Pengembangan LKS Pemecahan Masalah Matematika Bilingual Berdasarkan Strategi Metakognitif untuk SMP Kelas VII

Hasbullah Hasbullah, Yogi Wiratomo, Eva Yuni Rahmawati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa Matematika berdasarkan strategi metakognitif. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Dick &  Carey.  Proses  penelitian  ini  dilakukan  dalam  urutan  aktivitas sebagai berikut: 1. Melakukan analisis kebutuhan, 2) menentukan tujuan instruksional umum, 3) menentukan peta kompetensi, 4) meninjau   karakteristik   dan   latar   belakang   peserta   didik,   5) menentukan tujuan instruksional yang spesifik , Penilaian, 7) menentukan strategi pembelajaran, 8) menentukan materi pembelajaran, 9) melakukan evaluasi formatif, dan terakhir 10) melaksanakan evaluasi sumatif dan difusi inovasi pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar dalam bentuk Lembar Kerja Siswa

 

Abstract: This research aims to develop Mathematics Student Worksheet based on Metacognitive Strategy. This research method is research development by using model of Dick & Carey. The process of this research is conducted in order of relevance as follows: 1. analysis results, 2) understanding of general instructional goals, 3) understanding of the map, 4) understanding of the characteristics and background of learners, 5) determination of specific instructional goals, assessment, 7) determination learning strategies, 8) determining learning materials, 9) conducting formative evaluations, and finally 10) implementing summative evaluations and. This study produces teaching materials in the form of Student Worksheet.


Keywords


Lembar Kerja Siswa, Matematika, Strategi Pembelajaran, Metakognitif, Pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Iskandarwassid dan Dadang S. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kellough, R. D. (1994). Sebuah Panduan Sumber Pengajaran: K-12. New York: Macmilan Publising Company.

Majid, A. (2012). Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

NCTM. (2015). “Prinsip dan Standar untuk Sekolah Matematika” http://www.nctm.org/uploadedFiles/Math_Standards/12752_exec_pssm.pdf, diakses Tanggal 10 Desember 2015

Pannen. (1997). Pendekatan Program Terapan, Mengajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Tekan.

Sprinthal, N. A. l. (1992). Pendidikan Psikologi: Pendekatan Pembangunan. Tokyo: Craw Hall.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_______________________________________________

JTAM already indexing:

                     


_______________________________________________

 

Creative Commons License

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

______________________________________________

_______________________________________________

_______________________________________________ 

JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Editorial Office: