PENDAMPINGAN SLIMS UNTUK PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN EFISIENSI DAN DIGITALISASI PENGELOLAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN
Abstract
Abstrak: Transformasi digital merupakan langkah penting untuk meningkatkan efisiensi layanan dan akses informasi di perpustakaan sekolah. Kegiatan layanan masyarakat ini dilaksanakan oleh program studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Universitas Widyatama, bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan SMKN 7 Bandung. Masalah utama yang dihadapi oleh mitra adalah pengelolaan koleksi secara manual dan rendahnya tingkat kompetensi pustakawan dalam menggunakan teknologi informasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendampingi proses digitalisasi melalui penerapan Senayan Library Management System (SLiMS). Metode implementasi meliputi koordinasi awal, instalasi sistem, migrasi data, pelatihan, dan evaluasi melalui kuesioner kepuasan mitra. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem SLiMS telah terinstal dan berfungsi dengan baik, dengan 77 koleksi telah dimasukkan, dan semua pustakawan mampu menggunakan fungsi-fungsi dasar. Evaluasi kepuasan mitra menggunakan skala Likert 1–5 menunjukkan rata-rata skor di atas 4,5 pada seluruh indikator, dengan capaian tertinggi pada aspek peningkatan keterampilan digital (skor 4,9) dan pengurangan pencatatan manual (skor 4,8). Kegiatan ini telah meningkatkan keterampilan digital pustakawan dan menjadi model yang dapat ditiru oleh sekolah lain yang ingin memiliki perpustakaan digital.
Abstract: Digital transformation is an important step in improving service efficiency and access to information in school libraries. This community service activity was carried out by the Library and Information Science study programme at Widyatama University, in collaboration with State Vocational School 7 Bandung. The main problems faced by the partner were manual collection management and low librarian competence in using information technology. The aim of this activity was to assist the digitisation process through the implementation of the Senayan Library Management System (SLiMS). The implementation method included initial coordination, system installation, data migration, training, and evaluation through a partner satisfaction questionnaire. The results showed that the SLiMS system had been installed and was functioning properly, with 77 collections entered, and all librarians able to use the basic functions. The partner satisfaction evaluation using a 1-5 Likert scale showed an average score above 4.5 for all indicators, with the highest achievement in the aspect of digital skills improvement (score of 4.9) and reduction of manual recording (score of 4.8). This activity has improved the digital skills of librarians and has become a model that can be emulated by other schools that want to have a digital library.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Abinowi, E., & Aminudin. (2022). Building a digital library in a manufacturing company. Review of International Geographical Education Online, 11(6), 589-595. https://rigeo.org/menu-script/index.php/rigeo/article/view/870
Abinowi, E., Aminudin, A., Rejeki, D. S., Agustine, M., Saputry, H., & Sugarna, K. N. P. (2024). Digilite content management system digital library lite. International Journal of Engineering Business and Social Science, 3(1), 20–27. https://doi.org/10.58451/ijebss.v3i1.186
Aminudin, Agustine, M., Rejeki, D. S., Abinowi, E., & Wahyuni, H. S. (2024). Rancang bangun perpustakaan berbasis website di SMAN 21 Bandung sebagai upaya untuk mengurangi biaya pengadaan koleksi. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 6(4), 822–828. https://infeb.org/index.php/infeb/article/view/962/473
Aminudin, Rejeki, D. S., W, A. P., Agustine, M., Wahyuni, H. S., & Abinowi, E. (2024). Pendampingan pengembangan perpustakaan digital SMKN 8 Bandung. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(11), 4428–4435. https://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/17968
Anwar, M., Lubis, S. A., & Harahap, N. R. (2024). Implementasi permendikbud no. 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti pada siswa di MTS. Nurhasanah Medan. Hibrul Ulama, 6(1), 41–51. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v6i1.695
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi program gerakan literasi sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15-29. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965
Galih, A. P. (2020). Strategi pengembangan koleksi perpustakaan madrasah ibtidaiyah negeri Jawa Timur. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(2), 201–208. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i2.1951
Hamurdani, Lathifah, Z. K., & Maryani, N. (2024). Implementasi manajemen sistem otomasi perpustakaan berbasis slims dalam optimalisasi pelayanan dan pengelolaan sumber daya di MAN 4 Bogor. Al - Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 2(5), 552–566. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i5.15083
Karaman, J., Widaningrum, I., Setyawan, M. B., & Sugianti, S. (2020). Penerapan model literasi digital berbasis sekolah untuk membangun konten positif pada internet. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 19-29. https://doi.org/10.30651/aks.v5i1.3701
Macchia, K. La. (2021). An academic digital library advancing an equitable and inclusive educational environment. Digital Library Perspectives, 37(1), 18–27. https://doi.org/10.1108/DLP-07-2020-0062
Nengrum, F. T., Ramadhani, F. R., Vrachmadhani, V. V., Herdyastuti, J. T., Krisnawati, E. P., Valentiara, N. K., Firman, M. F. M., & Fitria, R. N. (2025). Implementasi manajemen dan digitalisasi perpustakaan dalam meningkatkan layanan pendidikan di SDN Manukan Wetan 1/114. Tsaqofah: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 5(4), 3080–3098. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v5i4.6090
Ramesh, K. S., & Sharma, D. R. N. (2024). A brief study on library system and service. Journal of Advances in Science and Technology, 20(1), 273–278. https://doi.org/10.29070/p73fwm35
Rejeki, D. S. (2020). Digital literacy mapping for housewife in entrepreneurship. Palarch’s Journal of Archeology of Egypt, 17(10), 1541–1550. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/4867/4795
Rejeki, D. S., Aminudin, A., Wibowo, A. P. W., Agustine, M., Wahyuni, H. S., & Abinowi, E. (2022). Pendampingan pengembangan perpustakaan digital perwakilan BKKBN Jawa Barat. Jurnal Inovasi Masyarakat, 2(1), 35–43. https://doi.org/10.33197/jim.vol2.iss1.2022.866
Silvester, S., Saputro, T. V. D., & Manggu, B. (2024). Pendampingan literasi digital bagi guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(4), 918–929. https://doi.org/10.36312/linov.v9i4.2276
Tasya, R. W., & Sayekti, R. (2024). Strategi guru pustakawan sebagai pengelola perpustakaan dalam meningkatkan kualitas pengembangan perpustakaan SMAN 5 Bagan Sinembah. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(02), 305–319. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i02.4445
Utama, F. P., Vatresia, A., & Sugianto, N. (2023). Penguatan peran perpustakaan bina ilmu dalam upaya meningkatkan literasi melalui sistem informasi manajemen perpustakaan. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, 7(3), 2991. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.15147
Wibowo, A. P. W., Rejeki, D. S., & Agustine, M. (2021). Sistem informasi perpustakaan berbasis Service Technology Utama (STU) untuk dukungan pembelajaran online. Jitter: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 8(1), 170–176. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.741
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i6.35781
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Diah Sri Rejeki, Aminudin, Egi Abinowi, Haria Saputry Wahyuni, Merryam Agustine

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE:






