PELATIHAN MENYUSUN RANCANGAN PEMBELAJARAN DEEP LEARNING BAGI GURU SD
Abstract
Abstrak: Pembelajaran abad ke-21 dan implementasi Kurikulum Merdeka menuntut guru mampu merancang pembelajaran yang bermakna, mendalam, serta berpusat pada peserta didik. Kenyataanya Guru masih mengalami keterbatasan dalam memahami konsep dan penerapan pendekatan Deep Learning dalam penyusunan rancangan pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis Deep Learning melalui pelatihan terstruktur meliputi sosialisasi, pendalaman teori konstruktivisme, praktik penyusunan perangkat ajar, serta integrasi teknologi. Evaluasi dilakukan menggunakan pre-test dan post-test berupa angket untuk mengukur perubahan kemampuan peserta. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan: sebelum pelatihan, 74% peserta menyatakan tidak memahami Deep Learning, sedangkan setelah pelatihan 75% menyatakan setuju dan 25% sangat setuju bahwa kemampuan mereka meningkat. Temuan ini menegaskan bahwa pelatihan efektif dalam memperkuat kompetensi guru, meningkatkan kualitas perencanaan pembelajaran, serta mendukung implementasi Kurikulum Merdeka secara lebih bermakna.
Abstract: 21st century learning and the implementation of the Merdeka Curriculum require teachers to be able to design meaningful, in-depth, and learner-centered learning. In reality, teachers still have limitations in understanding the concept and application of the Deep Learning approach in designing learning plans. This community service activity aims to improve teachers' understanding and skills in developing Deep Learning-based Lesson Plans (RPP) through structured training covering socialization, in-depth study of constructivism theory, teaching tool development practice, and technology integration. Evaluation was conducted using pre-tests and post-tests in the form of questionnaires to measure changes in participants' abilities. The evaluation results showed a significant improvement: before the training, 74% of participants stated that they did not understand Deep Learning, while after the training, 75% agreed and 25% strongly agreed that their abilities had improved. These findings confirm that the training was effective in strengthening teachers' competencies, improving the quality of learning planning, and supporting the implementation of the Merdeka Curriculum in a more meaningful way.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adhi Wijaya, A., Haryati, T., & Wuryandini, E. (2025). Implementasi Pendekatan Deep Learning dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 451–457.
Aisyah, S., Sholeh, M., Lestari, I. B., Yanti, L. D., Nuraini, N., Mayangsari, P., & Mukti, R. A. (2024). Peran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Era Digital. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 44–52. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.382
Ambrosius Tode Peya Nia Do, Benediktus Rahawarin, Siti Zulaikha, & Muh. Takdir. (2025). Potensi Penerapan Deep Learning dalam Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 4(1), 472–485. https://doi.org/10.31004/jerkin.v4i1.1613
Budiono, A. N., Yahya, S. R., Siyono, S., Pratiwi, D. A., & Ginting, R. (2023). Pelatihan Mendesain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi Komite Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 410. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.7672
Dinata, Y., Dalillah, A., Septiani, I., & Mudasir, M. (2025). Tantangan epistemologis dalam implementasi deep learning di pendidikan Indonesia: Refleksi atas kesenjangan konsep, kompetensi, dan realitas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12(2), 534-548.
Effendi, M. R., Nur Aulia, R., Amaliyah, A., & Fathiya Salsabila, N. (2023). Integrasi Pendidikan Islam Berbasis Ilmu Sosial Profetik dalam Penguatan Keberagamaan Mahasiswa. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 4(2), 161–176. https://doi.org/10.52593/mtq.04.2.06
Hayati, R., & Almuslim, U. (2025). Peran Deep Learning Dalam Meningkatkan. Jurnal Pendidik Indonesia, 6(1), 29–39.
Jamiah, J. (2022). Pelatihan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(4), 469–480. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i4.74
Kadarismanto, K., & Sari, K. P. (2025). Konsep Deep Learning Sebagai Pilar Dalam Strategi Pendidikan Berkualitas. PEDAGOGIA: Jurnal Keguruan Dan Kependidikan, 1(2), 11–19. https://journal.metanusantara.com/pedagogia
Kharisma, N., Septiani, D. E., Suryaningsih, F., Mahdum, & Erlisnawati. (2025). Transformasi Pembelajaran Bermakna melalui Deep Learning: Kajian Literatur dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 1895–1905. https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/AlZayn/article/view/1462
Mahardika, Y., & Jaya, C. A. (2025). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Deep Learning sebagai Pembelajaran Berbasis Pemahaman Konseptual di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan , 4(3), 1123–1139.
Nerita, S., Ananda, A., & Mukhaiyar. (2023). Pemikiran Konstruktivisme dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Education and Development, 11(2), 292–297. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4634
Norpin, N., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Peran Teknologi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(1), 444–448. https://doi.org/10.56338/jks.v7i1.4896
Nurhasanah, & Pujiati. (2025). El-Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Penerapan Pendekatan Deep Learning. El-Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 08(01), 72–79.
Rosiyati, D., Erviana, R., Fadilla, ul, Sholihah, U., Pascasarjana Tadris Matematika UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, M., & Pascasarjana Tadris Matematika UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, D. (2025). Pendekatan Deep Learning Dalam Kurikulum Merdeka Journal of Mathematics Education, 4, 131–143.
Sari, H. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar menurut Aliran filsafat Progresivisme. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 6(2), 131. https://doi.org/10.24014/ejpe.v6i2.25328
Triswidrananta, O. D., Pramudhita, A. N., & Wijaya, I. D. (2022). Learning Management System Based on Assessment for Learning to Improve Computational Thinking. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(4), 150–158. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i04.28979
Wulan Dewi, L. M. A., & Astuti, N. P. E. (2022). Hambatan Kurikulum Merdeka Di Kelas Iv Sdn 3 Apuan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 31–39. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i2.128
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v9i6.35907
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dedy Irawan, Agung Nugroho, Sri Muryaningsih, Feisal Aziez, Ilzam Afdila Putra, Dina Qurniawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE:







