WORKSHOP ARDUINO UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN STEM UNTUK GURU IPA SMP

Novi Prihatiningrum, Muhammad Hablul Barri, Brahmantya Aji Pramudita, Azam Zamhuri Fuadi, Istiqomah Istiqomah, Faisal Budiman

Abstract


Abstrak: Dengan pesatnya kemajuan di bidang teknologi, dunia pendidikan turut berkembang dengan menerapkan teknologi informasi untuk memberikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan adalah STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) yang mendorong siswa berpikir kreatif dalam memecahkan setiap masalah. Untuk dapat menerapkan model pembelajaran STEM, para guru dituntut untuk dapat memahami konsep STEM dan mengaplikasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Guru-guru IPA SMP di Kabupaten Bandung Barat mengalami kesulitan mempelajari teknologi robotika, IoT (Internet of Things), dan sistem tertanam. Kegiatan workshop dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman para guru terhadap konsep STEM dan mengaplikasikan teknologi dalam pembelajaran. Kegiatan workshop diselenggarakan selama satu hari penuh bagi 20 guru IPA dengan metode presentasi, demo dan pelatihan untuk menggunakan perangkat robotika dan IoT menggunakan Arduino. Workshop meliputi pengenalan konsep mikrokontroler, sensor dan aktuator, serta pemrograman Arduino. Setelah mengikuti kegiatan workshop, 80 % peserta memahami penggunaan perangkat Arduino untuk mendukung pembelajaran STEM.

Abstract: With the rapid advances in technology, the world of education is evolving by implementing information technology to serve more creative and innovative learning. One of the learning models implemented is STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) which encourages students to think creatively in problem solving. To be able to apply STEM learning model, teachers are required to understand the concept of STEM and implement technology to the learning process. The middle school science teacher in Kabupaten Bandung Barat experience difficulties in learning technology such as robotics, IoT (Internet of Things), and embedded system. The workshop aims to increase the teachers’ understanding of STEM concept and to apply technology to the learning process.The workshop is held for one full day for 20 science teachers which includes presentation, demo and training to use the robotic device and IoT using Arduino. The workshop includes introduction of microcontroller, sensors and actuators, and Arduino programming. After workshop, 80 % of participants understand the use of Arduino for learning STEM.


Keywords


Workshop; STEM; Arduino.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Budihartono, E., Maulana, A., Rakhman, A., & Basit, A. (2022). Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Teknologi IoT Melalui Workshop Teknologi IoT. Jurnal Masyarakat Mandiri 6(3), 1595–1602.

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22

Diana, N., & Turmudi, T. (2021). Kesiapan Guru dalam Mengembangkan Modul Berbasis STEM untuk Mendukung Pembelajaran di Abad 21. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(02), 1–8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i02.11720

Imansyah, M. D., (2022). Workshop Pengenalan Dan Pemanfaatan Data Sains Pada Bidang Pendidikan. Jurnal Masyarakat Mandiri 6(3), 2243–2254.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-52. Retrieved from https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm/article/view/54Amin, Noviani, Nia. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di IndonesiaProsiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas pgri palembang 03 mei 2019. 18–25.

Raisah, P. (2018). Upaya Peningkatan Pembelajaran Stem Terhadap Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Prosiding Seminar Nasional MIPA IV, 255–259.

Ramiawati, & Yunus, S. R. (2021). Desain Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendekatan STEM. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ipa II, 15–22. https://ojs.unm.ac.id/semnaspendipa/article/view/26186/13226

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059

Sulaiman. (2020). Peningkatan Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Belajar Melalui Workshop di Sekolah Menengah Pertama. Seunobok Lada Vol. 7(1), 80–92Available online athttps://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/2254 ..

Nurdyansyah (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 1–22.

Surani, D. (2019). Studi Literatur : Peran Teknolog Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1). 456-469

Winarni, J., Zubaidah, S., & H, S. K. (2016). STEM: apa, mengapa, dan bagaimana. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM 1, 976–984.

Yolanda, Y. & Arini W. (2018). Pelatihan Robotik Line Follower Dan Teknologi Arduino Bagi Guru Mipa Dan Pelajar SMA/SMK Di Wilayah Kabupaten Musi Rawas In Jurnal Cemerlang : Pengabdian pada Masyarakat,1(1) 1–11.




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.9783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Novi Prihatiningrum, Muhammad Hablul Barri, Brahmantya Aji Pramudita, Azam Zamhuri Fuadi, Istiqomah Istiqomah, Faisal Budiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: