LITERASI POLA HIDUP EFISIEN UNTUK GENERASI MILENIAL
Abstract
Abstrak: Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan literasi pola hidup efisien kepada generasi milenial melalui talkshow manajemen waktu dan manajemen keuangan, serta menanamkan pola pikir proaktif, adaptif dan kreatif. Pengabdian ini menyasar aspek kognitif, afektif, ditambah aspek behavioral mitra PPM yakni anggota organisasi Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang berjumlah 18 orang. Pengabdian diawali dengan melakukan survey lapangan untuk menentukan persoalan yang hendak dipecahkan. Identifikasi masalah dilakukan bersama dengan mitra agar upaya pemecahan masalah dapat dilakukan tepat sasaran. Pelaksanaan pengabdian dikemas dalam bentuk talkshow daring dengan dua narasumber. Peserta juga diberikan pendampingan untuk melaksanakan kampanye menggunakan materi hasil diskusi. Evaluasi dilakukan dengan mengukur tingkat pemahaman dan sikap yang terbentuk pada peserta sasaran. Hasil pelaksanaan pengabdian menunjukkan bahwa 77,7% peserta sangat memahami materi yang disampaikan dan meyakini bahwa mengatur pola hidup efisien adalah penting untuk mempersiapkan kehidupan di masa mendatang. Sebanyak 39% peserta melakukan ajakan melakukan pola hidup efisien melalui kampanye di media sosial.
Abstract: This service aims to provide efficient lifestyle literacy to the millennial generation through time management and financial management talkshow, as well as instilling a proactive, adaptive, and creative mindset. This service targets the cognitive, affective, and behavioral aspects of PPM partners, namely the 18 members of the Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Yogyakarta Special Region (DIY) organization. The service begins with conducting a field survey to determine the problem to be solved. Problem identification is carried out together with partners so that problem-solving efforts can be carried out on target. The implementation of the service is packaged in the form of an online talkshow with two speakers. Participants were also assisted to carry out the campaign using the material from the discussion. Evaluation is done by measuring the level of understanding and attitudes formed in the target participants. The results of the service implementation showed that 77.7% of participants understood the material presented and believed that managing an efficient lifestyle was important to prepare for life in the future. As many as 39% of participants made an invitation to have an efficient lifestyle through campaigns on social media.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Azizah, N. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 92–101.
Corinna, A. N., & Cahyono, E. F. (2020). Pola Perilaku Konsumsi Generasi Millenial Terhadap Produk Fashion Perspektif Monzer Kahf : Studi Kasus Mahasiswi Universitas Airlangga. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 6(2), 319. https://doi.org/10.20473/vol6iss20192pp319-330
Faramitha, A., Wahyudi, & Desmintari. (2021). Analisis Perilaku Manajemen Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 17(1), 19–29.
Gea, A. A. (2014). Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien. Humaniora, 5(2), 777. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3133
Harrigan, P. (2021). Identifying influencers on social media. International Journal of Information Management, 56. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102246
Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 240–249. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560
Ika Sandra, K., & Djalali, M. (2013). Manajemen Waktu, Efikasi-Diri Dan Prokrastinasi. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 217–222. https://doi.org/10.30996/persona.v2i3.140
JPPN.com. (2017). Gaya Hidup Konsumtif dan Hedonisme Bikin Milenial Lupa Diri. https://www.jpnn.com/news/gaya-hidup-konsumtif-dan-hedonisme-bikin-milenial-lupa-diri?page=2
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid I. Prehallindo.
Kusumasondjaja, S. (2018). The roles of message appeals and orientation on social media brand communication effectiveness: an evidence from Indonesia. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 30(4), 1135–1158. https://doi.org/10.1108/APJML-10-2017-0267
Laily, N. (2013). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Mahasiswa dalam Mengelola Keuangan. Journal of Accounting and Business Education, 1(4).
Mubarokah, S., & Rita, M. R. (2020). Anteseden Perilaku Konsumtif Generasi Milenial: Peran Gender Sebagai Pemoderasi. International Journal of Social Science and Business, 4(2), 211–220. https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i2.24139
Mulyani, M. D. (2013). Hubungan antara Manajemen Waktu dengan Self Regulated Learning pada Mahasiswa. Educational Psychology Journal, 2(1).
Wicaksono, A. (2020). Transaksi e-Commerce Capai Rp180, 74 T per September 2020. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201215150353-78-582406/transaksi-e-commerce-capai-rp18074-t-per-september-2020
Yoosita Aulia. (2020). Pengelolaan Keuangan Bagi Generasi Milenial Di Era New Normal. Unitomo Press, 53(9), 1689–1699.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Voettie Wisataone, Rosidah, Sigit Andrianto, Nadia Sasmita Wijayanti, Permata Dian Pratiwi, Rizka Berliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: