PEMBERDAYAAN USAHA UBI JALAR UNGU SEBAGAI UPAYA PENGUATAN DAN PENINGKATAN USAHA

Variyetmi Wira, Gustati Gustati, Revi Fatimah

Abstract


Abstrak: Industri Mikro dan Kecil (IMK) merupakan jenis usaha yang dapat dilakukan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Bidang usaha yang paling banyak diminati masyarakat adalah usaha makanan, salah satunya usaha Yuliwardi’s Snack yang memiliki spesifikasi bahan baku berasal dari ubi jalar ungu. Tujuan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) pada usaha ini adalah (1) memberikan penguatan manajemen usaha, (2) memberikan pelatihan dan pendampingan aplikasi sederhana pencatatan penjualan berbasis database dan menyusun sistem pencatatan keuangan sederhana berdasarkan SAK Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (EMKM), (3) meningkatkan pengetahuan mitra dalam pengelolaan keuangan dan pemasaran. (4) memberikan perbaikan pada peralatan produksi. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan dua cara yaitu pelatihan dan pendampingan. Mitra kegiatan PKM berjumlah empat orang terdiri dari satu orang pemilik dan tiga orang tenaga kerja. Pelaksanaan kegiatan ditanggapi sangat baik bagi mitra karena dapat membantu peningkatan proses produksi, memiliki sistem pencatatan dan keuangan yang sudah tersistem dan memiliki kemasan produk yang telah berlabel. Umpan balik dilakukan menggunakan kuesioner kepada mitra. Seluruh mitra (100%) menyatakan bahwa kegiatan ini sangat membantu dalam peningkatan produktivitas usaha, mampu mempermudah pelaksanaan operasional usaha, sangat sesuai dengan kebutuhan mitra saat ini dan mampu mendorong peningkatan usaha di masa yang akan datang.

 

Abstract: Small and Micro Enterprises (SME) are type of enterprises that can be carried out by the community to improve their welfare. The most in-demand enterprise of consumers is the food enterprise, one of which is Yuliwardi's Snack where its raw materials are particularly derived from purple sweet potatoes. The aims of the Community Partnership Program (CPP) activities are (1) to reinforce the business management, (2) to provide training and support on simple sales recording applications based on database, and compile a simple financial record-keeping system based on Financial Accounting Standards for Micro, Small and Medium Enterprises (FAS MSMEs), (3) to enhance partner’s knowledge in financial management and marketing, and (4) to supply the maintenance on the production equipment. The method for the activities aforementioned was conducted in two ways, specifically, training and supporting. There are four people in total chosen as the partners in performing CPP activities consisting of one owner and three employees. The implementation of the activity was responded positively by partners as it can stimulate the increase on the production process, and to have a systematized recording and financial system, and to have labelized product packaging. Moreover, the feedback was done using questionnaires to partners. All partners (100%) stated that this activity is beneficial in escalating the enterprise productivity. Along with that, it also facilitates the implementation of enterprise operations that are in accordance with the needs of current partners, and is able to encourage enterprise improvement in the coming future.

 


Keywords


Database; FAS MSMEs; Financial Recording System; Purple Sweet Potatoes

Full Text:

PDF

References


Adino, I. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Pelaku Umkm Terhadap Sak Emkm : Survey Pada Umkm Yang Terdaftar Di Dinas Koperasi Dan Ukm Kota Pekanbaru. Jurnal Akuntansi Kompetif, 2(3), 84–94. https://doi.org/10.35446/akuntansikompetif.v2i3.388

Agustina, Y., Winarno, A., Habibi, M. M., Basuki, A., Alief, D., & Permata, I. (2021). Aplikasi Sistem Keuangan Elektronik: Solusi Mudah Pengelolaan Bank Sampah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal KARINOV, 4(1), 39–44. http://sipsn.menlhk.go.id/.

Andarsari, P. R., & Dura, J. (2018). Implementasi pencatatan keuangan pada usaha kecil dan menengah ( studi pada sentra industri kripik tempe sanan di kota malang ). Jurnal JIBEKA, 12, 59–64. https://media.neliti.com/media/publications/262609-implementasi-pencatatan-keuangan-pada-us-334acce7.PDF

Andriani, L., Atmadja, A. T., & Sinarwati, N. K. (2014). Analisis Penerapan Pencatatan Keuangan Berbasis SAK ETAP Pada Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ). E-Journal S1 Ak. Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 56–65. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/2254

Arini, dkk. (2020). Pentingnya Merek Dan Kemasan Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Dari Usaha Mikro Dan Kecil. JURNAL ABDIMAS PeKA, 3(2).

BPS, S. B. (2019). Profil Industri Mikro dan Kecil Provinsi Sumatera Barat 2019.

Budiyanto, N. E., Kurniasari, L., & Nurjayanti, E. D. (2019). Penguatan Usaha Keripik Pisang Melalui Perbaikan Peralatan Produksi. Abdimas Unwahas, 4(2), 138–141. https://doi.org/10.31942/abd.v4i2.3040

Dewi Sartika Nasution. (2018). Peningkatan Kapasitas Manajemen Usaha Bagi Pelaku Usaha Sektor Industri UKM Roti Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Usaha Menuju Industri Mandiri. TRANSFORMASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(1), 27–34.

Dongoran, F. R., Nisa, K., Sihombing, M., & Purba, L. D. (2016). Analisis Jumlah Pengangguran dan Ketenagakerjaan terhadap Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Medan. Jurnal EduTech, 2(2), 59–72.

Fadillah, D. (2015). Model Komunikasi WOM Sebagai Strategi Pemasaran Efektif. Humanika, 15(September), 66–74.

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 0(0), 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64

Permata, R. R., Safiranita, T., & Utama, B. (2019). Pentingnya Merek Bagi Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Jawa Barat. Dialogia Iuridica: Jurnal Hukum Bisnis Dan Investasi, 10(2), 33–38. https://doi.org/10.28932/di.v10i2.1133

Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi pada Pengguna JNE Express di Surabaya Selatan ) ( The Effect of Brand Awareness and Brand Image on Purchasing Decisions ( Study of JNE Express Users in South Surabaya )). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, VII(1), 25–29.

Rahayu, P. (2012). Food Science and Culinary Education Journal. 1(1).

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76–86. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575

Yohanna, L., Rorin Insana, D. M., & Sondari, E. (2016). Upaya Peningkatan Usaha Masyarakat Melalui Pengurusan Perizinan Usaha Dan Merek. Jurnal Surya: Seri Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 73–77. www.pustakadunia.com




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Variyetmi Wira, Gustati Gustati, Revi Fatimah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: