PENDAMPINGAN PEMANFAATAN MARKETPLACE DALAM MENINGKATKAN EKONOMI PEDESAAN
Abstract
Abstrak: pada situasi pandemic covid-19 saat ini tingkat ekonomi masyarakat mengalami angka penurunan, pemerintah melalui berbagai kebijakan sudah berupaya sebaik mungkin namun jika ini tidak dibarengi dengan keikutsertaan masyarakat dalam menumbuhkan perekonomian yang kreatif maka akan terasa sis-sia. Maka dari itu melalui pengabdian ini bertujuan untuk membantu masyarakat utuk ikut serta membangun ekonomi kreatif. Pengabdian ini menggandeng para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di desa Kumpul Mulyo Kabupaten OKU Timur memberikan pelatihan penggunaan marketplace sebagai sarana memperluas pemasaran produk. Tahapan penelitian diawali dengan adanya pelaksanaan pre-test dan workshop, kemudian pendampingan UMKM, tahapan evaluasi diadakan post-test sebagai tolak ukur ketercapaian program pendampingan. Hasil post-test menunjukan adanya peningkatan pengetahuan serta ketrampilan sebesar 43% peserta yang masuk dalam kategori sangat baik dan baik yang semula hanya 14% saja.
Abstract: In the current Covid-19 pandemic situation, the economic level of the community is experiencing a decline, the government through various policies has made its best efforts, but if this is not accompanied by community participation in growing a creative economy, it will feel futile. Therefore, through this service, it aims to help the community to participate in building the creative economy. This service collaborates with micro, small and medium enterprise in the village of Kumpul Mulyo, East OKU district to provide training on the use of the marketplace as a means of expanding product marketing. The research stage begins with a workshop, then mentoring , In the evaluation stage, a post-test was carried out as a benchmark for the achievement of mentoring program. The post-test result showed an increase in knowledge and skills by 43% of participants who were included in the extremely good and good categories, which was originally only 14%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akuntansi, J., & Keuangan, D. A. N. (2020). 2020, 143-160. 4(1), 143–160.
Arianto, B. (2021). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Dunia. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 2(2), 212–224. https://doi.org/10.36423/jumper.v2i2.665
Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace dalam Meningkatkan Konsentrasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya, 1–10.
Desiani, A., Putri, A. I., Yuniar, E., Calista, A., Makhalli, S., & Amran, A. (2021). Pemanfaatan marketplace shopee sebagai meningkatkan pemasaran kain songket strategi untuk Info Artikel Abstrak Kain tenun songket Sumatera Selatan ( Sumsel ) merupakan salah satu aset budaya dari Provinsi Sumatera Selatan yang terkenal sejak zaman Kerajaa. 4(36), 209–219. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9222
Faridah, F., & Wulandari, Z. W. (2020). Pendampingan Pemasaran Industri Lokal Melalui Penggunaan Marketplace untuk Meningkatkan Hasil Produksi di Masa Pandemi Covid-19 Desa Sidomukti Lamongan. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 509–523. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i2.316
Fitriyana, F., Nuryani, A., Rosyati, T., & Gusvia, Y. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Pada Umkm Dalam Masa Covid-19. Dedikasi Pkm, 2(2), 206. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i2.9765
Kompas, L. (2021). Ekonomi Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19:Potret dan Strategi Pemulihan 2020-2021. Kompas.Id.
Mistriani, N., Tutik, T., Yuliamir, H., & ... (2021). Pelatihan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi Informasi Bagi Karang Taruna, Umkm Masyarakat Lokal Dalam Strategi Pemasaran “ …. JMM (Jurnal Masyarakat …, 5(2), 505–516. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4084
Nurhayati, S., Masri, A., & Falah, N. (2020). Implementasi Workshop Literasi Digital Dalam. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(3), 348–359. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/2457
Pratomo, A., Najwaini, E., Irawan, A., & Risa, M. (2019). Optimasi E-Commerce Dengan Penerapan Teknik Seo (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Ukm Nida Sasirangan. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 1(1), 35. https://doi.org/10.31961/impact.v1i1.615
Ratih Kumala, A. J. (2020). Strategi Bisnis Dan Pemanfaatan Kebijakan Pajak Di Masa Pandemi COVID-19 Dan Era New Normal (Studi Kasus Pelaku UKM Marketplace). Prosiding Seminar Stiam, 7(02), 98–103.
Salim, E., Hendri, H., & Robianto, R. (2020). Kinerja Dalam Menghadapi Era Digital Pada. 4(1), 1–3.
Udayana, I. P. A. E. D., Wiguna, G., & Mahawab, I. M. A. (2019). Pelatihan Pemasaran Melalui Media Online Pengrajin Waterfall Fountain Miniature Di Desa Getasan 1. Jurnal Ilmiah Populer Widyabhakti, 1(2), 52–58.
Wijayanti, N. W. E., Putri, N. W. S., Suryana, I. G. P. E., Suryati, K., Kartini, K. S., Wardika, I. W. G., & Krisna, E. D. (2021). Pelatihan Bisnis Online Menggunakan Aplikasi Shopee. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1)(1), 206–215.
Yenny Sugiarti, Yenny Sari, M. A. H. (2020). Peranan E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Sambal Di Jawa Timur. Kumawula, 3(2), 298–309. http://jurnal.unpad.ac.id/kumawula/index
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5312
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 M Iqbal Mustofa, Lisa Dwi Nurul Lita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: