Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Ditinjau dari Kecerdasan Emosional
Abstract
Abstrak: Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi mahasiswa pendidikan matematika semester empat Universitas Nahdlatul Ulama Lampung. Pengambilan subjek menggunakan snowball sampling. Subjek penelitian meliputi 12 sebjek. Penelitian dilakukan dengan cara observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dari 12 subjek yang diteliti dapat disimpulkan bahwa: (1) subjek yang memiliki kategori kecerdasan emosional tinggi menunjukkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi yang baik; (2) subjek yang memiliki kategori kecerdasan emosional sedang menunjukkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi yang cukup; (3) subjek yang memiliki kategori kecerdasan emosional rendah menunjukkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi yang rendah.
Abstract: The Qualitative Research method aim to describe the level of students mathematics education high order mathematical thinking skill of Universitas Nahdlatul Ulama Lampung. The data used snowball sampling. The participans of this study were 12 students. The research used observation , test and interview. Based on the data analysis result from 12 subjects, the reseacher concluded that: (1) subjects who have high emotional quotient show that their high order mathematical thinking skill is good, (2) subjects who have medium emotional quotient show that their high order mathematical thinking skill is enough; (3) subjects who have low emotional quotient show their high order mathematical thinking skill is low.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M.E, Elias, H.,Mahyuddin, R. and Uli, J. (2004). Emotional Intelligence and Academic Achievement among Malaysian Secondary Student. Pakistan Journal of Psychological Research, 19(4), 105–121
Arends, R.I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ibrahim. (2011). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi dan Kecerdasan Emosional Siswa Madrasah Aliyah di Kota Yogyakarta. Laporan Penelitian Pengembangan Ilmu
Martin, M.O. & Mullis. (2011). Relationships Among Reading, Mathematics,and Science Achievement at the Fourth Grade–Implications for Early Learning. Boston: TIMSS and PIRLS International Study Center.
Mutmainah, Siti. (2015). Eksperimentasi Model Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) Ditinjau Dari Kategori Kecerdasan Emosional Peserta Didik Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015. Tesis UNS. Surakarta: Tidak diterbitkan.
Nwadinigwe, I.P. and Obieke, A.U. (2012). The Impact of Emotional Intelligence on Academic Achievement of Senior Secondary School Students in Lagos, Nigeria. Journal of Emerging Trends in Educational Research and Policy Studies (JETERAPS), 3(4), 395–401
DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.385
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
_______________________________________________
JTAM already indexing:
_______________________________________________
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) |
_______________________________________________
_______________________________________________
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: