LKS Himpunan: Sebuah Pengembangan Matematika Integrasi

Riana Riana, Malik Ibrahim

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Integrasi dengan nilai-nilai agama islam, menghasilkan bahan ajar terbaru pada bidang matematika untuk lebih mudah mencapai fungsi pendidikan nasional, dan memudahkan peserta didik memahami definisi, operasi, dan sifat-sifat himpunan menggunakan pendekatan nilai-nilai agama islam. Pengambangan LKS integrasi ini menggunakan model pengembangan 4-D menurut Thiagarajan, Semmel & Semmel yang dimodifikasi yaitu (define, design, develop, and disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Islam Al-Ikhlasyiah Jonggat Lombok Tengah. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar berupa pilihan ganda dan angket kevalidan LKS. Hasil validasi ahli diperoleh kriteria sangat valid dengan nilai total 209, dan hasill uji kelayakan kriteria layak digunakan. Sedangkan uji kepraktisan LKS diperoleh dengan nilai total 277. Selanjutnya dilakukan uji coba lapangan yang diberikan pada siswa SMP Islam Al-Ikhlasyiah sebanyak 20 orang. Berdasarkan analisis uji coba lapangan, penelitian ini menunjukkan bahwa LKS matematika integrasi memberikan hasil positif terhadap kemampuan afektif siswa dan memahami materi himpunan.

 

Abstract: The purpose of this research is to develop student worksheets (LKS) Mathematics integration with Islamic religious values, produce the latest teaching materials in the field of mathematics to more easily achieve the function of national education, and facilitate participants Students understand the definition, operation, and attributes of the association using the approach of Islamic religious values. The integration of LKS uses a 4-D development model according to Thiagarajan, Semmel & the Modified Semmel (define, design, develop, and disseminate). The subject of this research is the student of SMP Islam Al-Ikhlasyiah Jonggat Central Lombok. The research instruments use the test results in the form of double choice and the eligibility lks. The expert validation results are obtained very valid criteria with a total value of 209, and the eligibility test criteria are worth using. While LKS practicality test is obtained with a total value of 277. Furthermore, the field trials were given to the students of SMP Islam Al-Ikhlasyiah as much as 20 people. Based on the field trials analysis, the study showed that LKS mathematics integration gave positive results towards students ' affective ability and understood the set.

Keywords


Matematika Integrasi; Lembar Kerja Siswa; Teori Himpunan; Mathematical Integration; Student Worksheets; Set Theory.

Full Text:

PDF

References


Ernawati, A., Ibrahim, M. M., & Afiif, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences Pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas Xii IPA SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Biotek, 5(2), 1-18.

Fannie, R. ., & Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linier. Jurnal Sainmatika, 8(1), 96-109.

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel Development of Mathematics Teaching Material for Junior High School Students Based on Ausubel Learning Theory. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182–192.

Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik. MaPan, 6(1), 40–55. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5

Hasbullah. (2014). Media Pembelajaran Matematika. Jakarta: Savitra College.

Hidayat, A. (2017). Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan. Journal Cendekia, 1(2), 51–63.

Isnanto, D. (2016). Pengembangan Lks Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Developing Students Worksheets Based on the Contextual Approch for. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 32 Tahun Ke-5 2016, 5(32), 15–24.

Kemdikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (Sma/Ma/Smk/Mak) Mata. In Silabus.

Permendikbud RI No. 20. (2016). Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. In Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016.

Sirajuddin, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Kombinasi Pendekatan Matematika Realistik Dan Scientific Pada Siswa Kelas VII SMP. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1), 60.

https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.316

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; Alfabeta. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Surmilasari, N. (2012). Pengembangan Lks Matematika Berbasis Perkalian Dua Matriks Di Kelas XII SMA. Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryadi, D. (2011). Pembelajaran Matematika. In Universitas Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0045739

Syawahid, M. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Dengan Pengembangan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Pada Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Syawahid, M., & Retnawati, H. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Dengan Pengembangan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 12. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2654




DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

_______________________________________________

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: