PENINGKATAN KOMPETENSI KARYAWAN MELALUI PELATIHAN AUDIT MUTU INTERNAL MENUJU KAMPUS BERKUALITAS

Lucia Ari Diyani, Sri Yuli Ayu Putri, Siti Dewi Winata, Lintang Putri Estiarto

Abstract


Abstrak: Tema pengabdian kepada masyarakat ini yaitu Peningkatan Kompetensi Karyawan melalui Pelatihan Audit Mutu Internal Menuju Kampus Berkualitas. Kegiatan ini sebagai pemenuhan hasil angket keberlanjutan pada saat kegiatan pelatihan 3 (tiga) bulan sebelumnya. Hasil angket keberlajutan menunjukkan bahwa 100% peserta menginginkan segera dilakukan pelatihan lanjutan. Metode yang digunakan yaitu pelatihan aktif, dan sudah terbukti meningkatkan pemahaman peserta. 4 (empat) luaran kegiatan ini yang pertama adalah memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai konsep, prinsip, dan aturan pelaksanaan Audit Mutu Internal. Luaran kedua, memberikan pemahaman mengenai proses audit, mendokumentasikan temuan, dan melakukan tindak lanjut hasil audit. Luaran ketiga adalah menguatkan budaya mutu melalui partisipasi aktif karyawan baru dalam. Luaran keempat adalah mempersiapkan karyawan baru dalam menghadapi audit internal dan proses akreditasi secara efektif. Jumlah peserta pelatihan yaitu 51 karyawan yaitu 31 dosen dan 20 tenaga kependidikan. Pelatihan diselenggarakan 3 (tiga) hari yang dilaksanakan secara daring pada hari pertama, selanjutnya hari kedua dan ketiga diselenggarakan secara luring. Metode evaluasi yang dipilih yaitu pre test dan post test, dilanjutkan evaluasi kepuasan peserta kemudian evaluasi minat peserta terhadap keberlanjutan kegiatan. Hasil evaluasi pre test dan post test menunjukkan pemahaman peserta mengalami peningkatan, dari rata-rata 54 menjadi 80. Selanjutnya, dilakukan evaluasi kepuasan dan mencapai nilai 86%. Terakhir adalah evauasi keberlanjutan yang hasilnya seluruh peserta menginginkan kegiatan pelatihan rutin dilakukan dengan topik berbeda namun tetap terkait Sistem Penjaminan Mutu Internal.

Abstract: The theme of this community service is Improving Employee Competence through Internal Quality Audit Training Towards a Quality Campus. This activity is to fulfill the results of the sustainability questionnaire during the training activities 3 (three) months previously. The results of the sustainability questionnaire showed that 100% of participants wanted to immediately carry out further training. The method used is active training, and has been proven to improve participant understanding. The 4 (four) outputs of this activity are the first to provide a comprehensive understanding of the concepts, principles, and rules for implementing Internal Quality Audits. The second output is to provide an understanding of the audit process, documenting findings, and following up on audit results. The third output is to strengthen the quality culture through the active participation of new employees in. The fourth output is to prepare new employees to face internal audits and accreditation processes effectively. The number of training participants was 51 employees, namely 31 lecturers and 20 education staff. The training was held for 3 (three) days, conducted online on the first day, then the second and third days were held offline. The evaluation method chosen was a pre test and post test, followed by an evaluation of participant satisfaction and then an evaluation of participant interest in the continuation of the activity. The pre- and post-test evaluation results showed an increase in participant understanding, from an average of 54 to 80. Next, a satisfaction evaluation was conducted, achieving a score of 86%. Finally, a sustainability evaluation revealed that all participants desired regular training activities with different topics but still related to the Internal Quality Assurance System.


Keywords


Internal Quality Audit; SPMI; Quality Assurance; Quality Culture; and Auditors.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abdurrahmansyah, A., & Rismawati, I. (2022). Peningkatan kualitas Perguruan Tinggi melalui Sistem Penjamin Mutu dengan Pendekatan Total Quality Managemen. Jurnal Perspektif, 6(2), 154. https://doi.org/10.15575/jp.v6i2.177

Aisyah, S., et al. (2023). Analisis Efektivitas Penerapan Audit Mutu Internal Menggunakan ISO 9001:2015 Pada PT. Anugerah Indo Maritim Sejahtera. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 139–148.

Arifianto, A. N., & Abdullah, D. (2022). Penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 1(2), 98–105. https://doi.org/10.57251/multiverse.v1i2.602

Atmaja, G. A. (2022). Implementasi Program Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SMK Negeri 1 Pandak Implementation of the Internal Quality Assurance System (SPMI) Program in SMK Negeri 1 Pandak. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 11(2), 15–26.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi no 27. (2024). PerBAN-PT No.27 Tahun 2024. 1–4.

Dimmera, B. G., Purnasari, P. D., Sadewo, Y. D., & Jayanti, W. E. (2023). Mewujudkan Sistem Penjaminan Mutu Internal Berkelanjutan Melalui Pendampingan Audit Mutu Internal. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 302–311. https://doi.org/10.29408/ab.v4i2.24155

Diyani, L. A., Winata, S. D., & Ayu, S. Y. P. (2025). Peningkatan budaya mutu melalui workshop sistem pengendalian mutu internal. Jurnal Masyarakat Mandiri, 9(4), 3612–3622

Fadhli, M. (2020). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dan Ekstenal Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 53–65. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.1148

Fauzi, M. A., Alim, N., & Harsoyo, A. (2024). Implementation of the Internal Quality Assurance System (SPMI) as An Effort to Improve the Quality of Higher Education in Indonesia. Jurnal Pendidikan; Teori Dan Praktik, 4(1), 175–183. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jp.v9n2.p175-183

H.Tobing, D. S., Andriyana, A., Permady, G. C., Alief, R. G., & Asgawanti, E. D. (2024). Pelatihan Auditor AMI pada Poltekpel Sorong. Jurnal Pekamas, 4(1), 42–48. https://doi.org/10.46961/jpk.v4i1.1348

Hakim, L., Aliyah, J., & Maulidyawati, D. (2024). Penguatan Kompetensi Calon Auditor Audit Mutu Internal Dalam Pengendalian Sistem Penjaminan Mutu Internal Melalui Kegiatan Pelatihan Untuk Pelatih. Jurnal Abdimawa (Pengabdian Sosial Humaniora), 1(2), 46–53.

Handoyono, N. A., Prihatni, Y., Hadi, S., Amalia, A. F., & Kusumawadani, R. (2024). Pelatihan dan Penyegaran Auditor Audit Mutu Internal (AMI) di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 15(2), 292-299.

Hanum, NR & Ningrum, S. (2024). Posisi Strategis Internal Audit untuk Peningkatan Kinerja Perguruan Tinggi. Jurnal Akuntansi Publik Nusantara ( JURALINUS ), 2(2), 17–25.

Muhsin, M., Sudadi, S., Mahmud, M. E., & Muadin, A. (2023). Supervisi akademik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan pengembangan budaya mutu. Journal of Education Research, 4(4), 2393-2398.

Najwa, L., Iqbal, M., & Aryani, M. (2023). Manajemen Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di Perguruan Tinggi. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 11(1), 72–77. https://doi.org/10.33394/vis.v11i1.7391

Novi Nur, M. B. (2025). Evaluasi dan Audit Mutu Pendidikan dalam Perspektif Manajemen Mutu Terpadu. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2). 354–358.

Nugroho, T. S. P. (2025). Pelatihan Audit Mutu Internal Bagi Dosen Di Lingkungan Perguruan Tinggi Demi Tercapainya Kualitas Mutu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 6(1), 23–29.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Romadlon, D. A., Bagus, A., & Kurniawan, H. (2022). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah Dasar Procedia of Social Sciences and Humanities. Procedia of Social Sciences and Humanities, 3(c), 678–685.

Simbolon, M. H., Sinaga, S., Tarigan, W., Banjarnahor, S. M., & Siahaan, B. N. (2025). Pelatihan Calon Auditor Mutu Internal. ULINA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 18-24.

Sridana, N., Wilian, S., & Setiadi, D. (2018). Sistem Penjaminan Mutu Internal Di Satuan Pendidikan Menengah (SMA). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i1.212

Suharyanti, Y., Purwanugraha, H. A., Handoko, L., Wahju, A., Emanuel, R., Bharata, B. S., Vitasurya, V. R., Asdra, L., Budiharta, P., Pramudyanto, A. B., & Wiranata, F. E. (2025). Pelatihan Dasar SPMI dan AMI untuk Meningkatkan Pemahaman Penggerak SPMI Perguruan Tinggi. Tranformasi Dan Inovasi, 5(2), 90–98.

Ula, H., Yunus, M., & Bakar, A. (2021). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Pertama. Website: Journal, 7(2), 2503–3506.

Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Wuli, R. N. (2025). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Audit Mutu Internal untuk Mendukung Akreditasi STIPER Flores Bajawa. ABDI NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 147-151.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i6.35646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Lucia Ari Diyani, Sri Yuli Ayu Putri, Siti Dewi Winata, Lintang Putri Estiarto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: