PENTINGNYA SOFT SKILL BAGI GENERASI Z DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA
Abstract
Abstrak: Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini untuk meningkatkan pemahaman Generasi Z mengenai peran penting soft skill dalam menunjang kesiapan dan keberhasilan mereka di dunia kerja yang semakin kompetitif dan dinamis. Kegiatan ini dirancang untuk mengatasi tantangan yang dihadapi Generasi Z, khususnya lulusan SMK, dalam menavigasi lanskap ketenagakerjaan yang semakin kompetitif. Entitas yang menjadi objek pengabdian ini adalah SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi, khususnya 136 siswa/siswi kelas dua belas yang baru saja menyelesaikan pendidikan formal mereka. Tantangan utama yang diidentifikasi pada mereka adalah kurangnya keterampilan komunikasi, kemampuan kerja tim, manajemen waktu, etos kerja, dan kecerdasan emosional, yang semuanya merupakan komponen penting dari soft skill. Menanggapi masalah tersebut, tim PKM Universitas Bina Insani mengadakan sesi pelatihan bertajuk “Pentingnya Soft Skill bagi Generasi Z dalam Menghadapi Dunia Kerja” pada 22 Mei 2025. Pelatihan ini dilaksanakan melalui tiga sesi komprehensif yang mencakup topik-topik seperti karakteristik generasi Generasi Z, pentingnya soft skill, strategi komunikasi yang efektif, dinamika kerja tim, kecerdasan emosional, teknik manajemen waktu, etos kerja, kemampuan beradaptasi, kualitas kepemimpinan, kreativitas, dan keterampilan berpikir kritis. Metodologi instruksional yang digunakan adalah kuliah interaktif, diskusi kelompok, dan integrasi media pembelajaran interaktif (Google Form, Mentimeter, Quiz), selain itu kegiatan icebreaking dilakukan untuk mempertahankan keterlibatan peserta. Hasil kegiatan ini mengungkapkan bahwa peningkatan yang signifikan terjadi pada pemahaman peserta tentang relevansi soft skill di ranah profesional, dikuatkan oleh tingkat kepuasan 83% dalam kategori “sangat puas”. Namun demikian, tantangan tetap ada seperti pengelolaan kelompok besar peserta secara efektif, yang berdampak pada efisiensi waktu dan kejelasan materi instruksional. Singkatnya, kegiatan pengabdian ini berhasil memberikan manfaat substantif bagi siswa Generasi Z dalam persiapan mereka sebagai tenaga kerja baru dan diharapkan kegiatan ini berkembang menjadi program yang berkelanjutan di masa depan.
Abstract: The purpose of this Community Service (PKM) is to increase Generation Z's understanding of the important role of soft skills in supporting their readiness and success in an increasingly competitive and dynamic world of work. This activity is designed to address the challenges faced by Generation Z, especially vocational high school graduates, in navigating the increasingly competitive employment landscape. The entity that is the object of this service is Telesandi Telecommunication Vocational High School Bekasi, specifically 136 twelfth grade students who have just completed their formal education. The main challenges identified in them are a lack of communication skills, teamwork abilities, time management, work ethic, and emotional intelligence, all of which are important components of soft skills. In response to this problem, the Bina Insani University PKM team held a training session entitled "The Importance of Soft Skills for Generation Z in Facing the World of Work" on May 22, 2025. This training was carried out through three comprehensive sessions covering topics such as the characteristics of the Generation Z generation, the importance of soft skills, effective communication strategies, teamwork dynamics, emotional intelligence, time management techniques, work ethic, adaptability, leadership qualities, creativity, and critical thinking skills. The instructional methodology used was interactive lectures, group discussions, and the integration of interactive learning media (Google Form, Mentimeter, Quiz), in addition to icebreaking activities conducted to maintain participant engagement. The results of this activity revealed a significant increase in participants' understanding of the relevance of soft skills in the professional realm, reinforced by a satisfaction level of 83% in the "very satisfied" category. However, challenges remain such as managing large groups of participants effectively, which impacts time efficiency and the clarity of instructional materials. In short, this community service activity succeeded in providing substantive benefits for Generation Z students in their preparation as new workers and it is hoped that this activity will develop into a sustainable program in the future.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Achmadi. T.A., et al. (2020). Analisis 10 Tingkat Soft Skills Yang Dibutuhkan Mahasiswa di Abad 21. Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 8(2), 145–151.
Aimang et al. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Soft Skill Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 58–62.
Azahra, A. S., Sepha, D. P., Septiani, N., Hidayah, S., Ufairah, W. T. N., & Mangundjaya, W. L. (2025). Strategi penguatan soft skill dan mindset proaktif Gen Z dalam menghadapi dunia kerja. Musytari: Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 22(3), 71–80.
Diyani, L. A., Winata, S. D., & Ayu, S. Y. P. (2025). Peningkatan budaya mutu melalui workshop sistem pengendalian internal. Jurnal Masyarakat Mandiri, 9(4), 1–8.
Hidayat, R., Indrawan, E., & Prasetya, F. (2025). Kesiapan Soft Skill Siswa Bidang Teknologi Dan Kejuruan di SMK Negeri 1 Padang Untuk Memasuki Dunia Kerja Program Studi Pendidikan Teknik Mesin , Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9, 3780–3789.
Iriani, T. (2017). Studi Analisis Terhadap Kemampuan Softskills Mahasiswa Fakultas Teknik UNJ. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 6(1), 38-50.
Khamalia, et al. (2023). Pengaruh Pendidikan Soft Skills Terhadap Jenjang Karir Mahasiswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2386–2394.
Noni et al. (2024). Pengelolaan Pendidikan Karakter Dalam Pengembangan Soft Skill Siswa. Research and Development Journal Of Education, 10(2), 739–750.
Nurhidayati et al. (2024). Pengembangan Soft Skill Peserta Didik Melalui Program Ekstrakurikuler Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 90–97.
Putri, et al. (2025). Pelatihan Aplikasi Komputer Akuntansi Zahir Accounting Versi 6 Untuk Peningkatan Kompentensi Akuntansi di SMKN 2 Kota Bekasi. I-Com: Indonesian Community Journal, 5(1), 198–205.
Ridwan, D., & Dwiyanti, V. (2024). Missmatch Industri dan SMK: Fenomena SMK penyumbang angka pengangguran tinggi. Journal Innovation in Education (INOVED), 2(1), 196–204.
Romi, Darmawan, A. I., Yusuf, A. N., & Munawar, W. (2024). Persepsi Siswa SMK Terhadap Praktek Kerja Lapangan dalam Membentuk Peningkatan Softskil. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 8(12), 240–246.
Santika, A., Simanjuntak, E. R., Amalia, R., & Kurniasari, S. R. (2023). Peran pendidikan sekolah menengah kejuruan dalam memposisikan lulusan siswanya mencari pekerjaan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(1), 84-94.
Setyako, S. D., Rahma, S., Rizal, Y., & Veranita, M. (2024). Pengembangan Soft Skill Dan Hard Skill Di Era Digital: Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Pendidikan, Humaniora, Linguistik dan Sosial (JAGADDHITA), 3(1), 22-25.
Sudirwo et al. (2024). Peningkatan Kompetensi Softskill Peserta Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi di UPTD BLK Barito Kuala. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bakti Banua, 5(1), 22–31.
Suranto dan Rusdianti. (2018). Pengalaman Berorganisasi Dalam Membentuk Soft Skill Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 28(1), 2541–4569.
Telaumbanua, A., & Telaumbanua, A. (2024). Pengaruh Soft Skill Dan Hard Skill Mahasiswa Terhadap Kesiapan Kerja Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Suluh Pendidikan, 12(2), 126-136.
Utami et al. (2025). Pengembangan Kompetensi Dan Soft Skill Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka : Tinjauan Literatur. Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 55–65.
Walenta, A. S., Hendra, A., Nurqaidah, S., Wahyuningsih, D., Pattiasina, P. J., Muh, A., & Saputra, A. (2023). Analisis Soft Skill Dan Hard Skill Siswa Dalam Mendukung Kebutuhan. Journal on Education, 06(01), 3484–3493.
Wijaya, I., Nurdiniah, D., & Meita, I. (2024). Edukasi Perpajakan Bagi Generasi Z Melalui Sistem Pajak Digital. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(3), 2572–2582.
Yohana, A., & Wijiharta, W. (2021). Integrated college student soft skills development strategy: Literature review. Youth & Islamic Economic Journal, 2(01), 13-27.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i6.35648
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dade Nurdiniah, Sri Yuli Ayu Putri, Muhammad, Suci Aulia Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE:






