Digital 2025 July Global Statshot Report.
Lestari, T. P. (2025a). Analyzing the Impact of Artificial Intelligence on Student Learning: A Case Study of SMK Tri Arga 2. Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), 9(1), 221–226.
Mas, K. U. Al, Ramadhani, N., Mardiah, S., Zahara, D. A., Aulia, S. E., & Umar, A. T. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi AI dan Literasi Digital Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Perkantoran di SMKN 1 Medan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 7907–7913.
Medina, J. B., & Kokošková, V. (2023a). Integrating chatbots in education : Insights from the Chatbot Human Interaction Satisfaction Model (CHISM). International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20(1), 1–20. https://doi.org/10.1186/s41239-023-00432-3
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (38th ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Nurfazri, M., Irwansyah, F. S., Lukman, F., & Eisa, M. (2024). Digital Literacy in Education : An Analysis of Critical Thinking Culture for Preventing the Hoaxes. Jurnal Perspektif, 8(1), 1–22.
Peng, D., & Yu, Z. (2022). A Literature Review of Digital Literacy over Two Decades. Education Research International, 2022(2533413), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.1155/2022/2533413
Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(Special Edition: LALONGET IV), 214–226. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11752
Schwab, K. (2021). The Fourth Industrial Revolution. Information Technology and Libraries, 40(1), 1–4.
Sihaloho, F. A. S., & Napitupulu, Z. (2024a). Penggunaan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia: Tinjauan Literatur. Rekognisi: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 9(1), 13–20.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Supriyono, A., & Prihandono, T. (2024). Dampak dan Tantangan Pemanfaatan ChatGPT dalam Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka : Tinjauan Literatur Sistematis The Impact and Challenges of Utilizing ChatGPT in Learning within the Kurikulum : A Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 134–146. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i2.5214
Tinmaz, H., Lee, Y. T., Ivanovici, M. F., & Baber, H. (2022). A Systematic Review on Digital Literacy. Smart Learning Environments, 9(21), 1–18. https://doi.org/10.1186/s40561-022-00204-y
Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 176–194. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i6.35488
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rafif Hammam, Fitria Ekarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE:






