Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga

Cindy Aditya Cahyani, Sutriyono Sutriyono

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga dalam mengerjakan soal pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar, serta untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menganalisis kesalahan siswa dari instrumen yang diberikan. Sampel yang diambil adalah siswa kelas VII B SMP Kristen 2 Salatiga dengan jumlah subjek yaitu 4 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis kesalahan yang dilakukan, yaitu kesalahan konsep, kesalahan operasi, dan kesalahan ceroboh. Faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu kurang teliti dan belum menguasai materi.

Abstract: This study aims to find out the types of mistakes made by seventh graders of SMP Kristen 2 Salatiga in working on the matter of addition and algebraic algebraism and to know the factors causing students to make mistakes. The research method is descriptive qualitative by analyzing student error from the given instrument. Samples taken are students of class VII B Christian SMP 2 Salatiga with the number of subjects that is 4 students. The results of this study indicate that there are 3 types of mistakes made, namely concept errors, operating errors, and careless errors. Factors causing students to make mistakes are less thorough and have not mastered the material.

Keywords


Kesalahan Operasi Aljabar

Full Text:

PDF

References


. Depdikbud. (1999). Evaluasi Belajar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen

. Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jakarta: Depdiknas

. Helly Apriyanti. (2014). “Implementasi pendekatan pembelajaran saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika”. Bandung: UPI

. Natalia. (2016). “Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal-soal pada Materi Operasi Bentuk Aljabar Kelas VIII B SMP Pangudi Luhur 1 Klaten Tahun Ajaran 2015/2016”. Yogyakarta: FKIP, USD

. Rahmat Hidayat. (2013). “Hakikat matematika dikenal sebagai ilmu deduktif, ilmu terstruktur dan juga matematika sebagai ratu dan pelayan ilmu.”

. Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Bandung: Dirjen Dikti Depdiknas.

. Supatmono. (2009). Matematika Asyik: Asyik Mengajarnya, Asyik Belajarnya. Jakarta : Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

JTAM already indexing:

                     


_______________________________________________

 

Creative Commons License

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

_______________________________________________

_______________________________________________ 

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: