EDUKASI GIZI ANAK MELALUI PENGENALAN MANFAAT SUSU DI KAPELA STASI WATU ALO: UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN GIZI SEJAK DINI

Aleksius Arwandi Jeramat, Nautus Stivano Dalle, Wigbertus Gaut Utama, Roslin Gultom, Hilarius Yosef Sikone, Elisabeth Yulia Nugraha

Abstract


Abstrak: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anak-anak usia 4-12 tahun sebanyak 45 orang mengenai pentingnya konsumsi susu bagi pertumbuhan dan kesehatan. Kegiatan dilaksanakan di Kapela Stasi Watu Alo dengan mengusung tema “Kenali Kebaikan Susu: Gizi Terpenuhi Prestasi Tercapai.” Metode pelaksanaan meliputi tiga tahap, yaitu survei dan persiapan, pelaksanaan kegiatan edukatif, serta evaluasi hasil kegiatan. Tahap pelaksanaan dilakukan melalui kegiatan edukasi interaktif yang mencakup pemberian materi, permainan edukatif, kegiatan minum susu bersama, serta pengisian pre-test dan post-test sederhana untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan anak-anak secara signifikan; sekitar 90% peserta mampu menjawab benar pertanyaan post-test terkait manfaat susu setelah kegiatan berlangsung. Anak-anak juga menunjukkan antusiasme tinggi dan keterlibatan aktif selama kegiatan. Temuan ini membuktikan bahwa metode edukasi interaktif efektif dalam meningkatkan literasi gizi anak, khususnya di wilayah pedesaan. Kegiatan ini juga menegaskan pentingnya pendekatan berbasis komunitas keagamaan dalam mendukung penyebaran informasi gizi yang lebih luas dan berkelanjutan. Dengan demikian, program ini diharapkan menjadi model kegiatan pengabdian yang dapat dikembangkan di wilayah lain untuk menanamkan kebiasaan minum susu sejak dini.

Abstract: This community service activity aimed to increase the knowledge and awareness of children aged 4-12 years about the importance of milk consumption for growth and health. The activity was carried out at Kapela Stasi Watu Alo under the theme “Knowing the Goodness of Milk: Nutrition Fulfilled, Achievement Achieved.” The implementation consisted of three main stages: location survey and preparation, educational activities, and evaluation. The educational stage included interactive learning through presentations, educational games, a milk-drinking session, and simple pre- and post-tests to measure the participants’ improvement in understanding. The results showed a significant increase in children’s knowledge, with about 90% of participants correctly answering post-test questions about the benefits of milk. Children were highly enthusiastic and actively involved throughout the activity. These findings indicate that interactive educational methods are effective in improving nutrition literacy among children, particularly in rural areas. The program also highlights the effectiveness of faith-based community approaches in disseminating nutrition information more broadly and sustainably. Therefore, this activity can serve as a model for future community engagement programs aimed at fostering healthy milk-drinking habits from an early age.


Keywords


Education; Nutrition; Children; Milk.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Achmadi, P. C., Luju, M. T., Gultom, R., Bollyn, Y. M. F., Rinca, K. F., Nugraha, E. Y., Dalle, N. S., & Utama, W. G. (2023). Sosialisasi Gerakan Minum Susu Bagi Siswa-Siswi Sekolah Dasar Untuk Mendukung Generasi Cerdas Dan Sehat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3647. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16190

Arsyad, M. F. L., Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Ferdiyansyah, A., & Putra, E. C. S. (2024). Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Ceramah Dan Metode Audio-Visual Dalam Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 661–666.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37–50. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Juanda, J., Ramadani, D., & Lestari, R. H. (2025). Peningkatan Kesadaran Gizi melalui Program Sosialisasi Konsumsi Susu pada Anak Usia Dini di Desa Bonto Karaeng, Kecamatan Sinoa, Kabupaten Bantaeng. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 9(1), 212–221. https://doi.org/10.29407/ja.v9i1.23846

Khoiruman, A. M., Hefita, W. P., Firdaus, R. F., Salmina, F. R., Bintang, H., Putra, P., & Rachma, Y. A. (2025). Dari Warna Ke Rasa: Edukasi Gizi Lewat Variasi Makanan Sehat Untuk Siswa Dan Siswi SD. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(4), 1634–1642.

Maulidah, N., Sidik, G. S., & Wismaliya, R. (2025). Mindful Eating dan Literasi Pangan: Kajian Bibliometrik untuk Penguatan Program MBG di Sekolah Dasar Indonesia. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 12(1), 100–111. https://ejournal.upi.edu/index.php/jppd/index

Milasari, A. V. ., & Sudrajat, A. (2022). Makna Simbolik Tradisi Megengan Bagi Warga Desa Ngadirojo Ponorogo. Paradigma, 11(1), 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/download/46807/39279

Nadila, A. (2025). Efektivitas Media Board Game Cerita Anak untuk Mengasah Keterampilan Menyimak Siswa SD Negeri 166325. Pema, 5(3), 146–155. https://doi.org/10.56832/pema.v5i3.1615

Putra, I. P. S. E., Artana, I. . N. R., & Wiradnyani, N. K. (2019). Pkm Perajin Ancak Banjar Sega, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem Bali. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK), 2,issue? 75–83. https://doi.org/10.36002/sptk.v0i0.769

Rahmawati, P., Rosmiati, R., Agustina, N. L., Iktimalannisa, N., Sahara, N. W., Pertiwi, P. C., Purwaningrum, O. S., Andianti, P. W., Zuroidah, P., Anggraini, P. N., & A’yun, Q. (2025). Petualangan Si Anak Sehat dalam Permainan Junk Food and Real Food sebagai Inovasi Edukasi Gizi untuk Anak. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 269–279. https://doi.org/10.53299/bajpm.v5i2.1513

Ramadoan, S., Firman, & Sahrul. (2024). Model Intervensi Terpadu dalam Mengatasi Prevalensi Stunting di Kota Bima. Journal of Governance and Local Politics, 6(22), 229–239.

Rani, Idrus, K., Asriana, R., Sage, N. H., S, M., & Maswati. (2025). the Impact of Good Health and Nutrition on Early Childhood. Indonesian Journal of Health and Psychology (IJOHAP), 1(1), 13–25.

Riptianingsih, F. D., Setyaningrum, S., Safitri, S., & Hidayati, N. A. (2025). Penyuluhan Makanan Sehat Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Program Gemaprohe (Gemar Makan Protein Hewani) Di Sdit Alam Al- Hikmah Magelang Healthy. Jurnal Abdi Insani, 12(6), 2605–2618.

Stefani, M., Khoirunnisa, F., & Wulandari, Z. (2020). Keterkaitan antara Susu sebagai Pelengkap Sarapan terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Nutri-Sains: Jurnal Gizi, Pangan Dan Aplikasinya, 3(2), 73–82. https://doi.org/10.21580/ns.2019.3.2.4167

Widiastuti, T., Pratiwi, U., Fatmaryanti, S. D., & Al Hakim, Y. (2022). Praktikum Pengukuran Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik di SMK Muhammadiyah Kutowinangun. Lontar Physics Today, 1(1), 51–59. https://doi.org/10.26877/lpt.v1i1.10456




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i6.35707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Aleksius Arwandi Jeramat, Nautus Stivano Dalle, Wigbertus Gaut Utama, Roselin Gultom, Hilarius Yosef Sikone, Elisabeth Yulia Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: