PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA MASA PANDEMI COVID 19

Sri Rahayu, Novie Al Muhairah, Nazipawati Nazipawati

Abstract


Abstrak: Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang digital marketing, khususnya media sosial dan berjualan di marketplace, bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan mereka. Kegiatan ini dihadiri oleh 15 peserta UMKM yang ada di Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah; pertama, penjelasan menggunakan slide power point dan LCD proyektor; kedua, berbagi pengalaman dan diskusi; ketiga, praktik langsung membuat akun media sosial (Facebook dan Instagram) dan bagaimana membuatnya menarik bagi pembeli (gambar, susunan kata, cerita, dan lainnya); dan terakhir praktik langsug membuat akun dan mendaftar berjualan di marketplace yang populer digunakan di Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 4 Juli 2021. Hasil yang dicapai setelah melaksanakan kegiatan ini adalah 80% peserta telah mampu meyelesaikan pelatihan sesuai dengan kriteria yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu mampu membuat media promosi melalui media sosial yaitu Facebook dan Instagram dan telah mampu berjualan di marketplace Shoppe dan Tokopedia. Sementara itu, terdapat 20% peserta yang masih harus dibantu dengan motivasi dalam menyelesaikan kegiatan ini. Semua peserta menunjukkan minat yang besar untuk menggunakan pemasaran digital terutama media sosial secara terus menerus.

 

Abstract:  The purpose of this community service is to increase knowledge and skills about digital marketing, especially social media and selling in the marketplace, for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) to increase their sales and profits. This activity was attended by 15 MSME participants in East Baturaja District, Ogan Komering Ulu Regency. The methods used in this activity are; first, an explanation using a power point slide and an LCD projector; second, sharing experiences and discussions; third, hands-on practice of creating social media accounts (Facebook and Instagram) and how to make them attractive to buyers (images, wording, stories, and others); and finally the practice of directly creating an account and registering to sell on a marketplace that is popularly used in Indonesia. This activity was held on July 4, 2021. The results achieved after carrying out this activity were that 80% of the participants had been able to complete the training in accordance with the criteria expected from this activity, namely being able to create promotional media through social media, namely Facebook and Instagram and have been able to sell in the marketplace. Shoppe and Tokopedia. Meanwhile, there are 20% of participants who still need help with motivation in completing this activity. All participants showed great interest in using digital marketing especially social media continuously.


Keywords


Digital Marketing; SMEs; Social Media; Marketplace

Full Text:

PDF

References


Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31

Amelya, A. (2021). Ampuh, Inilah 10 Cara Membuat Promosi Menarik di Instagram. Https://Www.Folderbisnis.Com/. https://www.folderbisnis.com/cara-membuat-promosi-menarik-di-instagram

Ayuni, Q., Cangara, H., & Arianto, A. (2019). The Influence of Digital Media Use on Sales Level of Culinary Package Product Among Female Entrepreneur. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23(2). https://doi.org/10.33299/jpkop.23.2.2382

Barlian, J. K. (2021). Digital Marketing Jadi Kunci Pengusaha Bertahan di Era Pandemi. Https://Swa.Co.Id/. https://swa.co.id/swa/trends/digital-marketing-jadi-kunci-pengusaha-bertahan-di-era-pandemi

Chaerani, D., Talytha, M. N., Perdana, T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan. Dharmakarya, 9(4), 275. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i4.30941

Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42. https://doi.org/10.24036/sb.0310

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Fika, S., Salsabilla, W., & Batangriyan, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Brand Image Di Pt . Central Global Network. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 10(September), 1–12.

Hutahaean, J., Azhar, Z., & Mulyani, N. (2021). PELATIHAN PENYAJIAN PEMBELAJARAN DENGAN BERBASIS DARING BAGI GURU-GURU DI RA AL-FARIQ Para guru di Sekolah Taman Kanak Kanak RA Al-Fariq , Sei Silau mencapai tujuan pendidikan . Itu sebabnya peranan media pembelajaran suatu kenyataan yang tidak bisa dipun. 5(3), 2–5.

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651–659.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., & Haryanto, Rudi Febrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Rahayu, E. M. (2020). Digital Marketing, Cara Ampuh Hadapi Kebuntuan Saat Pandemi. Https://Swa.Co.Id/. swa.co.id/swa/trends/digital-marketing-cara-ampuh-hadapi-kebuntuan-saat-pandemi

Rizki isnanda, E. (2018). Analisis Penggunaan Media Sosial untuk Mendukung Pemasaran Produk UMKM (Studi Kasus Kabupaten Subang, Jawa Barat). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1–4. http://journal.unpad.ac.id/pkm/article/view/20445

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Supriadi, C. (2020). Upaya Membantu UMKM Beradaptasi dan Berdaya Saing di Era Digital. Https://Marketing.Co.Id/. https://marketing.co.id/upaya-membantu-umkm-beradaptasi-dan-berdaya-saing-di-era-digital




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Rahayu, Novie Al Muhairah, Nazipawati Nazipawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: