PENGUATAN KAPASITAS PENGELOLA BUMDES MOZAIK DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA “GETEK ONLINE” MELALUI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING GOOGLE MY BUSINESS
Abstract
Abstrak: Getek Online atau disingkat Geol menjadi salah satu unit usaha pariwisata yang dikelola oleh BUMDes Mozaik. Dengan ciri khas dan karakteristik jenis wisata yang ditawarkan, pengembangan pariwisata ini sangat potensial untuk ditingkatkan. Akan tetapi kapasitas pengelola BUMDes Mozaik belum mampu mengoptimalkan platform digital marketing yang tersedia secara gratis. Untuk menjangkau secara luas akses pemasaran, maka pada program ini dilakukan penguatan kapasitas pengelola BUMDes Mozaik dalam memanfaatkan dan mengoptimalkan platform Google My Business. Metode yang digunakan pada pelaksanaan kegiatan ini adalah metode Partisipatory Rural Appraisal (PRA). Tahapan yang dilakukan meliputi: aktivitas pengenalan platform digital marketing Google My Business dan cara membuat akun, optimalisasi penggunaan akun, dan evaluasi melalui penyebaran angket. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan PKM berhasil karena dengan mengetahui manfaat dari platform digital ini, peserta yang terlibat manfaatkannya tidak hanya untuk marketing bagi BUMDes, tetapi juga bagi pengembangan usaha pribadi yang dikelola.
Abstract: Getek Online, known by the abbreviation Geol, is one of the tourism business units managed by BUMDes Mozaik. With the characteristics of the types of tourism offered, this tourism development can be improved. However, the capacity of the Mozaik BUMDes manager has not been able to optimize several digital marketing platforms that are available for free. This program strengthens Mozaik BUMDes managers' capacity to utilize and optimize the Google My Business platform to expand access to marketing. The method used in the implementation of this activity is the Participatory Rural Appraisal (PRA) method. The steps taken include introducing the Google My Business digital marketing platform and how to create an account, optimizing the use of an account, and evaluating through questionnaire distribution. The evaluation results show that PKM activities are successful because by knowing the benefits of this digital platform, the participants involved use it not only for marketing for BUMDes but also for the development of managed personal businesses.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adimihardja, K., & H.H. (2003). Partisipatory Research Appraisal: Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. Humaniora.
Agunggunanto, E. Y., Arianti, F., Kushartono, E. W., & Darwanto, D. (2016). Pengembangan Desa Mandiri Melalui Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ). JDEB, 13(1), 67–81.
Anggraeni, M. R. R. S. (2016). Peranan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pada Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan Studi Pada Bumdes Di Gunung Kidul, Yogyakarta. Modus, 28(2), 155–167. https://doi.org/10.24002/modus.v28i2.848
Aponno, E. H., & Hutubessy, S. (2020). Peningkatan Kapasitas Pengelola BUMDes di Kecamatab Kairatu dan Kairatu Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat JAMAK (Manajemen Dan Akuntansi), 3(2), 246–258.
Bima Setya Nugraha, Mayandini, H., Putra, F. A., Madani, H., & S., N. M. (2017). Kampung Wisata Langenastran. Kepariwisataan, 11, 13–24.
Fahmi, T., Hidayati, D. A., Yulianto, Y., Meilinda, S. D., & Inayah, A. (2019). Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama pada Kawasan Wisata Bahari dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 296–302.
Gautama, B. P., Yuliawati, A. K., Nurhayati, N. S., Fitriyani, E., & Pratiwi, I. I. (2020). Pengembangan Desa Wisata Melalui Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 355–369. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.414
Jabid, A. W., & Amiro, S. (2020). Peningkatan Kapasitas Pengelolaan BUMDes dalam Memanfaatkan Potensi Desa Buli Kecamatan Maba Kabupaten Halmahera Timur. BARiFOLa JPM, 1(2), 1–11.
Junaedi, I. W. R., Feoh, G., & Rai, U. I. G. B. (2021). Peningkatan Pengetahuan Teknologi Tepat Guna Pada BUMDES Catu Graha Mandiri Dengan Tools Canva di Desa Gumbrih , Kecamatan. Jurnal Paradharma, 5(1), 38–44.
Khairani, L. (2021). Java Deli ( Jadel ) Women ’ S Contestation In The Structure Of The Patriarchy Society. 2, 916–920.
Khairani, Ramlan, Hayati, & Pulungan. (2019). Penguatan kelembagaan bumdes Karya Tanjung di desa Tanjung Pasir Kabupaten Langkat. Seminar Nasional AvoER XI, 23–24.
Lumintang, J., & Waani, F. J. (2019). Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Desa Koka Dan Desa Kembes 2 Kecamatan Tombulu. The Studies of Social Sciences, 2(1), 15. https://doi.org/10.35801/tsss.2020.2.1.26895
Markum, M., Ichsan, A. C., Syaputra, M., & Mudhofir, M. R. T. (2021). Peningkatan kapasitas pengurus bumdes grand rinjani dalam pengelolaan ekowisata di desa aik berik kabupaten lombok tengah. ALAMTANA, 2(1), 15–24.
Rochdiyanto, S. (2000). Langkah-langkah Pelaksanaan Metode PRA. Makalah ToTPKPI.
Saefuloh, D., Sutaji, D. S., Novianti, S., Widiyanti, R., Putri Utomo, S. R. S., & Chendraningrum, D. (2020). Bimbingan Teknis Kewirausahaan dan Pembuatan Rencana Usaha Jasa Wisata Curug Panganten Kabupaten Bandung Barat. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 4(2), 107. https://doi.org/10.36339/je.v4i2.325
Sulistyo, B., Rosihan, A., Alfani, H., & Utama, A. S. (2019). Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Sipatuhu dalam Menopang Kawasan Wisata Danau Ranau di Kabupaten Ogan Komeringulu Selatan. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 3(2), 118–126.
DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5762
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Leylia Khairani, Puji Santoso, Salim Aktar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:
________________________________________________________________
JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: