PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE SEBAGAI BENTUK SUPPORTING BAGI GURU PADA MAHASISWA CALON GURU

Haris Kurniawan

Abstract


Abstrak: Perkembangan teknologi yang mengarah kepada era revolusi 4.0 membuat arah pendidikan baik proses belajar mengajar maupun lingkungan belajar mesti beradaptasi dengan perubahan ini. Pemanfaatan media pembelajaran online dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, memiliki efek potensial terhadap minat belajar siswa. Agar pemanfaatan media ini dapat berjalan dengan baik, dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang dapat menjadi perantara teknologi pembelajaran dan peserta didik. Oleh karena itu pengabdian ini di lakukan dengan tujuan untuk meberikan pengetahuan tambahan bagi guru ataupun calon guru dalam mengimplementasikan pembelajaran di era revolusi industry 4.0. kegiatan ini dilaksanakan dengan cara membuka pengumuman bagi mahasiswa dan guru alumni universitas. Kegiatan diadakan dalam bentuk pelatihan, peserta diberikan materi dan kemudian praktik. Setelah diberikan pelatihan 89% peserta memberikan respons positif. Bahkan meminta diadakan pelatihan lanjutan.

 

Abstract: The development of technology leading to the era of revolution 4.0 makes the direction of education in the process of teaching and learning the learning environment must change with these changes. The utilization of online learning media can increase student motivation, has a potential effect on student interest in learning. So that the use of this media can run well, Human Resources are needed that can be a means of learning and students. All activities are carried out to facilitate everyone. With the training, this training is expected to be a driving force for teachers to apply learning in the 4.0 revolution era. And can be a support for prospective teachers or teachers in adapting to learning during a pandemic.


Keywords


Online Learning; Support; Prospective Teacher Students

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ariani, D. (2018). Komponen Pengembangan E-Learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(1), 58–64. https://doi.org/10.21009/JPI.011.09

Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284

Arningsih, W. (2019). Pentingnya Guru dalam Menguasai Informasi Teknologi di Zaman Digital Halaman all - Kompasiana.

Batmetan, J. R., Mintjelungan, M. M., Manggopa, H. K., Kilis, B. M. H., & Kembuan, D. R. E. (2019). Usability Evaluation of Adaptive Features in e-Learning. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.27

Efrita, K. A., Bakri, F., & Muliyati, D. (2016). Pengembangan E-learning menggunakan LMS (Learning Management System) untuk mahasiswa pendidikan fisika. Prosiding Snips, July, 469–474.

Givi Efgivia, M. (2019). Pengaruh Media Blanded Dan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pengembangan Media Audio Mahasiswa Semester IV TP UIKA Bogor. Jurnal Educate, 4(2), 2019.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Hidayat, H., Hartono, & Sukiman. (2017). Pengembangan Learning Management System (LMS) untuk Bahasa Pemrograman PHP. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 5(1), 20–29. http://www.ijcoreit.org/index.php/coreit/article/viewFile/11/11

Kurniawan, H., & Susanti, E. (2020). Studi Eksploratif Kreativitas Yang Dilakukan Guru Pada Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).

Kurniawan, H., & Zulkardi. (2017). Pengembangan Web Support Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Jurusan Ipa Pokok Bahasan Trigonometri. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNSRI, 11(1), 79–93. https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3594.79-93

Listiawan, T. (2016). Pengembangan Learning Management System (LMS) Di Program Studi Pendidikan Matematika Stkip Pgri Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 1(01). https://doi.org/10.29100/jipi.v1i01.13

Rahman, S., Munawar, W., & Berman, E. T. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran Produktif Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 137. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3746

Santoso, D. T., & Sari, R. P. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Video Conference Bagi Dosen Dan Mahasiswa Untuk Menunjang Pembelajaran Daring Di Masa Pandemic Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1240–1249. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3110

Suhandiah, S., & Sudarmaningtyas, P. (2020). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan E-learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1).

Sukardi, S., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Online Dilengkapi Dengan Tutorial Terhadap Hasil Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(2), 97. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i2.1066

Yazdi, M. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmua Foristek, 2 (1)(1), 143–152.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Haris Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: