WORKSHOP EDUKASI MICROSOFT OFFICE 365 DALAM UPAYA OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

A. Octamaya Tenri Awaru, Agus Syam, Abdul Rahman, Supriadi Torro, Zulkifli Zulkifli, Emil Ferdiansyah, A. Khusnul Khatimah

Abstract


Abstrak: Pendemi Covid 19 yang mengglobal memaksa terjadinya perubahan dalam proses pembelajaran dari pembelajaran tatap muka berubah menjadi pembelajaran dalam tatap maya atau biasa disebut pembelajaran daring. Untuk mendukung pembelajaran daring agar mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih inklusif dan kolaboratif maka mengaplikasikan Microsoft office 365 merupakan salah satu solusinya. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kemampuan peserta dalam mengelola pembelajaran daring yang menarik dan menyenangkan serta membantu peserta melibatkan semua siswanya, memastikan kesetaraan dan inklusi di sekolah agar semua siswa dapat belajar dalam cara terbaiknya. Kegiatan workshop ini terdiri dari tujuh tahap yaitu: pertama, tahap menganalisis masalah, Kedua, dilakukan tahap observasi untuk menindak lanjuti hasil dari analisis masalah.  Ketiga, tahap penandatangan kerjasama dengan mitra, Tahap keempat Identifikasi Stakesholder, tahap kelima menyiapkan segala kebutuhan yang akan dilakukan dalam penyelenggaraan workshop micrisoft 365, tahap keenam  adalah tahap berjalannya proses workshop Microsoft 365. Tahap ketujuh yaitu review dan evaluasi, Workshop Edukasi microsoft office 365 dalam upaya optimalisasi pembelajaran daring melibatkan 22 orang guru SMA Kabupaten Sinjai. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam menciptakan pembelajaran daring yang berkualitas dengan menggunakan Microsoft office 365. Yang di tunjukkan dengan hasil evaluasi akhir berupa 86,36 persen peserta menyatakan sangat sesuai dengan kebutuhan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring.

 

Abstract: The Covid 19 epidemic that runs on changes in the learning process from face-to-face learning turns into virtual face-to-face learning or so-called brave learning. To support bold learning so as to be able to create a more inclusive and collaborative learning environment, applying Microsoft office 365 is one of the solutions. This workshop aims to improve and enhance the abilities of participants in a courageous and fun student organization and to help participants involve all their students, ensuring equality and inclusion in schools so that all students can learn in their best possible way. The workshop activity consists of seven stages, namely: first, the problem analysis stage. Second, the observation stage is carried out to follow up on the results of the problem analysis. The third stage, the signing of cooperation with partners, the fourth stage of Stakesholder Identification, the fifth stage of the requirements for the needs to be carried out in the implementation of the Microsoft 365 training, the sixth stage is the ongoing stage of the Microsoft 365 training process. The seventh stage is review and evaluation, the Microsoft Office 365 Education Workshop in Brave learning optimization efforts involved 22 high school teachers in Sinjai Regency. The result of this activity is the knowledge and skills of teachers in creating bold and quality learning using Microsoft Office 365. As shown by the results of the final evaluation in the form of 86.36 percent of participants who were admitted to be very in accordance with the needs of teachers in implementing bold learning.


Keywords


Microsoft Office 365; Learning; Online.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Ardian, S., Hasanah, W. K., & Rana, F. I. (2020). Pemanfaatan Microsoft Sway dan Microsoft Form Sebagai Media Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah. BIHARI: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH DAN ILMU SEJARAH, 3(2).

Aribowo, E. K., & Setianingtyas, A. F. (2018). Workshop Pemanfaatan Microsoft® Office 365TM Bagi Pendidik di Kabupaten Klaten untuk Mewujudkan 21st Century Learning: Sebuah Langkah Awal.

Asrori, M., Wibowo, A. M., Erfantinni, I. H., & Wahyuningtyas, D. P. (2020). Pendampingan pemanfaatan teknologi dalam desain pembelajaran daring pada MGMP PAI SMK Kabupaten Blitar di masa pandemi covid-19.

Awaru, A. O. T., Syukur, M., Agustang, A. D. M. P., & Arifin, Z. (2020). Mapping Student Learning Styles Achieving Using Kolb’s Learning Style Inventory in Sinjai Regency. Jurnal Ad’ministrare: Jurnal Pemikirian Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol. 7,(No 2, July-December), 391–400. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/ja.v7i2.17351

Batubara, H. H. (2018). Pembelajaran Berbasis Web dengan Moodle Versi 3.4. Deepublish.

Handayani, S., & Hadi, S. (2020). Workshop E-Learning Menggunakan Office 365 Bagi Guru-Guru dan Siswa-Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(2), 49–58.

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 71–76.

Hudaa, S., Agustina, Y., Novida, I., & Bahtiar, A. (2021). WORKSHOP PENGGUNAAN MEDIA POP-UP UNTUK MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI RELIGIOSITAS KEPADA GURU TPA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 135–142.

Humairah, H., & Awaru, A. O. T. (2017). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS DI MADRASAH ALYIAH BUNTU BARANA KABUPATEN ENREKANG. JURNAL SOSIALISASI, 61–64.

Jan, H. (2017). Teacher of 21st century: Characteristics and development. Research on Humanities and Social Sciences, 7(9), 50–54.

Lubis, R., Herlina, M., & Rukmana, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Menggunakan Media Mind Mapping terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(2), 160–178.

Minan, M. (2017). Pengembangan modul matematika bernuansa Islami dengan pendekatan saintifik pada materi pokok aritmetika sosial peserta didik kelas VII MTs N Brangsong Kendal. UIN Walisongo Semarang.

Pendidikan, M., & Indonesia, K. R. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Pongkendek, J. J., & Marpaung, D. N. (2021). WORKSHOP PEMBUATAN SOAL HOTS DAN PENGGUNAAN SOFTWARE WONDERSHARE QUIZ CREATOR KEPADA GURU SMA YPK MERAUKE. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 216–228.

Purnomo, S. (2017). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBIAYAAN PENDIDIKAN (StudiKasus di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-IttihadTeluk KecamatanPurwokerto Selatan KabupatenBanyumas). IAIN Purwokerto.

Putra, G. W., Musthofa, H. T., & Andriyanto, A. (2020). DESKRIPSI PENGGUNAAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA.

Putri, N. W. S., Suryati, N. K., Kartini, K. S., & Krisna, E. D. (2020). PENINGKATAN SOFTSKILL ICT GURU MELALUI WORKSHOP PENGGUNAAN MICROSOFT OFFICE DAN SOSIAL MEDIA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 507–517.

Ramlah, R., & Awaru, A. O. T. (2018). PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 4 WAJO). JURNAL SOSIALISASI, 120–125.

Shimayoshi, T., Kasahara, Y., & Fujimura, N. (2019). Renovation of the Office 365 environment in Kyushu University: Integration of Account Management and Authentication. Proceedings of the 2019 ACM SIGUCCS Annual Conference, 135–139.

Sulistya, R. (2019). Heutagogi sebagai Pendekatan Workshop bagi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 127–138.

Syukur, M., Awaru, A. O. T., & Arifin, Z. (2019). Pemberdayaan istri nelayan Kelurahan Samataring melalui program daur ulang sampah plastik. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2019(4).




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 A. Octamaya Tenri Awaru, Agus Syam, Abdul Rahman, Supriadi Torro, Zulkifli, Emil Ferdiansyah, A. Khusnul Khatimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: