EDUKASI TANAMAN PERTANIAN SEJAK USIA DINI DAN PELATIHAN BUDIDAYA TANAMAN HORTIKULTURA SECARA MODERN PADA MASA NEW NORMAL DI TPA SOKOPURO
Abstract
Abstrak: Sektor pertanian merupakan sektor unggulan penggerak ekonomi masyarakat. Namun saat ini pertanian Indonesia mengalami berbagai permasalahan, antara lain generasi muda yang berminat di bidang pertanian semakin sedikit dan kualitas sumber daya manusia yang ada semakin menurun. Tujuan pengabdian ini adalah: 1) untuk menumbuhkan minat dan keperdulian generasi muda terhadap bidang pertanian, 2) meningkatkan pengetahuan anak mengenai pertanian dan manfaatnya bagi kehidupan manusia, 3) menumbuhkan jiwa produktif anak di masa new normal, 4) meningkatkan ketrampilan mitra dalam budidaya tanaman hortikultura secara vertikultur. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan memberikan penyuluhan mengenai pertanian dan manfaatnya, penyuluhan budidaya tanaman secara vertikultur, melakukan pelatihan budidaya tanaman hortikultura secara vertikultur dan dengan media polybag. Pihak mitra adalah Lembaga Pendidikan TPA Sokopuro dengan melibatkan 6 orang pengasuh dan 40 anak. Hasil yang diperoleh: 1) minat dan pengetahuan anak pada bidang pertanian maningkat menjadi 91%, 2) ) munculnya jiwa kreatif dan produktif anak di masa new normal, 3) ketrampilan mitra dalam budidaya tanaman hortikultura dengan teknik vertikultur meningkat menjadi 83%, 4) Pihak mitra memiliki kebun pembelajaran yang edukatif.
Abstract: The agriculture sector is leading sector of the community economy. However, currently Indonesia’s agriculture is experiencing various problems, including the younger generation who are less interested in agriculture and the quality of existing human resources is decreasing. This activity aims to: 1) to foster interest and concern for younger generation in the agriculture, 2) increase children’s knowledge about agriculture and its benefits for human life, 3) grow children’s productive spirit in the new normal, 4) improve skill of partner in horticultural crop cultivation in verticulture. This method used counseling about agriculture and benefits, counseling on verticulture cultivation, training on horticultural crop cultivation in verticulture and with polybag media. The partner of the activity is the TPA Sokopuro with involving 6 teacher and 40 children. The activity shows that: 1) children’s interest and knowledge in agriculture increased to 91 %. 2) the growth of creative and productive children in the new normal period, 3) skills of partner in cultivating horticulture crops with verticulture techniques increased to 83%, 4) The partners have an educational learning garden.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BPS. (2020). Jumlah Petani Hanya Tersisa 33,4 Juta Orang. https://www.bing.com/search?q=jumlah+petani+di+indonesia&form=ANNTH1&refig=619f4f913c7647449caa593c11ddb52b
Budi Kusumo, R. A., Sukayat, Y., Heryanto, M. A., & Nur Wiyono, S. (2020). Budidaya Sayuran Dengan Teknik Vertikultur Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Di Perkotaan. Dharmakarya, 9(2), 89–92. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i2.23470
Diwanti, D. P. (2018). Pemanfaatan Pertanian Rumah Tangga (Pekarangan Rumah) Dengan Teknik Budidaya Tanaman Sayuran Secara Vertikultur. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 101. https://doi.org/10.31604/jpm.v1i3.101-107
Dyah, W., & Parwati, U. (n.d.). Di Lingkungan Sd Maguwoharjo-Sleman-DIY. 141–149.
Dzikrulloh, C. (2020). Membangun Kesadaran Masyarakat. 1, 3.
Elleby, C., Pérez Domínguez, I., Adenauer, M., & Genovese, G. (2020). Impacts of the COVID-19 Pandemic on the Global Agricultural Markets. 76, 1067–1079. https://doi.org/10.1007/s10640-020-00473-6
Gong, B., Zhang, S., Yuan, L., & Chen, K. Z. (2020). A balance act: minimizing economic loss while controlling novel coronavirus pneumonia. https://doi.org/10.1080/23812346.2020.1741940
Harahap, A. S., & Lubis, N. (2020). Prodikmas Pemanfaatan Pekarangan Rumah Dengan Metode Vertikultur Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Di Desa Wonorejo Kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun. 5(10), 36–40.
Harris, J., Depenbusch, L., Arshad, &, Pal, A., Ramakrishnan, &, Nair, M., & Ramasamy, S. (n.d.). Food system disruption: initial livelihood and dietary effects of COVID-19 on vegetable producers in India. https://doi.org/10.1007/s12571-020-01064-5
Hidayati, N., Rosawanti, P., Arfianto, F., & Hanafi, N. (2018). Pemanfaatan Lahan Sempit Untuk Budidaya Sayuran Dengan Sistem Vertikultur (Utilization of narrow-land area to cultivate vegetables by verticulture system). PengabdianMu, 3, 40–46.
Ismiasih, I. (2019). Pengaruh Penyuluhan Pertanian terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Anak Usia Sekolah di Kabupaten Sleman DIY. 660–671.
Kiki, R. K., Habib, R. P. N., Farah, H. S., & Samsul, B. (2020). Pendampingan Gerakan Hidup Bersih Dan Sehat Di Era New Normal. Jurnal Masyarakat Mandiri) |, 4(6), 1262–1272. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm
Kusmiati, A., & Solikhah, U. (2015). Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Pemanfaatan Pekarangan Rumah Dengan Menggunakan Teknik Vertikultur. Ajie, 4(2), 94–101. https://doi.org/10.20885/ajie.vol4.iss2.art4
Lasmini, S. A., Monde, A., Tarsono, Idham, & Nasir, B. (2020). Bimbingan teknik budidaya sayuran organik untuk menghasilkan sayuran sehat dan bebas residu bahan kimia. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(4), 623–632.
Lukman, L. (2012). Teknologi Budidaya Tanaman Sayuran Secara Vertikultur. Balai Penelitian Tanaman Sayuran, 66(517), 37–39.
Mulasari, S. A. (2019). Penerapan Teknologi Tepat Guna (Penanam Hidroponik Menggunakan Media Tanam) Bagi Masyarakat Sosrowijayan Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 425. https://doi.org/10.12928/jp.v2i3.418
Ningsih, G. M., & Rasyid, H. (2016). Ibm budidaya tanaman sayuran secara vertikultur. 334–339.
Novida, I., Dahlan, D., & Hudaa, S. (2020). Pelatihan pencegahan wabah pandemi covid-19 dan pembuatan penyitasi tangan yang ekonomis. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 4(2), 193–200.
Rahmawati, T. (2021). Peningkatan Pengetahuan Dan Manajemen Stress Di. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(1), 8–11.
Ratnasari, T., Sujana, Y., Kom, S., Kom, M., Rahma, A., & Pudyaningtyas, S. (2016). Pengaruh Penerapan Kegiatan Berkebun Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak. Kumara Cendekia, 6(2), 66–74.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ismiasih Ismiasih, Resna Trimerani, Arief Ika Uktoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: